MYOB Adalah: Ini Kelebihan dan Fungsinya

Mind Your Own Business atau yang lebih dikenal dengan MYOB adalah salah satu aplikasi komputer jenis akuntansi yang bisa digunakan untuk mengelola dan juga mengolah data akuntansi. Jadi, bisa dibilang bahwa MYOB adalah salah satu aplikasi pembukuan yang bisa digunakan untuk berbagai jenis usaha, baik itu usaha berskala kecil ataupun besar.

Aplikasi ini dibuat dengan tampilan yang lebih sederhana, sehingga mudah digunakan oleh orang yang belum mempelajari tentang akuntansi sekalipun.

Setiap perusahaan sebenarnya mengolah data dengan cara yang sama. Tapi, terdapat beberapa faktor pembeda pada sistem akuntansi perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lainnya. Nah, salah satu pembedanya adalah teknologi yang digunakan oleh perusahaan.

Kehadiran dari MYOB mampu memberikan dampak yang baik, karena mampu memberikan kemudahan pada pelaksanaan siklus akuntansi.

Untuk bisa memahaminya, tentu para pengguna harus bisa mencari tahu cara kerja dari aplikasi ini secara rinci dan juga detail. Karena bila ada sedikit kesalahan, maka Anda harus mengulang lagi prosesnya dari awal.

Awal Mula MYOB Asia

Pembahasan terkait aplikasi MYOB ini memang sangat menarik, aplikasi ini ternyata baru pertama kali dikembangkan pada tahun 1991 oleh MYOB Limited Australia pada tahun 1991. Saat ini, perkembangan dari MYOB pun telah mengalami perkembangan, sehingga sudah beredar di beberapa negara besar, seperti Amerika, Kanada, Inggris, Selandia Baru, dan beberapa negara Asia.

Selain itu, banyak juga perusahaan yang memanfaatkan fitur multi mata yang dan multi pengguna dari MYOB. Walaupun aplikasi ini memang dikembangkan di Australia, tapi MYOB mempunyai berbagai versi tersendiri untuk setiap negara di benua Asia.

Keunggulan utama dari aplikasi adalah dari sisi tampilan yang sangat mudah untuk dipelajari dalam kurun waktu yang sangat singkat. Sehingga, sebagai pengguna Anda hanya perlu melakukan pengisian data dan menekan tombol perintah yang sudah tersedia untuk lebih optimal dalam menggunakan program.

Baca juga: Kantor Akuntan Publik Adalah: Pengertian dan Perannya

Fungsi dari MYOB 

Untuk Anda yang menyelam ke dalam dunia akuntansi, tentunya aplikasi ini akan sangat berguna untuk mempermudah pekerjaan akuntansi Anda. Nah, beberapa fungsi dari MYOB adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai salah satu alat bantu untuk bisa menyelesaikan pekerjaan yang berkaitan dengan kegiatan akuntansi.
  2. Mempersingkat waktu pembuatan pembukuan perusahaan.
  3. Membuat Anda jadi lebih mudah dalam memahami bisnis.
  4. Membantu kegiatan jual beli perusahaan, memonitor utang dan piutang dagang, pajak, invoice dan quotation dalam sekali klik.
  5. Lebih mudah dalam mengelola barang yang ingin dijual.

Baca juga: Rekapitulasi Jurnal dan Cara Melakukannya

Kelebihan MYOB (Mind Your Own Business)

Beberapa keunggulan dari program MYOB adalah sebagai berikut:

  • Memiliki tampilan yang user-friendly karena penggunaan dan transaksinya yang sangat sederhana dalam bentuk gambar, sehingga akan lebih mudah untuk dipahami oleh para pemula.
  • Menyajikan menu daftar rekening atau chart of account yang siap dipakai dalam bahasa inggris dan tersedia sebanyak 105 jenis perusahaan yang bisa dibaca pada setiap lampirannya.
  • Mempunyai kemampuan dalam melakukan export data ke program excel, sehingga laporan pun bisa dibaca dan juga dicetak dalam bentuk excel.
  • Mempunyai banyak laporan keuangan, termasuk mengatur pajak dan menampilkan analisa dalam bentuk grafik yang mudah dibaca.

Baca juga: Sifat Laporan Keuangan Ini Harus Anda Ketahui

Kekurangan MYOB (Mind Your Own Business)

Selain berbagai kelebihannya, ternyata MYOB adalah aplikasi yang tetap memiliki kekurangan. Nah, kekurangan dari aplikasi MYOB adalah sebagai berikut:

1. Tidak Ada Fitur Pelaporan Perpajakan Indonesia

Karena aplikasi ini dikembangkan di Australia, maka beberapa fitur di dalamnya masih menerapkan gaya dari negara tersebut, termasuk dalam urusan pajak. Sehingga, bila Anda ingin menghitung pajak yang berlaku di Indonesia, Anda harus menggunakan aplikasi pajak lainnya.

2. Hanya Bisa Diterapkan pada Satu Perusahaan

Aplikasi ini juga hanya cocok untuk digunakan oleh pebisnis yang mempunyai satu perusahaan saja. Untuk Anda yang mempunyai lebih dari satu perusahaan, maka aplikasi ini akan kurang cocok karena belum mampu memenuhi kebutuhan lain untuk setiap pelaku bisnis.

