Ingin Membuka Bisnis Salon di Makassar? Perhatikan 6 Tips ini

Peluang Bisnis Salon di Kota Makassar

Kecantikan adalah hal yang utama bagi banyak wanita di kota besar, tidak terkecuali kota Makassar. Jika Anda memiliki keterampilan dalam bidang penataan rambut dan kecantikan, membuka bisnis salon di kota Makassar bisa menjadi pilihan bisnis yang bisa Anda kembangkan.

Bahkan, saat ini banyak salon menyediakan layanan tidak hanya untuk perawatan wanita. Ada juga salon untuk anak anak bahkan pria dewasa.

Kota Makassar sendiri merupakan kota besar yang memiliki potensi untuk pengembangan bisnis salon salon yang sukses. Banyaknya tempat strategis dan pusat perbelanjaan cocok bagi Anda yang ingin membuka usaha salon di kota ini.

Namun ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan sebelum membuka salon yang sukses, berikut adalah tips yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membuka usaha salon yang sukses di kota Makassar :

1. Lakukan Riset Pasar

Ketika Anda berencana membuka salon kecantikan di kota Makassar, langkah selanjutnya menentukan target audiens Anda, dan analisis kompetisi. Hasil yang Anda dapatkan dari analisis Anda akan menentukan jenis layanan apa yang diminati dan mana yang tidak diminati.

Ini juga akan membantu Anda mendefinisikan konsep yang akan Anda gunakan pada salon Anda dan membedakan layanan apa yang dapat disediakan salon Anda.

Hal ini akan menarik perhatian calon pelanggan sejak awal pembukaan salon dan menawarkan sesuatu yang tidak dapat ditawarkan oleh salon di area sekitar Anda.

Misalnya: Salon rambut buka setiap hari, tetapi apakah mereka menawarkan layanan panggilan ke rumah? Atau, bagaimana jika semua salon di kota Anda tidak mengizinkan untuk membawa serta anak-anak? Tentunya hal ini sangat  berpengaruh  bagi ibu baru yang ingin merasa dan ingin terlihat cantik,tapi tetap mengasuh anak mereka. Jadilah salon pertama yang menawarkan area bermain di salon Anda.

Jika Anda tidak bisa membedakan layanan salon Anda, pastikan saja Anda memiliki pelayanan yang lebih baik dari kompetitor lainnya.

Baca juga : Mau Bangun Bisnis Travel di Makassar? Perhatikan Hal 5 ini Terlebih Dulu

2. Definisikan Konsep Salon Anda

Apa yang Anda perlukan untuk memulai bisnis salon di kota Makassar selain dari riset pasar? Ketika Anda telah mengetahui siapa klien potensial Anda, apa yang mereka inginkan, dan apa yang ditawarkan oleh salon di daerah Anda, tentu selanjutnya Anda dapat mendefinisikan konsep salon Anda.

Konsumen Anda ingin terlihat lebih cantik setelah ke salon. Mereka juga menginginkan pengalaman yang positif dengan setiap kunjungan. Pikirkan pengalaman saat Anda merasa seperti orang baru setelah potong rambut, atau seperti Anda bertemu dengan teman Anda setelah menyelesaikan perawatan kuku. Itulah yang ingin dirasakan konsumen pada setiap kunjungan ke salon Anda dan itulah yang ingin Anda tawarkan kepada mereka.

Konsep salon Anda lebih dari sekadar desain interior dan layanan yang Anda tawarkan. Ada ruang untuk kreativitas bahkan jika Anda bukan orang yang pertama membuka usaha penataan salon di daerah Anda. Lebih dari itu, Anda harus berkreasi saat membuka bisnis serupa.

Pikirkan konsep hingga detail, seperti warna seragam yang akan dikenakan karyawan Anda, jika ada, dan bagaimana mereka akan menyambut klien. Itulah mengapa penelitian dan analisis audiens target Anda dan kompetisi menjadi prioritas utama. Jadi, Anda dapat menemukan cara untuk menjadi kreatif dan menemukan tren untuk dijadikan mode.

