Icon Adalah Simbol dari Suatu Fungsi, Sudah Tahukah Kamu?

Icon adalah istilah dalam dunia teknologi dan desain yang sudah tidak asing terdengar di telinga. Istilah ini kerap digunakan untuk menyebut gambar-gambar sederhana yang ada di komputer ataupun smartphone.

Benar adanya bahwa awal diciptakannya icon adalah untuk mempermudah pengguna dalam menggunakan dan mengoperasikan komputer. Namun, fungsi daripada icon sebenarnya lebih dari itu.

Pada artikel kali ini, mari bahas lebih lanjut pengertian, fungsi, dan ciri icon yang baik dinilai dari sisi desain.

Apa Itu Icon?

Icon adalah tampilan suatu objek atau gambar yang merepresentasikan fungsi dari objek itu sendiri. Dalam hal ini, icon dibuat untuk mempermudah pengguna dalam mengakses objek tertentu. Hal ini disebabkan karena adanya bantuan visual yang membantu pengguna familiar terhadap objek icon tersebut.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi kelima, icon berasal dari kata serapan bahasa inggris, yakni icon. Dimana diartikan bahwa icon adalah gambar atau simbol kecil pada layar komputer yang melambangkan sesuatu (program, peranti, dan sebagainya) yang diaktifkan dengan cara diklik.

Adapun antara icon objek satu dengan objek lainnya sangatlah berbeda. Hal ini karena tujuan dari icon adalah sebagai tanda atau lambang yang memang harus berbeda dengan yang lainnya.

Ketika membuka komputer pun Anda akan menemukan dengan mudah icon yang berbeda-beda, baik di taskbar maupun di desktop. Bahkan, pada proses booting awal yang langsung menampilkan icon Windows.

Selain berupa gambar, icon pada komputer juga dapat berbentuk tulisan, huruf, atau angka. Yang semuanya memiliki filosofinya masing-masing. Begitu pun dengan tujuan dan fungsi yang disesuaikan dengan kegunaan masing-masing.

Baca juga: OOP Adalah Pemrograman Berbasis Objek, Ini Pengertiannya!

Fungsi dan Manfaat Icon

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, icon dibuat untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan komputer. Lebih dari itu, icon mempunyai fungsi-fungsi lain, yang detailnya dijelaskan sebagai berikut.

1. Sebagai Lambang dan Identitas

Kini, hampir setiap objek diwakilkan oleh lambang tertentu yang mengandung makna sesuai dengan kegunaannya masing-masing. Adanya sebuah icon membuat benda atau objek memiliki identitas yang membuatnya tidak sama dengan objek lain.

2. Representasi Ciri Fisik

Jika Anda perhatikan, icon sebenarnya mewakili ciri fisik dari objek atau aplikasi yang bersangkutan. Misalnya, aplikasi Alarms & Clock memiliki icon dengan gambar jam. Begitu pun aplikasi Word 2016 dan Excel 2016 yang memiliki icon berupa selembar kertas dengan tanda huruf W dan X besar di dalamnya.

3. Representasi Fungsi

Fungsi lain dari icon adalah sebagai representasi dari fungsi aplikasi itu sendiri. Misalnya, pada icon software Windows Defender. Dapat terlihat langsung bahwa icon tersebut menggambarkan fungsi dari program tersebut, yakni sebagai pelindung komputer dari serangan virus maupun malware.

Pada hakikatnya, identitas icon tersebut menggambarkan fungsi, manfaat, struktur, dan hal lain dari objek yang bersangkutan. Entah dengan kandungan makna tersirat maupun tersurat.

4. Memudahkan Pengguna

Semakin sering pengguna melihat icon tersebut, semakin mudah dikenali dan familiar pula objek tersebut. Hal ini tentu menguntungkan bagi pihak tertentu dalam bidang marketing, yang mana sukses memperkenalkan objek tersebut kepada pengguna.

Misalnya saja pada aplikasi yang memiliki nama rumit, yang menyulitkan pengguna mengingatnya. Di sinilah, fungsi dari icon membantu pengguna dalam mengingatnya.

Ini dikarenakan sebagian besar manusia lebih mudah mengingat gambar daripada nama yang cukup rumit. Dengan begitu, pengguna cukup mencari icon yang diingat untuk mengakses aplikasi tersebut.

