15 Peluang Bisnis di Tahun 2021 yang Mudah untuk Dikembangkan

Sebenarnya ada banyak peluang bisnis ditahun 2021 ini yang mudah untuk dikembangkan, jika Anda memiliki rencana yang matang dan konsisten dalam setiap tahap pengembangannya. Hanya saja, kita memang harus jeli melihat potensi yang ada.

Tahun 2020 membawa banyak dampak dan perubahan dalam banyak aspek, salah satunya dalam ekosistem bisnis dan pandemi yang terjadi. Perilaku berbelanja dan kebutuhan konsumen bergeser. Dari yang tadinya menjalankan bisnis secara konvensional, mereka beralih ke platform online pun kini menjadi medium utama untuk berjualan.

Perubahan ini tentu juga menciptakan peluang-peluang baru bagi pelaku bisnis. Bagi kamu yang menjalankan atau berencana untuk membangun bisnis, dibutuhkan kemampuan untuk bisa melihat peluang dan menganalisa kebutuhan masyarakat agar perencanaan bisnis bisa tepat.

Produk apa saja yang kira-kira akan banyak dicari konsumen di tahun ini dan dapat dijadikan sebagai usaha? Berikut adalah beberapa ide peluang bisnis yang cukup menjanjikan di tahun 2021.

1. Makanan Sehat

Pandemi membuat banyak orang semakin peduli dengan kesehatan dan pola makan mereka. Tingkat pembelian makanan dan minuman sehat serta suplemen dan vitamin pun meningkat.

Ini bisa menjadi salah satu peluang bagi kamu yang menjalankan bisnis makanan sehat atau berencana untuk membuat usaha di bidang makanan.

Variasinya pun bisa kamu pilih dan kembangkan sendiri mulai dari pilihan menunya misalnya menu khas makanan Indonesia, Jepang, Korea, atau Barat. Bisa juga divariasikan dari tujuan tiap menu, misalnya paket makanan sehat untuk yang ingin diet, paket untuk yang ingin membentuk badan yang proposional, paket khusus anak sekolah, dan banyak lagi.

peluang bisnis 2021 2

2. Peralatan Olahraga

Selain dari makanan, minat masyarakat terhadap olahraga juga semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kesadaran akan kesehatan.

Hal ini bisa dilihat dari semakin banyak orang yang bersepeda atau lari pagi. Tingkat penjualan peralatan olahraga di berbagai marketplace pun meningkat.

Kamu bisa mengembangkan bisnis peralatan olahraga untuk jenis olahraga tertentu ataupun secara general. Apabila menyasar olahraga tertentu, tentu pasarnya lebih sempit tetapi juga bisa lebih niche dimana pesaing belum begitu banyak. Selain peralatan olahraga, bisa juga menjual alat perlengkapan olahraga seperti pakaian atau sepatu khusus olahraga tertentu.

3. Jasa Titip (Jastip)

Peluang bisnis di tahun 2021 kita buka dengan usaha jasa titip atau lebih populer dengan sebutan jastip. Bisnis yang cukup populer di tahun 2020 ini sangat potensial untuk dikembangkan di 2021.

Bisnis ini cocok sekali untuk Anda penyuka traveling yang juga gemar  berbelanja. Anda bisa mendapatkan keuntungan finansial sambil melakukan sesuatu yang disukai. Apalagi jika Anda memiliki insting yang bagus di bidang fashion, Anda bisa menciptakan peluang yang jauh lebih besar.

Baca juga : Mengenal Pengertian, Tujuan, dan Karakteristik Wirausaha

peluang bisnis 2021 3

4. Kuliner

Bisnis di bidang kuliner tidak pernah ada matinya. Untuk Anda yang memiliki keahlian dalam bidang masak-memasak, coba pasarkan penganan dari resep andalan keluarga.

Adanya layanan pesan-antar juga bisa membantu melebarkan jangkauan bisnis jenis ini. Untuk tips terbaik dalam memulai usaha kuliner atau membuka restoran Anda bisa membacanya pada artikel ini.

5. Suvenir

Bisnis suvenir tampaknya masih akan terus berjaya, baik di 2021 maupun tahun-tahun mendatang. Mengulik peluang bisnis 2020 lewat pembuatan suvenir, Anda hanya perlu lebih kreatif dalam berkreasi. Sebagai awal, mulailah dari bahan-bahan yang mudah didapat di sekeliling Anda. Bahkan limbah pun bisa diolah menjadi suvenir yang unik.

6. Pakaian Santai

Kalau biasanya orang mencari pakaian untuk kerja, jalan-jalan, atau pesta, sekarang banyak konsumen yang lebih mencari pakaian rumah atau santai karena lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Kamu bisa mengembangkan bisnis pakaian rumah sembari melihat tren pakaian yang sedang diminati saat ini sehingga bisa mengembangkan produk yang menarik dan relevan. Satu hjal yang perlu dipastikan adalah Anda memiliki pasion di bidang mode.

Baca juga: Skill yang Harus Dimiliki Jika Ingin Menjadi Desainer Baju Terkemuka

7. Makanan Ringan

Siapa sih yang tidak suka camilan. Peluang bisnis di tahun 2021 dari berjualan camilan jangan dianggap remeh. Berjualan makanan-makanan ringan termasuk bisnis yang berpotensi menghasilkan omzet yang tidak main-main.

Ingat dong dengan keripik pedas dari Bandung yang sempat begitu booming, omzetnya menyentuh angka ratusan juta dari modal awal yang hanya ratusan ribu rupiah. Hal ini dilakukan karean mereka berhasil memilih target pasar dengan baik.

