Mengenal Manfaat dan Fitur dari Instagram Creator Studio

Berkembang pesatnya dunia content creating, membuat Facebook akhirnya memperluas fitur Creator Studio-nya agar bisa digunakan di Instagram. Instagram Creator Studio memungkinkan creator untuk mengelola semua post dalam satu akun, memantau insight, hingga memonetisasi konten tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Lalu, apakah hanya keunggulan tersebut yang ditawarkan oleh Instagram Creator Studio? Tentu tidak. Artikel kali ini akan membahas fitur-fitur apa saja yang tersemat di dalam tools ini, manfaat apa yang bisa didapatkan, dan bagaimana cara mengubah akun Instagram ke Instagram Creator.

Apa Itu Instagram Creator Studio?

Pada dasarnya, Creator Studio merupakan tools yang dibuat oleh Facebook dan Instagram untuk memudahkan para content creator dalam menjalankan media sosial mereka. Fungsi daripada tools itu sendiri ialah untuk mengunggah, menjadwalkan, dan memantau interaksi audiens di media sosial.

Hal ini senada dengan penjelasan menurut laman Kicksta yang menyebut bahwa Instagram Creator Studio adalah tool yang diciptakan untuk mempermudah kinerja content creator di Instagram. Dimana studio ini membantu membuka peluang untuk menghasilkan lebih banyak uang dari konten yang mereka buat, seperti dari pendapatan iklan ataupun kolaborasi dengan brand.

Konsep tools ini juga berbeda dengan konsep profil Instagram Business, dimana sistem profilnya dirancang agar lebih sesuai dengan kebutuhan para creator.

Baca juga: Insight Instagram: Ini Pengertian, Fitur, dan Manfaatnya

Fitur di Instagram Creator Studio

Seperti telah disinggung sebelumnya, fitur utama yang tersaji dalam tools ini akan memudahkan pengguna untuk melacak, menganalisis, dan memonetisasi akun profilnya. Lebih jelasnya, berikut pemaparan dari tiga fitur utama di Instagram Creator Studio.

1. Analytics

Fitur analytics digunakan untuk memantau perkembangan akun dan melihat statistik pengunjung atau followers baru. Anda pun bisa melihat interaksi followers Anda yang terkait dengan kunjungan website, kunjungan profile, email, maupun telepon.

Terlebih lagi, fitur ini dapat menunjukkan data harian dan mingguan seluruh konten pada akun mereka, termasuk IGTV, Stories, maupun Feed. Mereka pun bisa langsung mengakses tools analytics ini dan metrik dari desktop tanpa memerlukan aplikasi pihak ketiga. Hal ini tentu sangat membantu influencer, creator, maupun pebisnis yang sedang mengembangkan akunnya.

2. Personalisasi Direct Message

Setiap harinya, influencer tentu menerima banyak pesan, baik dari kolega, penggemar, maupun brand yang menawarkan kerja sama. Hal ini tentu cukup merepotkan apabila pesan tersebut tidak dikelola dengan baik.

Karena itu, tools ini menyediakan fitur khusus dimana pengguna dapat mengatur dan mempersonalisasi semua pesan yang masuk. Pengguna dapat memisahkan pesan umum dan memprioritaskan pesan penting terkait permintaan kolaborasi ataupun pesan dari teman dan keluarga.

3. Monetisasi Shoppable Post

Shoppable post merupakan salah satu fitur terbaru dan menarik yang ditawarkan oleh Instagram Creator Studio. Shoppable post memungkinkan pengguna untuk menandai produk di unggahan post mereka dengan tautan langsung ke produk yang ditunjukkan. Alhasil, audiens dapat berbelanja langsung dari postingan tanpa harus berpindah aplikasi.

Sayangnya, fitur ini masih terbatas, dimana hanya untuk akun Instagram yang besar saja. Namun, fitur ini diharapkan dapat dikembangkan supaya bisa digunakan oleh banyak creator lain.

Baca juga: Instagram Ads Adalah: Pengertian dan Cara Lengkap Membuat Instagram Ads

Manfaat Instagram Creator Studio

Tak hanya sebagai tool analytics, tools ini juga memiliki sejumlah manfaat lain, seperti yang dilansir oleh laman HubSpot. Berikut beberapa manfaat tersebut.

  1. Mengelola semua konten akun Anda, baik IGTV, Stories, maupun Feed melalui desktop.
  2. Menjadwalkan waktu pengunggahan konten sehingga feed Anda lebih teratur dan terjadwal.
  3. Memahami insight yang terkait dengan profil dan akun Anda, mulai dari performa metrik, data followers, hingga tipe engagement, yang membantu memastikan apakah konten Anda sesuai dengan kebutuhan audiens.
  4. Memonetisasi konten dan membuka peluang kolaborasi brand.

Baca juga: Apa Itu Template Instagram Story? Ini Pengertian, Cara Kerja, dan Keuntungannya

Cara Menghubungkan Akun Instagram ke Creator Studio

Untuk dapat menghubungkan akun Instagram ke Creator Studio, Anda perlu memastikan bahwa akun Anda telah menerapkan mode Creator Account. Tentunya, Anda perlu memenuhi syarat minimum 10.000 followers untuk dapat mengubah ke mode Creator Account. Anda pun perlu memastikan bahwa akun Instagram dan Facebook Page Anda telah terhubung.

Pada tahap ini, sebenarnya Anda sudah bisa mendapatkan fitur dan manfaat seperti yang telah disebutkan di atas. Hanya saja, dengan menghubungkannya ke tools ini, Anda akan mendapatkan keleluasan yang lebih dan bisa mengaksesnya melalui desktop.

Berikut ini langkah-langkah untuk menghubungkan akun Instagram Anda ke Creator Studio.

  1. Buka website Creator Studio di laptop atau komputer Anda, lalu klik icon Instagram di bagian kanan atas halaman.
  2. Klik tombol login ke akun Instagram dan ikuti instruksi yang muncul pada jendela pop-up.
  3. Jika Anda mengelola Facebook Page yang sudah terhubung dengan Instagram yang Anda inginkan, cukup klik “Connect to that Page”.
  4. Bila Anda belum mengelola Facebook Page yang sudah terhubung dengan akun Instagram tapi Anda ingin memakai akun Instagram yang lainnya, silahkan klik “Connect to another Instagram Account”. Selanjutnya tinggal ikuti langkah-langkah di dalamnya.
  5. Klik “Continue with Connected Accounts”, jika Anda mempunyai banyak akun Instagram yang terhubung dengan Facebook Page dan ingin mengelolanya di tools ini,

Baca juga: Verified Instagram: Ini Syarat dan Keuntungannya

Penutup

Berdasarkan penjelasan singkat di atas, kini diketahui bahwa Instagram Creator Studio sangatlah berguna bagi pembuat konten maupun marketer. Dimana fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengoptimalkan konten yang sesuai dengan target audiens hingga membuka peluang untuk mendapatkan lebih banyak penghasilan dengan memonetisasi akun.

Di tengah era dimana segala kemudahan teknologi tersedia, kita perlu memanfaatkannya guna mengoptimalkan usaha guna mencapai apa yang menjadi target. Sama halnya dengan pemanfaatan software keuangan dan bisnis untuk mencapai tujuan finansial. Dimana Anda bisa menggunakan software berbasis cloud seperti Accurate Online

Accurate Online merupakan software akuntansi dan bisnis yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Dimana fitur dan keunggulan di dalamnya akan memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan.

Jika Anda tertarik untuk mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari, silahkan klik banner di bawah ini.