Apa itu Pricing Objective? Ini Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

oleh | Jun 22, 2023

source envato.

Apa itu Pricing Objective? Ini Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

Agar bisa memastikan perkembangan sebuah bisnis, maka diperlukan strategi yang sangat matang. Salah satu strategi tersebut adalah dengan cara membuat pricing objectives yang tepat.

Meskupun memang faktor keuntungan memiliki peran yang sangat penting, tapi pricing objectives yang tepat juga tetap memberikan faktor yang penting dalam perkembangan bisnis.

Sebuah bisnis tidak bisa asal dalam menentukan harga dan hanya akan mementingkan keuntungan. Diperlukan tujuan yang jelas, kejujuran, dan juga pertimbangan yang tepat.

Untuk itu, pahami pricing objectives secara mendalam dengan membaca artikel di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Pricing Objectives

accurate.id Pengertian Pricing Objective

Berdasarkan laman Wikipedia, pricing objective merujuk pada tujuan atau target yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan dalam menentukan harga produk atau layanan mereka. Pricing objective ini dapat bervariasi tergantung pada strategi bisnis perusahaan, keadaan pasar, dan tujuan jangka panjang yang ingin dicapai.

Berikut adalah beberapa contoh umum dari pricing objective:

  1. Maksimalkan laba: Tujuan ini bertujuan untuk mencapai tingkat keuntungan maksimum dengan menetapkan harga yang tinggi atau dengan mengurangi biaya produksi.
  2. Maksimalkan pangsa pasar: Perusahaan berusaha mendominasi pasar dengan menetapkan harga yang lebih rendah untuk menghasilkan penjualan yang tinggi dan menarik lebih banyak pelanggan.
  3. Penetrasi pasar: Tujuan ini bertujuan untuk memasuki pasar dengan harga yang rendah untuk menarik pelanggan baru dan memperoleh pangsa pasar yang lebih besar.
  4. Mempertahankan pangsa pasar: Perusahaan ingin mempertahankan pangsa pasar yang ada dengan menetapkan harga yang kompetitif atau dengan memberikan nilai tambah kepada pelanggan.
  5. Membangun brand image: Tujuan ini fokus pada menetapkan harga yang mendukung brand image perusahaan, misalnya, harga yang premium untuk mencerminkan kualitas tinggi.

Baca juga: Apa itu Bundle Pricing? Ini Pengertian, Kelebihan, Jenis, dan Contoh Penerapannya

Tujuan Dilakukannya Pricing Obejective

accurate.id-Tujuan Dilakukannya Pricing Obejective

Dirangkum dari laman Hubspot, berikut ini adalah beberapa tujuan dari pricing objective:

  1. Maksimalkan laba: Tujuan ini mencakup strategi untuk mencapai tingkat keuntungan maksimum dengan menetapkan harga yang tinggi atau dengan mengurangi biaya produksi.
  2. Maksimalkan pangsa pasar: Tujuan ini bertujuan untuk mendominasi pasar dengan menetapkan harga yang lebih rendah untuk menghasilkan penjualan yang tinggi dan menarik lebih banyak pelanggan.
  3. Penetrasi pasar: Tujuan ini mencakup strategi untuk memasuki pasar dengan harga yang lebih rendah untuk menarik pelanggan baru dan memperoleh pangsa pasar yang lebih besar.
  4. Mempertahankan pangsa pasar: Tujuan ini bertujuan untuk mempertahankan pangsa pasar yang ada dengan menetapkan harga yang bersaing atau dengan memberikan nilai tambah kepada pelanggan.
  5. Membangun brand image: Tujuan ini fokus pada menetapkan harga yang mendukung brand image perusahaan, misalnya, harga yang premium untuk mencerminkan kualitas tinggi.
  6. Kelangsungan bisnis: Tujuan ini melibatkan menetapkan harga yang cukup untuk menutupi biaya produksi dan memastikan kelangsungan bisnis jangka panjang.
  7. Memaksimalkan nilai pelanggan: Tujuan ini mencakup menetapkan harga yang memberikan nilai terbaik kepada pelanggan, termasuk kualitas produk, layanan pelanggan, dan manfaat tambahan.
  8. Stabilisasi harga: Tujuan ini melibatkan menjaga harga tetap stabil untuk menghindari fluktuasi harga yang berlebihan yang dapat mempengaruhi pelanggan dan margin keuntungan.

Kemungkinan, setiap perusahaan memiliki kombinasi dari beberapa pricing objective tergantung pada kondisi pasar, segmen pelanggan, dan tujuan jangka panjang yang ingin dicapai.

Baca juga: Apa itu Value Based Pricing? Ini 4 Komponen Penting di Dalamnya!

