15 Inspirasi Bisnis Yang wajib Anda Coba di Tahun 2020

Ada banyak hal yang diperlukan sebelum Anda memulai sebuah bisnis, salah satunya mencari inspirasi bisnis. Mendapatkan inspirasi bisa darimana saja, dari teman, baca informasi, melihat peluang pasar dan sebagainya.

Ide bisnis dan perencanaan yang matang adalah unsur terpenting dalam membangun usaha yang menguntungkan. Tanpa ide yang baik, bisnis Anda akan serupa dengan bisnis lain dan tidak memiliki nilai lebih. Namun tanpa perencanaan yang matang, bisa dipastikan bisnis Anda tidak akan bertahan lama.

Lalu inspirasi bisnis apa saja yang cocok Anda kembangkan pada tahun 2020 ini, terutama saat ekonomi menghadapi penurunan akibat wabah Covid 19, berikut adalah 15 inspirasi bisnis yang bisa Anda coba untuk bangun.

 

1. Toko Online

Siapa yang tidak kenal dengan toko online? pilihan peluang bisnis dari membuka toko online sangat menjanjikan. Kenapa? Saat ini media digital dan internet menjadi hal yang paling populer dan mudah dilakukan siapa saja.

Dengan mengoptimalkan dan membangun toko online, maka Anda bisa mengenalkan produk  lebih luas ke berbagai segmen.

Tidak bisa membuat website? Anda bisa memasarkan produk Anda melalui marketplace lokal Indonesia seperti Bukalapak, Shoppe atau Tokopedia. Dengan begitu Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk menginput semua data dari produk Anda ke marketplace tersebut.

Download eBook Panduan dan Template Pembukuan Sederhana dengan Excel untuk Bisnis Kecil

2. Catering

Catering merupakan inspirasi bisnis yang selalu berpotensi untuk menguntungkan, kenapa? Karena orang-orang pasti membutuhkan makanan dan camilan sehari-hari. Bahkan jika ada acara yang akan digelar, catering sangat praktis dipesan oleh konsumen agar urusan acara bisa lancar.

Bisnis ini mudah dilakukan dan bisa dilakukan menjadi bisnis rumahan dengan bantuan anggota keluarga. Dalam catering bisa dengan melakukan inovasi menu yang ada untuk ditawarkan, namun pastikan semua makanan yang Anda tawarkan memiliki cita rasa yang baik.

Baca juga: Cara Terbaik Dalam Memulai Usaha Kuliner yang Menguntungkan

3. Franchise

Saat ini franchise sangat marak dan mulai berkembang, menjadi usaha yang mudah pula dilakukan. Biasanya franchise yang laris adalah franchise j yang sudah memiliki nama dan brand produk di mata masyarakat. Sehingga pebisnis yang membuka franchise akan lebih mudah mengembangkan usahanya.

Pilihlah tempat strategis, lakukan perencanaan serta sistem marketing yang baik. Maka bisnis franchise ini bisa berkembang guna mendapatkan omset yang banyak dan membuka peluang kerja baru.

Baca juga: 10 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Nama Brand Pada Bisnis

4. Online Writer

Inspirasi bisnis lainnya bisa dengan memulai menjadi online writer yang mulai dibutuhkan berbagai macam pemilik produk atau platform online. Saat ini pembaca online lebih banyak dan merupakan target konsumen yang potensial, maka sekarang banyak platform online yang menerbitkan tulisannya untuk dinikmati secara online pula.

Mencoba menjadi penulis online bisa dengan bergabung komunitas, seperti blogger, komunitas penulis, freelance writer, content writer dan sebagainya. Hanya dibutuhkan ketekunan dan ide kreatif dalam menulis, sudah mendapatkan pendapatan bulanan yang sangat memuaskan.

5. Dropshiper

Banyaknya perusahaan besar yang memiliki produk tentu membutuhkan jaringan pemasaran. Saat memulai bisnis tidak harus memiliki produk bahkan toko sendiri, cukup menjadi dropshipper juga termasuk hal yang mudah dilakukan.

Bermodalkan smartphone serta proses marketing yang optimal maka Anda sudah bisa menjalankan bisnis dropship ini. Biasanya seorang dropshipper akan mengoptimalkan akun media sosial yang dimilikinya.

