Beberapa Ide Bisnis Kuliner Rumahandi Makassar yang Bisa Anda Coba

Mengenal Lebih dalam Bisnis Kuliner

Sebelum kami membahas beberapa ide bisnis kuliner di Kota Makassar. Anda harus mengetahui terlebih dahulu penjelasan lengkap bisnis kuliner yang selama ini mungkin salah diartikan.

Saat kami berkata bisnis kuliner, apa yang Anda bayangkan? Mungkin banyak dari kalian yang berpikir bahwa bisnis kuliner adalah seperti membangun restoran, tempat makan, atau cafe. Padahal bisnis kuliner itu sangat luas.

Arti kuliner sendiri adalah “berhubungan dengan memasak”. Kuliner sendiri adalah seni masakan untuk persiapan makanan, memasak, dan presentasi makanan, yang biasanya lebih banyak dalam bentuk makanan dan minuman.  Jadi sebenarnya ada beberapa jenis usaha kuliner yang bisa Anda coba tanpa harus membangun restoran atau cafe yang membutuhkan banyak moda.

Ide bisnis kuliner  di kota Makassar yang kami berikan di bawah ini bisa Anda praktekan di rumah dengan mudah selama Anda memiliki keahlian yang mendukung dan kecintaan dalam dunia kuliner.

1. Menjual kue atau roti yang dipanggang

Orang-orang suka makanan yang dipanggang. Banyak orang memilih muffin, roti atau donat untuk sarapan, roti dengan makan siang, biskuit untuk cemilan di malam hari, dan kue untuk pencuci mulut.

Anda bisa mendapat keuntungan dari kecintaan akan kue panggang dengan menjualnya sendiri. Anda dapat mengkhususkan diri pada kue atau roti panggang tertentu, seperti memulai usaha kue brownies yang kekinian, atau Anda dapat membuat berbagai macam suguhan kue tradisional Makassar.

Anda mungkin bisa memilih pasar dengan konsumen yang sadar kesehatan dengan menjual produk rendah atau bebas gluten atau makanan khusus diet lainnya yang bebas gula.

Anda dapat memasarkan produk Anda dan menjualnya melalui kafe atau toko lokal, atau Anda dapat menjualnya langsung ke konsumen melalui toko kue online atau pemasaran media online.

Baca juga : Perhatikan 7 Hal ini Sebelum Membangun Cafe Sukses di Kota Makassar

2. Menjual makanan spesial

Apakah Anda memiliki resep spesial keluarga yang Anda sukai dan orang lain sukai? Mungkin Anda dapat membuat keuntungan dari resep rahasia tersebut?

Apakah Anda memanggang biji kopi Anda sendiri? Bisakah Anda membuat cokelat dan permen dengan rasa yang unik? Jika Anda memiliki resep untuk membuat makanan yang lezat dan dapat dinikmati orang lain, ubahlah menjadi penghasilan.

Mirip dengan kue atau roti yang dipanggang, makanan khas dan dengan resep rahasia sangat diminati. Anda bisa memasarkan produk yang Anda buat ke orang di sekitar Anda terlebih dahulu seperti tetangga Anda dan mintalah feedback dari makanan yang Anda buat.

Baca juga : Ingin Membuka Bisnis Salon di Makassar? Perhatikan 6 Tips ini

3. Usaha katering

Apakah Anda menikmati kegiatan memasak berbagai makanan di rumah? Meskipun bisnis katering bisa memiliki banyak tugas besar, banyak katering rumahan mengelola pesanan untuk acara di akhir pekan seperti acara pernikahan atau ulang tahun.

Bahkan, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk mengkhususkan diri dalam pasar tertentu, seperti jenis acara atau makanan tertentu. Pastikan juga Anda memiliki 1 atau 2 orang terdekat yang membantu, karena nantinya Anda akan membutuhkan bantuan tambahan pada hari acara untuk memastikan semua barang disiapkan dan  disajikan tepat waktu.

Baca juga : Mau Bangun Bisnis Travel di Makassar? Perhatikan Hal 5 ini Terlebih Dulu

4. Koki Pribadi

Mungkin Anda menikmati kegiatan memasak, tetapi tidak ingin mengambil tugas besar melayani kelompok dan tugas besar melalui katering. Pilihan lain adalah menjadi koki pribadi.

Keluarga yang sibuk seringkali tidak memiliki waktu untuk memasak dan mempekerjakan orang lain untuk menciptakan makanan yang seimbang dan sehat bagi mereka.