Baca juga : Audit keuangan: Pengertian, Tujuan, dan Tahapan Audit Keuangan

peluang bisnis 2021 5

8. Dropshipper

Tidak memiliki modal bukan penghalang untuk mendulang rezeki dari berbagai peluang bisnis 2021. Menjadi dropshipper produk-produk yang sedang tren di pasaran dapat dilakukan dengan nyaris tanpa modal. Anda hanya perlu mencari calon konsumen dan penjualnya yang akan melakukan pengiriman barang ke konsumen. Merasa kesulitan untuk memulainya? Ada beberapa platform yang saat ini menawarkan kerja sama di bisnis dropship.

Ingin membangun bisnis dropshipper? Anda bisa mencoba menggunakan tips pada artikel ini.

9. Dekorasi & Peralatan Rumah Tangga

Pandemi membuat aktivitas masyarakat di luar rumah menjadi terbatas. Alhasil, banyak orang menemukan hobi dan aktivitas baru yang dapat dilakukan di dalam rumah sebagai alternatif.

Banyak orang kemudian membeli peralatan rumah tangga seperti alat masak dan dekorasi rumah atau kamar. Ini menjadi peluang bisnis yang bisa kamu coba untuk geluti. Kalau kamu memiliki keahlian kerajinan tangan atau desain, kamu bisa membuat produkmu sendiri agar lebih unik.

10. Content Creator

Di era ketika media sosial begitu diminati, content creator bisa menjadi peluang bisnis 2021 yang sangat prospektif. Anda dapat membuat konsep konten marketing yang unik dan mendistribusikannya ke berbagai kanal media sosial. Ingin belajar menjadi content creator? Anda bisa belajar di sini mengenai content marketing

11. Mainan Anak-Anak

Banyak orang tua mencari alternatif hiburan bagi anak-anak mereka selama di rumah selain gadget. Maka itu, mainan anak menjadi salah satu bisnis yang bisa kamu coba jalankan.

Tawarkan permainan yang interaktif dan mendidik agar orang tua juga tertarik untuk membelikan anaknya. Jika Anda berniat memproduksi mainan, pastikan juga menggunakan bahan terbaik dan aman untuk anak.

peluang bisnis 2021 4

12. E-Book Seller

Kemajuan teknolologi membuat peran buku konvensional perlahan tergantikan oleh buku elektronik yang memang lebih mudah diakses melalui gawai pintar kapan pun dan di mana pun.

Terlebih pasca pendemi saat ini yang membuat orang jarang sekali pergi ke toko buku konvensional, sehingga ini bisa menjadi peluang bisnis yang sangat bagus untuk Anda.

Jika Anda teratarik, Anda bisa memulai dengan membuat rangkuman terkait keahlian Anda di bidang tertentu, kemudian disimpan dalam bentuk file digital. Buku digital tadi bisa Anda pasarkan bekerja sama dengan toko buku online.

Baca juga : Pengertian Bisnis Afiliasi beserta Keuntungan dan Kerugiannya

13. Tanaman Hias

Selain dekorasi, permintaan tanaman hias juga meningkat pesat sejak pandemi. Banyak orang kemudian memulai hobi merawat tanaman hias.

Selain mengisi waktu luang, tanaman hias juga membuat rumah terlihat lebih asri dan segar. Tidak terbatas pada tanaman hias, banyak juga yang mulai bercocok tanam sayur-sayuran seperti bayam untuk kemudian dimasak.

Anda juga bisa membaca artikel mengenai cara memulai usaha tanaman hias yang menguntungkan melalui artikel ini

14. Laundry

Meski telah sangat lama ada, bisnis laundry masih terus menjadi ladang usaha yang menjanjikan. Modal awalnya tergantung besar usaha laundry yang akan Anda buat. Pengembangan bisnisnya bisa didorong dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Untuk tips berbisnis laundry Anda bisa membacanya melalui artikel ini.

Tidak hanya tips dalam mengembangkan bisnis laundry, Anda juga bisa membaca artikel mengenai pembukuan pada bisnis laundry yang bisa membuat bisnis laundry Anda lebih efisien dalam pengaturan keuangan bisnis di sini.

15. Produk Ramah Lingkungan

Menurut riset, konsumen saat ini semakin peduli terhadap keadaan lingkungan. Ini merupakan peluang untuk mengembangkan bisnis yang menjual produk ramah lingkungan mulai dari produk sehari-hari yang berbahan dasar alami, produk rumah tangga, dekorasi, fashion, dan kategori produk lainnya. Sifat ramah lingkungan ini akan membuat bisnismu memiliki keunikan sendiri.


Itu tadi 15 peluang bisnis 2021 yang relatif mudah untuk dikembangkan di era serba digital seperti saat ini. Asalkan jeli melihat berbagai potensi di sekitar, memiliki kemauan yang besar, pantang menyerah, dan mau terus berinovasi, Anda pasti bisa meraih kesuksesan dalam berbisnis.

Ingat, untuk keuntungan yang optimal bagi bisnis Anda, lakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan bisnis pada pembukuan Anda.  Jangan biarkan bisnis yang Anda bangun mengalami kerugian dikarenakan pencatatan keuangan yang buruk dan menyebabkan kebocoran pada pos pengeluaran yang sebenarnya tidak diperlukan pada bisnis Anda.

Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk membuat proses pembukuan lebih mudah, cepat, dam minim kesalahan.

Accurate Online adalah software akuntansi buatan Indonesia yang telah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dan membuat bisnis mereka jauh lebih mudah dengan proses pembukuan, pemantauan stok, penghitungan pajak, aset , gaji, dan pembuatan laporan keuangan yang jauh lebih mudah.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan di bawah ini:

accurate fokus pengembangan