5. Mempercepat Pengguna

Keberadaan icon memungkinkan Anda untuk menemukan suatu objek dengan cepat. Contohnya pada icon yang ada pada desktop komputer, dimana Anda cukup mengklik ganda icon yang ingin dicari. Jadi, pengguna tidak perlu mencari aplikasi yang ingin dibuka melalui kolom pencarian.

Baca juga: Mengenal Firewall, Dinding yang Mampu Mengamankan Perangkat Anda

Ciri Icon yang Baik

Icon yang baik adalah icon yang dapat dilihat dengan jelas dan mudah dikenali oleh pengguna. Dari sisi desain pun icon yang baik memiliki beberapa ciri, seperti:

1. Terdiri dari Bentuk Besar yang Diberi Detail

Layaknya unsur desain grafis lain, icon juga terdiri dari bentuk-bentuk sederhana, seperti segitiga, persergi, dan elips. Agar menjadi suatu icon yang baik, bentuk sederhana ini bisa dilengkapi dengan detail-detail lain.

2. Detail Tidak Berlebihan

Konon, icon yang baik adalah icon yang sederhana. Sebab, icon yang sederhana relatif lebih nyaman untuk dipandang. Jadi, meski perlu diberi detail, berilah detail secukupnya.

3. Konsisten

Terkadang, icon dibuat dalam satu paket. Misalnya, paket media sosial yang berisi logo Twitter, Instagram, TikTok, dan lain-lain.

Dalam hal ini, konsistensi perlu dijaga agar icon tetap selaras. Konsistensi ukuran dan kesatuan nilai estetik, seperti tebal garis dan gaya icon, juga perlu diperhatikan.

Baca juga: Apa Itu Data Breach? Dan Bagaimana Cara Menghindarinya?

4. Mudah Dikenali

Icon yang baik juga ditandai dengan desain yang mudah dikenali dan dibedakan dengan yang lain. Sebagai contoh, apabila Anda membuat icon berdasarkan gambar anjing corgi, maka jangan sampai bentuk icon Anda terlihat seperti gambar anjing husky.

5. Seimbang

Keseimbangan merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam sebuah desain, terutama desain icon. Dalam hal ini, seimbang juga tidak selalu terpaku pada angka jarak. Pada intinya, sesuaikanlah desain Anda dengan komposisi yang ada sehingga hasil yang diberikan nyaman untuk dilihat.

6. Berkepribadian

Icon adalah buah karya dengan gaya tertentu. Gaya inilah yang membuat desain icon memiliki ‘kepribadian’. Hal ini tentunya sesuai dengan pesan apa yang ingin disampaikan.

Tak hanya desain, warna juga bisa mempertegas kepribadian yang ditunjukkan lewat icon. Icon dengan warna hitam-putih tentu akan memberi kesan berbeda dengan icon berwarna pastel.

7. Selaras dengan Merek

Kepribadian sebuah icon juga harus diiringi dengan tone of voice dari merek Anda. Jangan sampai, desain lainnya sudah konsisten, sementara icon Anda malah tidak. Ini tentu bisa mengurangi brand experience audiens Anda.

Baca juga: 5 Aplikasi Email Terbaik untuk Pengiriman Files dengan Mudah dan Cepat di Android dan iOS!

Penutup

Berdasarkan uraian di atas, bisa disimpulkan bahwa icon adalah bentuk visualisasi sebuah objek yang bisa menampilkan gambaran sederhana, yang tidak akan menghilangkan esensi dari objek tersebut beserta fungsi-fungsinya.

Selain untuk memudahkan pengguna, icon juga memiliki beberapa fungsi lain seperti sebagai identitas atau lambang, representasi ciri fisik, dan representasi fungsi.

Adapun beragamnya icon yang ada, menjadikan Anda perlu membuat icon yang baik dan mudah dikenali. Apabila Anda merasa tidak yakin untuk mendesain sendiri, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan icon yang telah banyak tersedia.

Biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan icon juga perlu dimasukkan ke dalam laporan keuangan Anda. Untuk kemudahan pencatatan dan pelaporan, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis seperti Accurate Online.

Accurate Online menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis yang memudahkan pebisnis dalam mengelola anggaran keuangan dan mencapai kesuksesannya. Berbagai fitur dan keunggulan di dalamnya juga bisa diakses kapan pun dan dimana pun.

Jika Anda tertarik mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari, silahkan klik banner di bawah ini.accurate1

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

rifqi

Penulis blog Accurate Online lulusan ilmu teknologi informasi yang menyukai dunia gadget, network, jaringan, big data, dan seluruh hal yang berkaitan tentang teknologi.