Perhatikan 7 Hal ini Sebelum Membangun Cafe Sukses di Kota Makassar

Prosepek Usaha Cafe di Kota Makassar

Membangun usaha cafe yang sukses di kota besar adalah impian sebagian orang, termasuk di kota Makassar. Kota Makassar sendiri merupakan kota besar yang memiliki demografi dan kultur warganya yang beragam, namun persamaan dari keragaman itu adalah mereka semua suka berkumpul.

Adalah ide yang bagus jika Anda ingin membuka usaha cafe di Kota Makassar. Namun perlu Anda perhatikan: Kota besar tidak hanya menghadirkan peluang lebih besar untuk kesuksesan usaha namun juga kemungkinan besar untuk mengalami kegagalan jika Anda tidak memiliki perencanaan yang matang.

Jadi bagi Anda yang berencana membuka usaha cafe sukses di kota Makassar, Anda bisa membaca beberapa tips di bawah ini dan bisa Anda aplikasikan pada usaha cafe Anda nanti.

Baca juga : Ingin Membuka Bisnis Salon di Makassar? Perhatikan 6 Tips ini

1. Buat rencana bisnis.

Jika cafe Anda ingin sukses di kota makassar yang memiliki persaingan yang ketat, sebaiknya Anda memiliki rencana yang sangat baik. Salah satu langkah pertama untuk mewujudkan impian Anda menjadi kenyataan adalah membuat rencana bisnis yang solid.

Rencana inini harus mencakup perincian tentang apa bisnis Anda, bagaimana Anda berencana untuk mendapat untung, siapa yang nantinya akan menjadi pelanggan Anda, siapa saja yang menjadi pesaing Anda, apa yang membedakannya, bagaimana Anda berencana untuk tumbuh dari waktu ke waktu dan apa tujuan utama cafe Anda.

Rencana yang baik akan membantu membawa kejelasan tidak hanya untuk diri Anda sendiri tetapi juga orang yang nantinya bekerja bersama Anda.

Salah satu cara untuk membuat rencana bisnis yang baik adalah dengan melakukan analisa target pasar yang bisa Anda lihat caranya melalui artikel ini.

Baca juga : Mau Bangun Bisnis Travel di Makassar? Perhatikan Hal 5 ini Terlebih Dulu

2. Cari lokasi yang tepat.

Anda pernah mendengar ini sebelumnya – ini semua tentang lokasi, lokasi, dan lokasi, salalh satu poin penting dalam membangun usaha cafe. Anda dapat memiliki cafe hebat, dengan menu paling menakjubkan dan staf paling ramah – tetapi jika Anda berada di tempat yang tidak banyak orang kunjungi setiap hari, Anda hanya akan kesulitan menemukan pelanggan dan mendapatkan keuntungan

Itu sebabnya, Anda harus mencari tempat yang berlokasi sentral – skenario ideal adalah di mana Anda dapat memiliki kafe yang dekat dengan kantor atau kampus universitas – tempat berkumpulnya orang.

Tetapi berhati-hatilah, menemukan tempat yang sempurna bisa memakan waktu berbulan-bulan. Bahkan jika Anda benar-benar menyukai suatu tempat, luangkan waktu Anda untuk melakukukan survei mendalam – periksa tetangga Anda, pahami pasar dan pikirkan apakah ini akan menguntungkan dalam jangka panjang.

Sebagai permulaan, Anda bisa membaca artikel ini untuk mengetahui lokasi strategis di kota Makassar yang bisa Anda jadikan rujukan dalam membangun bisnis cafe Anda.

Baca juga : Tertarik Membuka Usaha Oleh Oleh di Makassar? Perhatikan hal Berikut

3. Pikirkan pembukuan pada cafe Anda

Kecuali jika Anda seorang ahli keuangan, Anda harus mempertimbangkan untuk mendapatkan seorang akuntan. Saat Anda memulai, akan sangat berguna untuk memiliki seseorang yang dapat membantu Anda dengan berbagai kebutuhan keuangan seperti menyiapkan laporan keuangan, mengelola pajak, dan memberi Anda nasihat keuangan dan bisnis.

Jika biaya Anda belum cukup untuk mempekerjakan seorang profesional, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur yang sesuai kebutuhan cafe dan mudah digunakan oleh orang awam.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online untuk proses pencatatan seluruh transaksi yang masuk dan keluar pada cafe Anda, pencatatan stok, penghitungan aset dan masih banyak lagi fitur Accurate Online yang berguna bagi pengembangan usaha cafe.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan ini.

Baca juga : Tips Sukses Bagi Anda yang Ingin Menjual Kue Khas Makassar

4. Rencanakan pendanaan dan modal Anda.

Tidak peduli berapa banyak penghematan yang Anda hasilkan di rekening bank Anda, Anda harus memikirkan rencana keuangan untuk mendanai kafe Anda.

