10 Cara Memulai Usaha yang Efektif dan Menguntungkan

Tidak jarang banyak orang yang ingin membuat usahanya sendiri, namun ragu untuk memulainya karena takut akan mengalami kerepotan pada awalnya. Padahal kalau ingin diamati lebih jauh sebenarnya cara memulai usaha ini sama sekali tidak sulit selama sudah menemukan kuncinya. Dalam pembahasan kali ini akan diberikan 10 kunci tersebut supaya membangun usaha lebih mudah.

1. Membulatkan Niat dan Menentukan Sesuai Dengan Passion

Poin pertama yang menjadi kunci sukses memulai usaha sebenarnya dimulai dari dalam diri sendiri. Bulatkan tekad dan juga niat sebelum memulai usaha ini dan pastikan benar bahwa tekad tersebut sudah terbentuk. Hal ini dikarenakan dalam memulai sebuah usaha seseorang tidak bisa main-main dan harus benar-benar serius.

Lalu yang masih terkait dengan faktor dalam diri sendiri adalah membuat usaha tersebut sesuai dengan passion. Jangan sampai membuat usaha ini hanya karena ingin ikut-ikutan saja, karena itu akan berbahaya. Pastikan bahwa usaha yang dibangun sudah sesuai dengan passion karena dengan begitu perasaan tidak akan terbebani saat menjalankan usaha tersebut.

Baca juga: Tertarik Membangun Usaha Laundry Sepatu? Perhatikan 11 Hal Ini

2. Membuat Business Plan

Namanya juga membangun sebuah usaha ini dari titik dasar alias dari nol, maka persiapannya juga harus dilakukan dari nol. Untuk merangkum semua persiapan yang diperlukan tersebut, maka bisa dengan menyusunnya dalam business plan. Usahakan untuk membuat business plan ini dengan sebaik dan serapi mungkin.

Selain berisikan persiapan, di dalam business plan juga berisikan pertanyaan terkait dengan alasan mengapa membangun bisnis ini. Lalu berisikan juga tujuan awal dari membangun bisnis ini. Dengan business plan yang disusun dengan baik, maka akan membuat usaha selangkah lebih sukses dibandingkan jika tidak memiliki hal ini.

3. Melakukan Riset Pasar

Riset pasar itu sangat penting, jadi jangan pernah melupakan hal yang satu ini. Bisa dibilang bahwa riset pasar ini adalah senjata utama agar bisnis yang dibangun dari nol bisa sukses. Karena dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu, pengusaha bisa mengetahui banyak hal seputar usahanya tersebut.

Beberapa hal tersebut diantaranya, siapa saja yang menjadi saingan dalam usaha, pergerakan pasar pada saat itu, siapa saja yang ingin dijadikan target konsumen dan bagaimana karakteristiknya, serta masih banyak lagi. Jangan pernah lupakan hal ini, karena tanpa target pasar yang jelas maka bisnis Anda tidak akan bertahan lama.

Baca juga: Apa itu Target Pasar dan Bagaimana Cara Menentukannya?

4. Menentukan Produk Apa yang Ingin Dijual

Ketika hendak memulai usaha tentukan usaha tersebut ingin menawarkan produk atau jasa yang bagaimana. Tentukan dengan cermat terkait dengan produk apa yang ingin dijual. Dalam menentukan produk ini juga tidak bisa asal-asalan, tanpa memikirkan beberapa hal terlebih dahulu sebelumnya.

Ini terkait dengan riset pasar yang sebelumnya dilakukan, karena disitu juga bisa menjadi jawaban terkait dengan hal ini. Bisa dikatakan bahwa riset pasar ini merupakan langkah terpenting. Pastikan bahwa produk yang ditawarkan ataupun jasa yang ditawarkan adalah sesuatu yang memang dicari dan dibutuhkan oleh target pasar.

Baca juga: Ingin Membuka Warung Kopi yang Sukses? Perhatikan 10 Hal Ini

5. Menentukan Target Konsumen

Sesudah menentukan barang atau jasa apa yang ingin ditawarkan, maka mulailah melakukan uji coba barang tersebut kepada kelompok yang menjadi target konsumen. Hal ini bisa dilakukan setelah sebelumnya pengusaha sudah menentukan siapa saja golongan yang menjadi target dari konsumennya.

Dalam hal ini dikembalikan lagi kepada riset pasar yang sudah dilakukan, dan disesuaikan dengan barang ataupun jasa yang ditawarkan. Meskipun begitu ada beberapa jenis produk yang cocok untuk semua kalangan seperti usaha kuliner. Namun tidak semuanya bisa seperti itu, jadi menentukan target konsumen merupakan cara memulai usaha yang tidak kalah penting untuk dipikirkan.

Baca juga: Riset Pemasaran dan Riset Industri, Mari Kenal lebih Jauh Perbedaannya

cara memulai usaha 2

6. Meluncurkan Usaha

Selanjutnya adalah meluncurkan usaha tersebut yang sebelumnya sudah direncanakan dan dipersiapkan dengan matang. Jangan pernah ragu untuk memulainya, karena ini bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Meskipun tidak dipungkiri bahwa setiap usaha tersebut pasti mempunyai tantangannya sendiri, yang terkadang membuat orang menyerah di tengah jalan.