Manfaat dan Peran Penting dari Pricing Objective

accurate.id-Manfaat dan Peran Penting dari Pricing Objective

Pricing objective memiliki manfaat dan peran penting dalam strategi pemasaran dan keseluruhan keberhasilan bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat dan peran penting dari pricing objective:

1. Mengarahkan strategi harga

Pricing objective dapat membantu perusahaan dalam menentukan strategi harga yang tepat. Tujuan yang jelas ini akan membantu perusahaan dalam mengidentifikasi apakah perusahaan perlu menetapkan harga yang tinggi untuk memaksimalkan laba, harga yang rendah untuk menarik pelanggan baru, atau harga yang kompetitif untuk mempertahankan pangsa pasar.

2. Mengoptimalkan laba

Pricing objective yang ditetapkan dengan benar akan dapat membantu perusahaan dalam mencapai tingkat laba yang optimal. Dengan menetapkan tujuan untuk memaksimalkan laba, perusahaan dapat merencanakan harga produk atau layanan mereka dengan mempertimbangkan biaya produksi, permintaan pasar, dan tingkat persaingan.

3. Mengarahkan segmentasi pasar

Pricing objective membantu perusahaan dalam mengarahkan segmentasi pasar dan penargetan pelanggan. Misalnya, jika tujuan perusahaan adalah membangun brand image premium, harga yang ditetapkan akan ditujukan untuk segmen pasar yang siap membayar harga lebih tinggi untuk kualitas atau eksklusivitas yang lebih tinggi.

4. Mengelola persaingan

Pricing objective memainkan peran penting dalam mengelola persaingan di pasar. Dengan mempertimbangkan pricing objective yang tepat, perusahaan dapat menetapkan harga yang sesuai dengan tingkat persaingan dan memastikan bahwa produk atau layanan mereka tetap menarik bagi pelanggan.

5. Meningkatkan keputusan pembelian pelanggan

Pricing objective yang jelas dan tepat dapat membantu pelanggan dalam membuat keputusan pembelian. Harga yang rasional dan sesuai dengan nilai yang diberikan oleh produk atau layanan dapat membantu meningkatkan minat dan kepercayaan pelanggan.

6. Mengarahkan penyesuaian harga

Pricing objective juga membantu dalam mengarahkan keputusan penyesuaian harga. Jika perusahaan ingin mempertahankan pangsa pasar atau menarik pelanggan baru, mereka dapat menggunakan strategi penyesuaian harga seperti diskon, penawaran bundling, atau penjualan musiman.

7. Menilai keberhasilan dan performa

Pricing objective dapat digunakan sebagai tolok ukur keberhasilan dan kinerja perusahaan dalam mencapai tujuan mereka. Dengan memantau dan mengevaluasi pencapaian pricing objective, perusahaan dapat mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengoptimalkan hasil.

Pricing objective memainkan peran penting dalam mengarahkan strategi harga perusahaan, mengoptimalkan laba, mengelola persaingan, dan mencapai tujuan bisnis jangka panjang.

Baca juga: Cost Plus Pricing, Strategi Penetapan Biaya dengan Banyak Kelebihan

Penutup

Jadi, pricing objective adalah tujuan atau target yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan dalam menentukan harga produk atau layanan mereka. Pricing objective ini memiliki peran dan manfaat penting dalam strategi pemasaran dan keberhasilan bisnis.

Pricing objective juga akan membantu perusahaan dalam menentukan strategi harga yang tepat sesuai dengan tujuan bisnis mereka.

Tujuan harga yang jelas dan tepat dapat membantu perusahaan mencapai tingkat laba yang optimal, mengarahkan segmentasi pasar dan penargetan pelanggan, memainkan peran penting dalam mengelola persaingan di pasar, meningkatkan keputusan pembelian pelanggan, mengarahkan keputusan penyesuaian harga dan strategi penjualan,  sebagai tolok ukur keberhasilan dan kinerja perusahaan dalam mencapai tujuan bisnis mereka.

Dengan mempertimbangkan pricing objective secara baik, perusahaan dapat merencanakan harga produk atau layanan mereka secara efektif, memaksimalkan laba, meningkatkan keputusan pembelian pelanggan, dan mencapai tujuan jangka panjang yang diinginkan.

Namun bila Anda masih kesulitan dalam menentukan harga produk bisnis Anda, cobalah menggunakan Accurate Online. Software akuntansi dan bisnis ini mampu membantu Anda dalam menetapkan harga produk. Aplikasi ini juga akan mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran bisnis Anda secara otomatis.

Lebih dari itu, Accurate Online juga mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat.

Penasaran dengan Accurate Online? Klik tautan gambar di bawah ini untuk mencobanya selama 30 hari langsung, Gratis.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

12 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Natalia

Artikel Terkait