Beberapa opsinya adalah- Anda dapat berbicara dengan keluarga atau teman dan bertanya apakah mereka ingin berinvestasi dalam bisnis Anda, atau pertimbangkan mengambil pinjaman bisnis atau Anda dapat melakukan kombinasi keduanya.

Apapun pilihannya, seperti yang kami sebutkan di poin nomor satu, Anda akan memerlukan rencana bisnis yang kuat untuk mengetahui dengan tepat berapa banyak investasi yang Anda butuhkan. Anda juga harus melihat program pemerintah yang mungkin bisa Anda gunakan saat memulai bisnis cafe Anda sendiri.

Tips: Saat merencanakan keuangan untuk bisnis Anda, pikirkan juga untuk menutupi pengeluaran Anda sendiri. Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu dan sumber daya pada cafe, terutama di awal pembukaan bisnis. Jadi pastikan Anda memiliki cukup uang untuk operasional bisnis setidaknya selama enam bulan pertama tanpa kehilangan keuntungan.

Baca juga : Tips Mengajukan Pinjaman Dana ke Bank untuk Kembangkan Bisnis

5. Pekerjakan orang yang tepat

Penetapan staf adalah masalah utama yang harus dihadapi semua bisnis kafe dan restoran. Pikirkan tentang hal ini – kafe sering mempekerjakan mahasiswa yang bekerja paruh waktu atau karyawan dengan perjanjian kontrak.

Luangkan waktu Anda untuk memikirkan berapa banyak orang yang Anda butuhkan – apakah Anda memerlukan seseorang di di meja kasit atau apakah Anda akan menangani sendiri pada awalnya? Berapa banyak orang yang secara realistis Anda butuhkan untuk membantu menyiapkan pesanan pelanggan?  Meskipun Anda tidak ingin kekurangan staf, Anda juga tidak ingin mempekerjakan terlalu banyak orang bukan?

Mulai dengan hati hati dan pahami bidang-bidang yang membutuhkan bantuan Anda. Kami bertanya kepada pemilik kafe apa kualitas yang mereka cari di staf mereka. Setengah dari mereka mengatakan ‘orang yang ceria atau bertanggung jawab’. Tetapi jawaban mayoritas yang kami dapatkan berulang kali adalah ‘dapat dipercaya’.

Baca juga : Rahasia Sukses Membuka Toko Komputer di Kota Makassar

6. Buat rencana pemasaran.

Anda tidak bisa menunggu sampai setelah pembukaan kafe Anda untuk memulai halaman Facebook atau Instagram yang mempromosikan bisnis Anda. Anda ingin orang dapat menemukan, mengomentari, dan yang paling penting, meninjau layanan Anda dari aplikasi pemesanan makanan online.

Sangat penting untuk memiliki strategi pemasaran yang efektif sebelum Anda membuka kafe. Anda bisa membangun jaringan dengan bisnis lain di daerah Makassar, beriklan di koran lokal dan memberikan kopi gratis dengan selebaran mempromosikan kafe Anda ke perusahaan sekitar Anda.

Orang di sekitar cafe Anda adalah pelanggan masa depan Anda, jadi pastikan Anda mendapatkan perhatian mereka.

Baca juga : Tips Ampuh Agar Sukses Menjadi Distributor Sembako di Kota Makassar 

7. Bekerjasama dengan pemasok terbaik di Makassar

Yang terakhir adalah menemukan pemasok dari bahan baku yang Anda gunakan di kota Makassar. Contoh bahan baku yang Anda butuhkan adalah seperti kopi, tepung, margarin dan sejenisnya

Cari tahu tempat-tempat dengan produk terbaik seperti kopi, cari tahu dari mana mereka mendapatkan kopi, mintalah sampel kopi dari sebanyak mungkin pemasok, pastikan Anda memulai proses dari memburu biji kopi terbaik hingga memasang peralatan yang paling efisien.

Selalu mencari-cari produk terbaik, jangan lupakan satu hal: ada garis tipis antara harga terbaik dan nilai terbaik, jadi pastikan kedua hal ini seimbang.

satu tips terakhir: orang-orang mendapatkan kenyamanan dari kopi mereka dan menganggapnya sebagai hal rutin yang membuat mereka bersemangat menjalani hari. Jika Anda ingin pelanggan kembali kepada Anda untuk ritual harian penting mereka, sangat penting bahwa kopi mereka rasanya enak dan rasanya sama setiap hari.

Baca juga : 10 Rahasia Sukses Mendirikan Usaha Toko Bangunan di Kota Makassar

Kesimpulan

Itulah beberapa tips yang mungkin bisa Anda aplikasikan sebelum membuka cafe di kota Makassar. Mulai dari perencanaan usaha, lokasi, keuangan, karyawan, sampai pemilihan bahan baku, semua harus berjalan sesuai rencana awal yang telah Anda buat dan tetap konsisten menjalankannya. Jadi, selamat mencoba!

Jika Anda membutuhkan proses pembukuan yang lebih baik untuk usaha cafe atau usaha sejenisnya, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :

accurate fokus pengembangan