Selain praktis dilakukan, Anda tidak perlu menyediakan stok barang atau packing, karena seorang dropshipper hanya membantu proses pemasaran saja. Pada saat terjadi penjualan, produsenlah yang akan melakukan semuanya dan komisi yang diterima dropship bisa di dapatkan segera.

Baca juga: Pengertian Bisnis Dropship dan 8 Cara Menjadi Dropshipper Sukses

inspirasi bisnis 2

6. Jasa Foto Produk

Tidak semua orang yang memiliki produk dan menjualnya memiliki kemampuan untuk melakukan foto produk dengan baik. Sementara itu, kekuatan bisnis adalah pada visualisasi produk yang ditawarkan, maka jasa foto produk membantu para pemilik produk mendapatkan foto yang menarik dan eye catching untuk dilihat konsumen.

Jika Anda memiliki kemampuan fotografi, profesi ini bisa menjadi pilihan. Hanya berbekal kamera, background yang menarik serta keahlian memotret. Akan menghasilkan foto produk terbaik serta mendapatkan penghasilan yang menjanjikan.

7. Pet Shop

Bagi orang yang hobi memelihara hewan, tentu kehadiran pet shop dapaat membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan hewan peliharaannya.

Biasanyapemilik hewan juga membutuhkan jasa perawatan agar hewan peliharaannya terawat dan terjaga kebersihannya. Oleh karena itu, pet shop sangat membantu para pemilik hewan mulai dari penyedia makanan dan perawatan.

Dalam sehari seorang pemilik pet shop bisa mendapatkan keuntungan yang banyak hanya dengan melakukan grooming pada hewan peliharaan pelanggan. Berikan layanan antar jemput atau diskon untuk para pelanggan pet shop dan sediakan produk makanan dan perawatan terlengkap.

Baca juga: Mau Membangun Bisnis Petshop? Berikut Tips Pengembangannya

8. Menjual Produk Ramah Lingkungan

Tren go green saat ini membuka peluang bagi pebisnis untuk menghasilkan produk yang sangat ramah lingkungan. Misalnya saja membuat tas dari plastik bekas, membuat desain hiasan dari karung atau kardus bekas dan pemanfaatan limbah lingkungan yang ada dan dijadikan produk baru yang unik serta menarik.

Biasanya masyarakat akan tertarik dengan hal baru dan ramah lingkungan ini, bahkan jenis bisnis ini bisa berpotensi menembus pasar export karena biasanya konsumen luar negeri lebih memiliki kesadaran memakai produk ramah lingkungan.

Baca juga: 10 Jenis Usaha Kecil yang Menguntungkan di Desa yang Wajib Anda Coba

9. Trainer Online Untuk Kursus Online

Pemanfaatan teknologi digital dipadukan dengan internet yang ada saat ini bisa membuka peluang kursus secara daring atau online.

Jika Anda memiliki keahlian bahasa asing atau memasak maka cobalah untuk membuka kursus online. Tentunya ini bisa dilakukan dimana saja dan jadwal bisa menyesuaikan pelanggan yang tertarik dengan kursus online.

Bisa juga dengan membuka les private kursus secara online bahkan memiliki peluang menjangkau anak SD hingga SMA. Gunakan media sosial untuk memperkenalkan jasa kursus online dengan memberikan promo menarik.

10. Laundry

Inspirasi bisnis lainnya yaitu usaha laundry yang bisa dijalankan hanya dari rumah dan mudah dilakukan. Untuk memulai bisnis laundry perlu mencari supplier parfum pakaian khusus laundry, sabun dan sebagainya. Sehingga nantinya pelanggan akan merasa puas dengan hasil laundry, tidak hanya rapi dan bersih saja tapi juga sangat wangi.

Jika ingin memberikan layanan yang lebih baik bisa dengan memberikan layanan pesan antar yang dilakukan. Selanjutnya berikan promo pada pelanggan, hal ini dilakukan guna menarik minat konsumen baru. Sehingga bisa meraih omset laundry yang lebih banyak lagi serta bisnis semakin berkembang.

Baca juga: Klasifikasi Produk: Pengertian dan Pembagian Tingkatannya Berdasarkan Jenisnya

11. Sewa Pakaian

Bisnis sewa pakaian juga bisa menjadi alternatif yang bisa dijalankan, biasanya yang ditawarkan adalah bisnis pakaian adat, pernikahan, kostum dan sebagainya.

