Beberapa Ide Bisnis di Kota Semarang yang Bisa Anda Coba

Membuka usaha sendiri adalah impian banyak orang, terutama bagi mereka yang berada di kota besar seperti Kota Semarang. Peluang dan daya beli yang tinggi menjadi alasan utama mengapa membuka usaha di kota Semarang adalah pilih yang tepat. Sayangnya banyak dari mereka yang memiliki keterampilan terpendam namun belum menemukan ide bisnis yang bisa dikembangkan secara maksimal di Kota Semarang.

Jika Anda ingin memulai bisnis, tetapi mengalami kesulitan  untuk mencari usaha apa yang cocok Anda kembangkan di kota Semarang, jangan khawatir.

Kami telah membuat daftar beberapa ide bisnis di kota Semarang yang bisa Anda pilih sesuai keterampilan yang dikuasai, tentunya ini akan membantu Anda  untuk memilih bisnis yang tepat dan menguntungkan :

1. Usaha Roti dan Kue

Semua orang suka roti dan kue, dari berbagai umur dan semua kalangan. Anda bisa membuat kue atau roti untuk menemeni kegiatan kopi pagi hari hingga kue ulang tahun. Membuka toko kue dan roti di kota Semarang adalah ide bisnis yang cocok Anda kembangkan.

Meskipun memiliki dan mengelola toko roti bisa menjadi pekerjaan yang berat, jika itu adalah impian Anda dan Anda memiliki keterampilan untuk mengembangkannya, maka lakukanlah.

Anda bisa memulai untuk membuka toko kue dengan menu sederhana dan sesuai dengan keahlian Anda. Pertimbangkan juga untuk menjual kue lokal kota Semarang dan menggunakan konsep kekinian. Lakukan pemasaran yang efektif melalui media sosial atau bekerja sama dengan komunitas tertentu untuk mengenalkan produk Anda.

Keterampilan yang dibutuhkan: Memasak, baked, pemasaran, dan pembukuan

Baca juga : Rahasia Sebelum Membangun Usaha Rumahan Sukses di Kota Semarang

2. Laundry

Membuka bisnis laundry di kota besar seperti kota Semarang juga merupakan ide yang baik, terutama jika Anda berada di lingkungan yan memliki aktifitas padat, seperti dekat kampus, perkantoran, atau asrama mahasiswa.

Paerhatikan harga yang Anda kenakan berdasarkan tempat di mana bisnis Anda berada, jika Anda berada di lingkungan mahasiswa, Anda bisa menggunakan tarif laundry kiloan. Namun jika Anda berada di daerah perkantoran atau lingkngan yang mayoritas rumah tangga, maka Anda bisa menyediakan layanan cuci cepat atau pelayanan yang lebih premium.

Keterampilan yang  dibutuhkan: Pemasaran, mengetahui berbagai jenis bahan pakaian, pembukuan

Baca juga : Bagaimana Caranya Membuka Toko Bangunan Sukses di Semarang?

3. Petshop

Tekanan di kota besar seperti kota Semarang, membuat tingkat stress yang tinggi terutama bagi para pekerja. Pada akhirnya banyak yang memelihara hewan peliharaan untuk mengurangi stress tersebut.

Ini juga bisa menjadi peluang dan ide bisnis jika Anda menyukai binatang dan juga ingin mencari keuntungan secara bersamaan. Perthatiakan layanan yang Anda sediakan pada bisnis petshop Anda seperti grooming, menjual obat atau pakan hewan, menjual binatang atau pelayanan dokter hewan.

Keterampilan: Pemasaran, menyukai hewan dan perawatannya, akan lebih baik jika Anda adalah seorang dokter hewan

Baca juga: Beberapa Kawasan Strategis di Semarang yang Cocok untuk Bisnis

4. Bengkel

Kota besar memiliki banyak kendaraan, baik kendaraan pribadi atau umum, inilah sebabnya mengapa bengkel selalu menjadi ide bisnis yang baik bagi Anda yang memiliki keterampilan otomotif yang mumpuni.

Perhatikan layanan yang Anda sediakan dan ada baiknya Anda melakukan spesialisasi untuk bengkel Anda. Ini akan memudahkan Anda untuk menentukan siapa pelanggan Anda dan juga memuaskan mereka.

Misalnya jika Anda memiliki keterampilan untuk memperbaiki mobil bermesin diesel, ada baiknya Anda tidak mengambil pekerjaan untuk memperbaiki mobil bermesin konvensional, begitupun sebaliknya. Pertimbangkan juga untuk memiliki pelayanan derek untuk mobil mogok.

Keterampilan: Teknik otomotif, kelistrikan, pembukuan dan pemasaran

Baca juga : Jadikan Pembukuan Usaha Bengkel lebih Baik dengan Accurate Online

5. Salon atau Barbershop

Setiap orang membutuhkan perawatan, baik pria atau wanita, tanpa memandang usia Anda. Kebanyakan orang memerlukan beberapa kali setahun dalam setahun setidaknya untuk memotong rambut.

Jika Anda membuka salon rambut atau salon kecantikan pertimbangkan untuk menyediakan beragam layanan tambahan dari sekedar memotong rambut. Pikirkan pewarnaan rambut, perawatan kuku, dan atau makeup.

Jika Anda membuka barbershop yang menargetkan pelanggan pria, ingatlah, pria cenderung memotong rambut mereka setidaknya sebulan sekali. sediakan juga layanan lain yang bisa Anda sediakan pada barbershop Anda dan membantu Anda untuk mendapatkan keuntungan lebih. Untuk lebih jauh mengetahui tips membangun bisnis barbershop di kota Semarang, Anda bisa membacanya melalui artikel ini.