Baca juga : Tertarik Membuka Usaha Oleh Oleh di Makassar? Perhatikan hal Berikut

Konsep Anda juga akan tergantung, sampai batas tertentu, pada jenis salon yang ingin Anda buka. Anda harus tahu pasti jenis apa yang Anda tuju sebelum memulai bisnis salon. Salon dapat diklasifikasikan berdasarkan ukuran relatif ke:

  1. Salon kecantikan sederhana– praktik yang lebih kecil dengan layanan dasar, staf terbatas, dan ruang lebih kecil;
  2. Salon kecantikan besar- praktik berukuran menengah dengan lebih banyak ragam layanan dan berbagai kategori layanan profesional yang memengaruhi harga. Mungkin ada layanan tambahan, seperti menjual minuman organik atau produk perawatan kulit;
  3. SPA & pusat kesehatan – perusahaan yang lebih besar yang menawarkan seluruh spektrum layanan, dari perawatan kuku sederhana hingga operasi plastik. Staf bervariasi dari ahli kecantikan hingga profesional medis;
  4. Franchise– ini adalah jaringan salon atau salon di bawah pemilik atau waralaba yang sama.

Salon juga dapat dikelompokkan berdasarkan kategori harganya:

  1. Ekonomi – hanya menawarkan layanan dasar dan menggunakan produk dari segmen dengan harga lebih rendah. Mereka juga menghemat uang dengan menyewa ruang yang tidak telalu besar;
  2. Bisnis – menawarkan harga kelas menengah tetapi juga kualitas lebih tinggi, memiliki lebih banyak staf profesional yang juga dapat menawarkan saran, konsultasi, dan membantu membuat keputusan;
  3. Premium – jenis bisnis ini terletak di gedung tersendiri, mempekerjakan profesional dengan sertifikat dan menggunakan produk dan teknologi kelas atas;
  4. Mewah – ditujukan untuk klien VIP dengan standar dan kualitas lebih tinggi daripada jenis lainnya. Mereka juga tidak tergantung pada lokasi dan biasanya memiliki tempat parkir sendiri.

Baca juga : 6 Strategi Terbaik Sebelum Membangun Toko Plastik di Kota Makassar

3. Buat Rencana Bisnis dan Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Salah satu langkah pertama untuk membuka salon rambut dengan sukses adalah membuat rencana bisnis. Berikut beberapa kiat yang mungkin ingin Anda pertimbangkan:

  1. Pelajari audiens dan kompetisi Anda (kami telah membahas hal itu pada poin sebelumnya).
  2. Jadilah realistis dalam estimasi keuangan Anda. Bermimpi besar sangat bagus untuk motivasi, tetapi itu bisa mengecewakan Anda dalam rencana bisnis, jadi realistislah!
  3. Berikan fakta mengapa Anda berpikir salon Anda akan sukses. Anda harus percaya pada fakta tersebut.
  4. Jangan membuat klaim kosong.
  5. Jangan gunakan kata sifat atau superlatif yang kuat. Rencana bisnis harus terdengar formal.
  6. Bersikap realistis dengan kerangka waktu untuk rencana Anda.

Juga, jangan lupa tentang dokumen yang perlu Anda persiapkan sebelum memulai bisnis salon Anda sendiri. Anda akan memerlukan seperti surat pendirian usaha atau setidaknya Anda melapor pada pemegang otoritas di daerah Anda.

Baca juga : Tips Ampuh Agar Sukses Menjadi Distributor Sembako di Kota Makassar

4. Pilih Lokasi dan Ruang yang Tepat untuk Salon Anda

Aspek penting apa yang Anda butuhkan untuk membuka salon yang ramai pengunjung? Tentu saja, lokasi yang tepat. Setiap jenis properti mahal untuk dibeli, sehingga sebagian besar pemilik salon kecantikan menyewa ruang mereka.