Bagi penyelenggara event, menyewa pakaian adalah hal yang praktis dilakukan agar personel event memiliki seragam yang sama dalam waktu cepat.

Saat ada hari nasional atau hari pernikahan maka sewa pakaian menjadi hal penting yang dilakukan. Selain praktis, menyewa pakaian merupakan solusi terbaik untuk memenuhi standar yang sempurna saat ditampilkan.

Baca juga: 15 Bisnis Rumahan Modal Kecil Untung Besar yang Wajib Dicoba

12. Sewa Perlengkapan Mendaki Gunung

Saat ini mendaki gunung telah menjadi kegiatan dan hobi banyak orang. Tentunya bagi yang hobi mendaki, maka dibutuhkan perlengkapan mendaki gunung yang lengkap.

Namun jika Anda membeli semua perlengkapan tersebut tentu terasa mahal, maka solusinya yaitu dengan menyewa perlengkapan mendaki.

Ini adalah peluang bagi Anda yang membuka jasa sewa perlengkapan mendaki yang sedang tren akhir akhir ini. Modal awal memang harus menyediakan perlengkapan yang lengkap untuk para pendaki dan pastikan juga tarif yang diberikan sesuai standar. Jika mulai musim liburan atau weekend, omset biasanya naik dan sangat menguntungkan pemilik persewaan.

13. Tour Guide

Jika punya minat di bidang public speaking, maka tour guide bisa dipilih sebagai inspirasi bisnis yang dijalankan. Tour guide dibutuhkan oleh wisatawan luar daerah yang sedang berkunjung ke tempat wisata di kota tertentu.

Tidak hanya itu, wisatawan asing pun biasanya membutuhkan tour guide untuk memperlancar perjalanan travelingnya.

Hanya dibutuhkan modal pengetahuan yang lengkap tentang suatu tempat wisata dan bahasa asing yang dikuasai. Seorang tour guide akan mendapatkan tip dari pengguna, jika pengguna sangat puas maka akan memberikan fee yang lebih banyak.

14. Jualan E-Book

Elektronik book saat ini sangat tren, selain lebih murah dari buku cetak juga praktis dan bisa berada di perangkat elektronik. Penggunaannya juga untuk dibawa kemana saja dan dibaca kapan saja lebih simple. Maka menjual e-book bisa menjadi bisnis yang menjanjikan dan meraih keuntungan.

Optimalkan media sosial untuk promosi jualan e-book serta berikan tips menarik kenapa harus memilih e-book. Berikan variasi yang banyak pada e-book yang diproduksi agar banyak pilihan konsumen.

15. Jual Buku

Menjual buku saat ini pun bisa menjadi inspirasi bisnis selanjutnya yang mudah dijalankan. Banyak orang saat ini membutuhkan buku bacaan yang menarik terutama untuk anak-anaknya. Atau buku pelajaran untuk keperluan sekolah dan kuliah yang akan digunakan.

Bahkan jika dilakukan dengan baik, maka bisa melakukan kerjasama dengan berbagai penerbit yang ada. Sehingga pebisnis tinggal melakukan promosi saja tanpa harus menyetok bukunya sendiri. Berikan layanan bahwa buku yang dibutuhkan konsumen bisa diusahakan ready dan bisa didapatkan.

Baca juga: Kegiatan Konsumsi: Pengertian, Ciri-Ciri, Contoh, dan Tujuannya

Kesimpulan

Dengan adanya 15 Inspirasi bisnis ini yang mudah dilakukan dan bisa menghasilkan omset menjanjikan. Maka selanjutnya tinggal menjalankan usaha dengan berbagai macam cara serta persiapan dan pengembangan yang terbaik.

Jika usaha Anda sudah berjalan, pastikan juga Anda melakukan pencatatan pada seluruh transaksi, baik itu penjualan dan pembelian pada usaha Anda pada sistem pembukuan yang sesuai standar agar bisa dengan mudah memantau keuntungan dan juga mengevaluasi setiap pos pengeluaran yang mungkin terjadi pemborosan.

Kesulitan dengan pembukuan manual? Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk kemudahan proses pembukuan dan operasional bisnis Anda.

Pastikan Anda memilih accounting software yang mudah digunakan, harga terjangkau dan juga sesuai dengan kebituhan bisnis Anda, salah satunya adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi buatan Indonesia yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Anda juga bisa menggunakan Accurate Online untuk kemudahan pembukuan usaha secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 1