Banyak koki pribadi memasak dalam jumlah besar dan menentukan menu makanan selama satu minggu untuk klien mereka. Beberapa memasak di rumah klien, sementara yang lain menggunakan jasa pengiriman makanan.

Anda dapat mempertimbangkan untuk mengkhususkan layanan Anda. Misalnya, Anda bisa memasak untuk keluarga dengan kebutuhan khusus, seperti diet atau anggota yang memiliki masalah alergi.

Baca juga : 7 Peluang Bisnis di Kota Makassar yang Wajib Anda Coba

5. Instruktur memasak

Banyak orang berharap mereka memiliki keterampilan di dapur dan bersedia membayar untuk belajar. Seperti pekerjaan kuliner lainnya, instruktur memasak dapat fokus pada area tertentu, seperti kue, cake atau makanan sehat. Jenis usaha ini masih memiliki peluang sukses yang cukup tinggi untuk bisnis  kuliner di Kota Makassar, karena belum banyak yang membuka usaha seperti ini.

Anda dapat melakukan pelatihan kursus memasak di rumah Anda, atau meminta seseorang merekam dan mempostingnya di YouTube atau webiste pribadi. Nantinya Anda akan mendapatkan penghasilan dari iklan di website atau akun Youtube Anda.

Baca juga : 7 Ide Bisnis Terbaik di Kota Makassar yang Wajib Anda Coba

6. Konsultan Nutrisi

Saat ini orang-orang menjadi lebih peduli tentang kesehatan mereka dan peran makanan memainkan peran yang pentinh. Seorang konsultan nutrisi membantu orang lain merancang dan mengikuti rencana makan yang membantu mereka memenuhi tujuan kesehatan mereka.

Beberapa klien mungkin memiliki masalah kesehatan khusus yang harus dihadapi seperti diabetes atau alergi makanan. Yang lain mungkin ingin mengikuti jenis diet tertentu, seperti vegan atau bebas gluten.

Anda mungkin perlu menjadi seorang ahli gizi atau setidaknya pernah mengambil pendidikan ilmu gizi untuk menambah kredibilitas Anda dan tentu membuat tarif Anda lebih tinggi.

Baca juga : 5 Tips Terbaik Mendirikan Bisnis Percetakan di Kota Makassar

7. Vlogger atau blogger kuliner

Salah satu cara tercepat dan termudah untuk mulai menghasilkan uang dari kecintaan Anda pada dunia kuliner adalah melalui blog atau channel youtube kuliner.

Anda dapat membagikan resep Anda melalui teks atau video, dan mempostingnya di blog atau channel youtube, membagikannya di Pinterest dan banyak lagi.

Tidak seperti bisnis kuliner Makkassar lainnya yang berada di bawah peraturan khusus, blog makanan tidak memiliki aturan khusus karena Anda tidak menjual barang makanan. Sebagai gantinya, Anda dapat memperoleh penghasilan melalui berbagai opsi lain seperti pemasaran afiliasi, iklan, atau membuat produk sendiri seperti buku masak.

Baca juga : 5 Tips Terbaik Sebelum Membuka Toko Sepeda di Kota Makassar

Kesimpulan

Itulah beberapa ide bisnis kuliner yang bisa Anda kembangkan di kota Makassar. Ingatlah, Anda harus memiliki keterampilan dan ilmu tentang kuliner yang mumpuni jika ingin membuka bisnis kuliner yang sukses di kota Makassar.

Beberapa diantaranya mengharuskan Anda memiliki sertifikasi untuk menunjang bisnis Anda nantinya, contohnya seperti konsultan nutrisi dan mungkin koki pribadi. Pastikan Anda mempunyai semua hal yang Anda butuhkan agar nantinya Anda tidak kesusahan jika bisnis Anda sudah berjalan.

Salah satu yang dilupakan oleh banyak pemiliki bisnis kuliner adalah melakukan pencatatan pembukuan, padahal hal ini adalah hal yang penting untuk membuat keuangan bisnis terpantau secara optimal.

Jika Anda tidak memiliki keahlian akuntansi dan tidak memiliki waktu untuk melakukan pembukuan manual, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan sesuai kebutuhan bisnis kuliner Anda nantinya seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi online yang bisa Anda gunakan kapan saja dan dimana saja Anda mau. Telah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dan menjadi software akuntansi terbaik yang meraih Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai saat ini.

Jadi apa lagi yang masih Anda ragukan? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :

accurate berhenti membuang waktu