Beberapa bahkan menyewa tempat di lokasi strategis di pusat kota untuk salon yang lebih besar dan dengan harga yang lebih mahal. Itu semua tergantung pada kemampuan keuangan Anda, konsep, dan rencana masa depan. Ingatlah bahwa:

  1. Lokasi berperan dalam menarik klien: jika mudah dijangkau, bangunan yang mencolok dan mudah dibedakan dari toko lain, calon klien pasti akan menyadarinya.
  2. Pertimbangkan jumlah peralatan dan inventaris yang akan Anda miliki: misalnya, enam kursi akan membutuhkan sekitar 100 meter persegi.
  3. Apakah ada tempat parkir di lokasi Anda? Apakah dapat diakses kursi roda? Itu adalah sesuatu yang akan dihargai oleh klien mana pun, bahkan jika mereka tidak membutuhkannya,n itu akan memengaruhi citra salon Anda secara positif.
  4. Jika Anda akan meningkatkan skala bisnis Anda, pertimbangkan berapa banyak ruang yang akan Anda butuhkan di masa depan: dapatkah Anda memuat lebih banyak kursi? Apakah ada ruangan tambahan yang dapat digunakan untuk layanan lainnya? Apakah Anda akan pindah segera setelah bisnis Anda telah berkembang melebihi target yang telah ditentukan sebelumnya?

Baca juga : 7 Jenis Usaha Rumahan di Kota Makassar yang Wajib Anda Coba

5. Pekerjakan orang yang tepat

Hal penting lain dalam daftar langkah-langkah “Bagaimana memulai bisnis salon di kota Makassar” adalah mempekerjakan karyawan yang tepat.

Hal pertama yang pertama sebagai pemilik saat Anda menjalankan bisnis salon, Anda juga seorang karyawan, terutama jika Anda adalah seorang berpengalaman  dan akan memberikan beberapa layanan kepada klien.

Ingatlah, Anda menjual jasa pada konsumen Anda dan dalam bisnis bidang jasa pelayanan adalah hal utama. Berapapun harga yang Anda berikan jika pelayanan salon Anda buruk maka akan berdampak bagi kelangsungan bisnis Anda.

Pilihlah orang yang berkompeten di bidangnya untuk bekerja bersama Anda, bukan sebagai bawahan Anda. Pastikan mereka memiliki tujuan yang sama dengan Anda yaitu membangun salon yang sukses.

Mungkin sedikit sulit dan memakan waktu untuk menemukan orang yang tepat, namun percayalah melakukan hal ini akan sepadan dengan yang akan Anda dapatkan nantinya.

Baca juga : Perhatikan 6 Hal ini Sebelum Membuka Bengkel di Kota Makassar

6. Lakukan Pencatatan Keuangan

Dalam bisnis apapun, memastikan kesehatan keuangan dalam operasi usaha adalah hal yang penting. Dengan mengetahui laporan keuangan, Anda bisa mengetahui dimana bisnis Anda sekarang, apakah mendapatkan keuntungan atau malah mengalami kerugian.

Lakukankah pencatatan keuangan dengan benar dan sesuai standar untuk memastikan Anda mendapatkan laporan keuangan yang sesuai dengan kenyataan bisnis. Nantinya laporan keuangan bisa menjadi evalaluasi berkelanjutan dalam pengembangan bisnis Anda nantinya.

Jika Anda kesulitan melakukan pencatatan manual, Anda bisa mecoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur yang sesuai kebutuhan bisnis salon Anda dan yang pasti mudah digunakan seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software pembukuan berbasis cloud yang sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pengguna termasuk pemilik usaha salon dan dikembangkan sejak 20 tahun lalu.

Kini Anda bisa melakukan pencatatan transaksi, membuat laporan keuangan, sampai penghitungan aset dan stok lebih mudah dengan Accurate Online.

Jika tertarik Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan berikut ini.

Baca juga : 10 Cara Mengetahui Masalah Bisnis dan Pemecahannya dengan Cepat

Kesimpulan

Itulah beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan sebelum membuka usaha salon di Kota Makassar. Pastikan Anda memiliki perencanaan yang matang, keterampilan yang mumpuni, modal yang cukup, dan juga komitmen dan konsisten dalam pengembangan usaha salon. Bukan tidak mungkin salon Anda nantinya akan sukses dan memiliki banyak cabang.

accurate berhenti membuang waktu