3. Disediakan Hanya dalam Bahasa Inggris

Walaupun aplikasi MYOB sudah dilengkapi dengan fitur multi bahasa, tapi bahasa yang bisa digunakan hanya bahasa inggris saja. Walaupun hal ini tidak begitu penting, namun terkadang ada beberapa pengguna yang merasa kebingungan terkait adanya perbedaan istilah bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

4. Format Neraca dalam Format Keuangan Australia

Sekali lagi, karena aplikasi ini buatan perusahaan Australia, maka format neraca yang disajikan pun adalah neraca keuangan Australia. Tentunya hal ini akan membuat Anda sedikit repot karena format neraca Australia berbeda dengan Indonesia.

5. Tidak Mendukung Multi Currency

MYOB juga ternyata tidak memberikan dukungan multi mata uang atau multi currency, sehingga Anda harus melakukan konversi mata uang terlebih dulu sebelum melakukan transaksi antar mata uang.

6. Belum Bisa Mendukung Fitur Multi Gudang

Kekurangan lainnya dari aplikasi MYOB adalah belum bisa memberikan dukungan pada Anda yang mempunyai lebih dari satu gudang. Tentunya hal ini akan sangat merepotkan, terlebih lagi bila Anda mempunyai lebih dari satu gudang penyimpanan.

Baca juga: Tips Cara Membuat Buku Besar Dari Jurnal Umum

Pencatatan Transaksi Perusahaan pada Program MYOB

Terdapat beberapa cara pencatatan transaksi perusahaan di dalam MYOB, yakni sebagai berikut:

1. Purchase Pembayaran ke Pemasok

Jenis pembayaran ini dilakukan oleh perusahaan kepada pihak pemasok yang berkaitan langsung dengan membeli barang ataupun jasa sebagai kegiatan utama dari perusahaan.

2. Sales-Penerimaan dari Konsumen

Jenis pencatatan ini digunakan untuk mencatat berbagai jenis kegiatan transaksi penjualan barang atau jasa, retur penjualan, dan juga penerimaan yang berkaitan dengan penjualan.

3. Sales-Permohonan Pesanan dari Pelanggan

Fungsi dari pencatatan ini adalah untuk membuat permohonan dari pihak pelanggan ke penjual untuk suatu barang dagangnya.

4. Sales-Penjualan kepada Pelanggan

Pencatatan ini adalah suatu proses data dari menu sales yang penggunaannya adalah dengan mengisi faktur penjualan dalam kegiatan akuntansi yang dilakukan secara manual.

5. Banking-Penyetoran Dana

Jenis pencatatan ini digunakan untuk merekap kegiatan transaksi yang berkaitan dengan tunai atau bank yang menggunakan cek ataupun kredit.

Baca juga: Prinsip Biaya Historis dan Fair Value, Ini Perbedaannya!

Kesimpulan

Aplikasi MYOB memang sangat membantu sekali untuk kegiatan mengelola keuangan, khususnya untuk Anda para pelaku bisnis dan usaha. Dengan kehadiran aplikasi ini, maka kegiatan mengelola dan juga mengolah data akuntansi akan terasa lebih cepat dan juga lebih mudah.

Tapi dibalik kelebihan yang ada pada aplikasi MYOB, ternyata terdapat rentetan kelemahan di dalamnya, contohnya saja seperti berbagai formatnya yang belum sesuai dengan peraturan ataupun standar di Indonesia. Hal tersebut akan memaksa Anda untuk melakukan prosesnya terlebih dulu agar bisa digunakan dengan baik.

Namun bila Anda ingin menggunakan aplikasi akuntansi yang seluruh format dan fiturnya sudah sesuai dengan standar dan peraturan yang ada di Indonesia, maka Anda harus menggunakan Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi buatan anak bangsa yang telah berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam menyediakan aplikasi akuntansi yang andal. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan teknologi cloud computing berbasis online dan bahkan sudah dilengkapi dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Jadi, Anda bisa menggunakan Accurate Online secara nyaman dan tenang. Data yang tersimpan di dalamnya pun akan terjaga dengan aman dan hanya Anda saja yang bisa mengakses data tersebut.

Lebih dari itu, Accurate Online pun sudah dipercaya oleh lebih dari 483 ribu pebisnis di Indonesia, mulai dari pebisnis UMKM hingga pebisnis besar. Bahkan, Accurate Online pun sudah mendapatkan penghargaan TOP Brand Award sebanyak 7 kali berturut-turut, dari tahun 2016 hingga tahun 2017, dalam kategori software accounting.

Hal tersebut berhasil dicapai karena aplikasi bisnis dan akuntansi ini selalu konsisten dalam membantu para pebisnis di Indonesia.

Accurate Online mampu menyajikan laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan serta laporan penjualan secara instan.

Di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis yang lengkap dan akan membuat bisnis Anda bergerak secara lebih efisien, seperti fitur perpajakan, persediaan, penjualan, pembelian, multi mata uang, multi gudang, dan masih banyak lagi. Sehingga, Anda bisa lebih mudah dalam mengelola dan mengembangkan bisnis.

Lebih menariknya lagi, seluruh kelebihan dan fitur bisnis luar biasa dari Accurate Online ini bisa Anda nikmati dengan mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau, yaitu sebesar 200 ribuan rupiah saja perbulannya.

Masih ragu? Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dulu selama 30 hari gratis dengan klik banner di bawah ini untuk membuktikannya sendiri.

Lala

Seorang lulusan S1 ilmu akuntansi yang suka membagikan istilah, rumus, dan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia akuntansi lewat tulisan.