Keterampilan: Penataan rambut, teknik make up, perencanaan keuangan, dan pemasaran

Baca juga: 10 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Restoran di Semarang

6. Apotik

Membuka apotik di kota besar, terutama dekat fasilitas kesehatan adalah ide yang baik jika Anda ingin mengembangkan usaha ini.

Namun perhatikanlah, saat Anda membuka apotik berarti Anda seharus seorang apoteker yang sudah seselasi menyelesaikan pendidikan farmasi.Selain menjual obat Anda juga bisa menjual alat kesehatan seperti toko roda, tongkat, atau lainnya.

Keterampilan: Anda sudah mempuntyai gelar apoteker dan mengurus izin, pemasaran, pengelolaan stok dan pembukuan.

Baca juga : Bagaimana Memulai Bisnis Toko Alat Kesehatan di Semarang?

7. Toko Grosir atau Klontong

Membuka warung yang menyediakan kebutuhan pokok selalu bisa Anda lakukan dimanapun, terlebih jika Anda membukanya di lingkungan yang ramai seperti kota Semarang, ini akan membuat tingkat keberhasilan dalam bisnis Anda lebih besar.

Untuk memaksimalkan kepuasan pelanggan, Anda bisa menyediakan layanan pengantaran barang secara gratis dalam radius tertentu dan pembelian minimal. Pastikan juga Anda memiliki beragam merk dari berbagai barang yang Anda jual. Misalnya Anda bisa menjual tepung terigu dengan berbagai macam merk dengan kualitas yang berbeda untuk menjadi alternatif pilihan para pelanggan Anda.

Untuk tips membuat toko grosir sembako yang sukses di kota Semarang, Anda bisa membacanya melalui artikel ini.

Keterampilan: Marketing, manajemen stok, pembukuan, dan komunikasi

Baca juga: Strategi Terbaik Sebelum Membangun Usaha Cafe di Kota Semarang

8. Pencucian Mobil atau Motor

Sama seperti bengkel, dimana ada kendaraan layanan jasa pencucian mobil dan motor akan selalu dibutuhkan terlebih di kota besar seperti kota Semarang.

Anda hanya membutuhkan modal yang relatif kecil untuk membangun usaha pencucian mobil atau motor. Jika Anda ingin usaha ini lebih maksimal, Anda bisa memeberikan pelayanan hidrolik, memang lebih mahal, namun ini akan membuat pelanggan Anda lebih puas dan hasil yang lebih bersih.

Keterampilan: Mencuci mobil yang bersih, manajemen, dan pemasaran

Baca juga: Tertarik Membangun Usaha Digital Printing? Berikut 10 Tipsnya

9. Toko Bunga

Bunga dapat menjadi hadiah langsung untuk liburan atau acara apa saja – mulai dari Hari Valentine hingga Wisuda hingga hadiah  saat menjenguk orang sakit.

Membuka toko bunga juga ide bisnis kecil yang bagus dilakukan di kota Semarang. Bunga sangat serbaguna, tidak hanya untuk hadiah tetapi untuk acara lain, seperti pesta atau pernikahan, atau sekedar untuk mencerahkan meja dapur.

Meskipun Anda mungkin perlu belajar untuk mengatur bunga, bisnis ini tidak memerlukan mesin yang mahal, hari yang panjang, atau banyak karyawan. Toko bunga adalah ide bisnis kecil yang dapat memenuhi kebutuhan lokal, tanpa komplikasi dengan beberapa bisnis lain.

Keterampilan: Penataan bunga, pemasaran, dan pencatatan keuangan

Baca juga : Tertarik Membuka Toko Kosmetik? Berikut 10 Tips Yang Bisa Dilakukan

10. Tempat Fitness atau Gym

Semakin banyak orang-orang yang peduli pada kebugaran dan merawat tubuh mereka. Semua orang sudah mulai berpikiri bahwa tubuh adalah investasi yang berharga, oleh sebab itu memulai pusat kebugaran atau gym adalah ide bisnis hebat di kota Semarang.

Mungkin Anda membutuhkan sedikit biaya tambahan untuk memulai, terutama untuk pembelian peralatan olahraga. Sebelum membuka gym, Anda harus memastikan bahwa Anda mendapatkan beberapa anggota baru sejak awal, Anda bisa memasarkan usaha Anda pada berbagai komunitas di Semarang, terutama komunitas yang berhubungan dengan kesehatan.

Keterampilan: Akan lebih baik jika Anda adalah instruktur fitness, pemasaran, dan pencatatan keuangan

Baca juga: Ingin Penghasilan Tambahan? Berikut adalah 7 Situs Penghasil Uang


Itulah beberapa ide bisnis yang bisa Anda kembangkan di kota Semarang lengkap beserta keterampilan yang diperlukan. Dari berbagai jenis bisnis diatas, hampir keseluruhan memerlkukan pencatatan keuangan atau pembukuan. Hal ini wajar, karena dengan proses pembukuan yang baik, Anda bisa memastikan keuntungan pada bisnis dan evaluasi bisnis yang lebih optimal.

Ada baiknya Anda mempelajari pembukuan sederhana, jika Anda berencana membuka bisnis. Namun, jika Anda sudah mempunyai bisnis dan ingin melakukan pembukuan yang mudah, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan juga memiliki fitur yang sesaui dengan bisnis Anda, contohnya adalah Accurate Online.

Accurate Online, adalah software akuntansi berbbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap dan telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari dari berbagai jenis bisnis.

Tertarik menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate fokus pengembangan