Tidak gentar dan pantang mundur adalah sifat yang harus dimiliki oleh setiap pengusaha ketika sudah memutuskan untuk terjun dalam dunia usaha. Saat terjadi hal yang tidak diinginkan, maka tidak ada salahnya untuk mulai memikirkan dan menyusun ulang strategi yang sebelumnya dilakukan. Sehingga perlahan bisa lepas dan menjadi jawaban dari tantangan tersebut.

Baca juga: Surat Izin Usaha Perdagangan: Pengertian dan Cara Membuatnya

7. Tidak Pernah Berhenti Berusaha

Terkadang banyak orang yang meremehkan cara memulai usaha yang satu ini, padahal ini juga tidak kalah penting. Apalagi saat seseorang tersebut membuat usahanya dari nol, tentu berusaha adalah sebuah keharusan. Tidak hanya berusaha saja tapi juga belajar secara terus menerus saat melakukan usaha tersebut juga penting untuk dilakukan.

Tidak ada salahnya sebagai awalan sebelum memulai usaha, calon pengusaha sering mendatangi seminar ataupun webinar yang membahas sebuah usaha. Lalu tidak salah juga jika di tengah jalan pengusaha melakukan perubahan terhadap strategi usahanya dengan tujuan usaha tersebut bisa tetap sukses dan bertahan.

8. Mutu Kualitas Produk Selalu Ditingkatkan

Evaluasi merupakan kunci selanjutnya yang tidak kalah penting, ketika membangun sebuah usaha dari nol. Nantinya hasil dari evaluasi ini bertujuan untuk meningkatkan produk dari segi kualitas yang dimilikinya. Sehingga produk tersebut semakin baik, dan bagus setiap saatnya dan selalu membuat konsumen senang.

Jangan pernah ragu untuk melakukan sebuah inovasi terhadap produk yang dimiliki karena ini terkait dengan kepuasan pelanggan juga. Apalagi jika inovasi tersebut dilakukan dengan tujuan untuk membuat kualitas produk tersebut menjadi lebih baik lagi. jadi jangan puas hanya dengan satu produk andalan saja, tetap buat inovasi lain yang bisa memberikan keuntungan untuk perusahaan.

Baca juga: 7 Tips Dalam Memaksimalkan Proses Penilaian Kinerja Bisnis Anda

9. Melakukan Pembukuan yang Rapi

Pembukuan juga merupakan hal yang penting ketika hendak memulai sebuah usaha dari nol. Dalam hal ini beberapa hal yang harus dipelajari ketika melakukan pembukuan adalah arus keluar masuk dari uang yang ada.

Perhitungkan juga anggaran bisnis dengan tepat sesuai modal yang tersedia dan juga semua pemasukan yang didapat ketika usaha dengan proses pencatatan yang baik dan sesuai standar. Jangan sampai terlewat hal yang kecil sekalipun.

Untuk memulai pembukuan ini pengusaha tidak perlu sampai menyewa akuntan saat awal memulai usaha. Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memliliki fitur yang sesuai kebutuhan bisnis dan mudah digunakan sekalipun Anda tidak mengetahui ilmu akuntansi secara mendalam.

Salah satu software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap, harga terjangkau dan mudah digunakan adalah Accurate Online yang bisa Anda coba gunakan secara gratis selama 30 hari melalui tautan ini.

10. Membuat Promosi yang Tepat

Terakhir dari cara memulai usaha yang suksesadalah melakukan dan membuat promosi dengan tepat. Pahami bahwa sekarang ini semuanya bergerak secara online, maka jangan ragu untuk memanfaatkan media online tersebut. Manfaatkan semua hal yang ada di sekitar sebagai media untuk melakukan pemasaran secara besar-besaran.

Dalam hal ini manfaatkan secara maksimal kehadiran media sosial sebagai media pemasaran. Selain itu pengusaha juga bisa melakukan kerja sama dengan layanan pesan antar yang sekarang tengah populer di kalangan masyarakat Indonesia. Karena dengan pemasaran yang baik, produk dan usaha akan lebih mudah dikenal di kalangan konsumen.

Download eBook Panduan dan Template Pembukuan Sederhana dengan Excel untuk Bisnis Kecil

Kesimpulan

Itulah 10 cara memulai usaha yang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Ingatlah bahwa dalam membangun bisnis yang sukses, konsistensi sangat dibutuhakan. Pastikan seluruh perencanaan dalam usaha yang akan Anda buat sudah sesuai dengan kemampuan Anda.

Pastikan juga pengelolaan keuangan usaha selalu sesuai dengan perencanaan dan juga tidak ada pos pengeluaran yang berpotensi menjadi pemborosan dalam operasional bisnis Anda.

Untuk proses manajemen keuangan yang lebih efisien, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang sudah terbukti dan teruji seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu, digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis, dan meraih Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai saat ini sebagai software akuntansi terbaik di Indonesia.

Jadi apalagi yang masih Anda ragukan? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate fokus pengembangan

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.