Pengertian Product-Led Growth, Manfaat, dan 4 Pilar Utamanya

oleh | Jun 28, 2023

source envato.

Pengertian Product-Led Growth, Manfaat, dan 4 Pilar Utamanya

Perlu Anda ketahui bahwa product-led growth adalah salah satu strategi bisnis yang saat ini semakin popluer, terlebih lagi di dalam produk SaaS (Software as a Service), seperti Zoom, Spotify, Netflix, dll. Berbagai brand tersebut saat ini menggunakan strategi product-led growth di dalam produknya.

Strategi ini banyak digunakan karena banyak faktor, seperti adanya perubahan yang massal dalam hal permintaan pelanggan dan persediaan pasar. Dalam hal ini, perubahan yang dimaksud tersebut adalah konsumen yang makin mengingingkan produk agar bisa mempermudah kehidupan mereka sehari-hari.

Baca terus artikel tentang product led-growth di bawah ini untuk mengetahui pengertian lengkap, manfaat, dan pilar yang membangunnya.

Pengertian Product-Led Growth

accurate.id-Pengertian Product-Led Growth

Berdasarkan laman ProductLed, PLG atau product-led growth adalah strategi mengembangkan bisnis yang menempatkan produk sebagai penggerak utama dalam memperoleh, mempertahankan, dan memperluas pangsa pasar.

Pendekatan ini lebih melibatkan penggunaan produk itu sendiri untuk menciptakan perkembangan yang organik, menarik pelanggan baru, dan mendorong adoption yang lebih luas.

Dalam metode ini, produk yang kuat dan memiliki performa baik dianggap sebagai channel utama untuk memperoleh pengguna baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Product-led growth berbeda dari model perkembangan tradisional yang mengandalkan penjualan atau direct marketing.

Pendekatan ini memungkinkan perusahaan untuk mengurangi biaya akuisisi pelanggan atau customer acquisition cost dan mempercepat siklus penjualan dengan mengandalkan nilai intrinsik produk untuk menarik pengguna baru dan membangun keterlibatan yang berkelanjutan.

Baca juga: Pengertian Product Insight dan Manfaatnya yang Mampu meningkatkan Kualitas Produk

Manfaat Product-led Growth

accurate.id-Manfaat Product-led Growth

Product-led growth atau PLG memiliki beberapa manfaat yang signifikan bagi perusahaan. Dirangkum dari laman Hubspot, berikut adalah beberapa manfaat dari product-led growth:

1. Perkembangan organik yang cepat

Pendekatan product-led growth memungkinkan perusahaan untuk mencapai perkembangan organik yang lebih cepat dengan mengandalkan daya tarik produk itu sendiri.

Dengan memberikan pengalaman pengguna yang baik, produk dapat menarik pengguna baru dan merangsang pertumbuhan secara viral melalui rekomendasi dan undangan pengguna yang sudah ada.

2. Biaya akuisisi pelanggan yang lebih rendah

Dengan fokus pada pengalaman pengguna, product-led growth mampu mengurangi biaya akuisisi pelanggan atau customer acquisition cost. Dibandingkan dengan strategi pemasaran tradisional yang mengandalkan tim sales dan marketing, metodei ini memungkinkan perusahaan untuk mencapai pertumbuhan dengan biaya yang lebih minim.

3. Meningkatkan retensi pelanggan

PLG akan mendorong penggunaan secara mandiri dan memberikan nilai yang lebih jelas kepada pelanggan. Dengan pengalaman pengguna yang lebih baik, produk yang kuat, dan penawaran freemium yang menarik, perusahaan dapat meningkatkan retensi pelanggan dan meningkatkan konversi ke pelanggan berbayar.

4. Pengembangan produk yang lebih baik

Pendekatan product-led growth memungkinkan perusahaan untuk terus-menerus memperbaiki dan mengembangkan produk berdasarkan feedback pengguna.

Dengan adanya interaksi langsung antara pengguna dan produk, perusahaan dapat memperoleh informasi yang penting tentang kebutuhan pengguna dan mengarahkan pengembangan produk ke arah yang lebih tepat.

5. Skala yang lebih cepat

PLG dapat membantu perusahaan untuk mencapai skala yang lebih cepat dengan memanfaatkan pertumbuhan secara organik dan mendorong viralitas.

Dalam metode ini, pengguna yang sudah ada dapat menjadi memicu pertumbuhan dengan cara merekomendasikan produk kepada orang lain, yang dapat mempercepat penyebaran produk ke pasar yang lebih luas.

Baca juga: Pengertian Product Metrics, Contoh, dan Beberapa Jenisnya yang Harus Anda Hindari

Pilar Pembentuk Product-led Growth

Pilar Pembentuk Product-led Growth

Terdapat beberapa pilar utama yang membentuk product-led growth (PLG). Berikut adalah beberapa pilar pembentuk PLG, seperti yang disadur dari laman Getcorrelated:

1. Pengalaman Pengguna yang Luar Biasa

Fokus utama dalam product-led growth adalah memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa. Produk harus lebih mudah digunakan, intuitif, dan memberikan nilai yang jelas kepada pengguna.

Dengan memberikan pengalaman pengguna secara baik, perusahaan dapat meningkatkan penggunaan produk dan memperoleh pelanggan yang setia.

2. Model Bisnis Freemium

Model bisnis freemium menjadi salah satu pilar penting dalam product-led growth. Dalam metode ini, perusahaan akan menawarkan versi dasar produk secara gratis kepada pengguna dengan opsi untuk meningkatkan ke versi berbayar dengan fitur tambahan atau kapasitas yang lebih besar.

Model bisnis freemium memungkinkan perusahaan untuk menarik pengguna lebih banyak, membangun keterlibatan, dan meningkatkan konversi ke pelanggan berbayar.

3. Self-Service Adoption

Self-Service adoption adalah pilar penting dalam product-led growth. Perusahaan harus memastikan bahwa pengguna dapat dengan mudah menerapkan dan menggunakan produk tanpa adanya keterlibatan langsung dari tim sales atau marketing.

Hal ini mencakup desain onboarding yang efisien, dokumentasi yang jelas, dan dukungan pelanggan yang tepat agar pengguna bisa memanfaatkan produk secara langsung.

4. Meningkatkan Peluang Word-of-Mouth

Word of mouth menjadi pilar penting dalam PLG. Produk harus dirancang dengan berbagai fitur yang memungkinkan pengguna untuk berbagi, mereferensikan, atau mengundang orang lain untuk bergabung.

Dengan memanfaatkan hal ini, perusahaan bisa mendapatkan pengguna baru melalui pengguna yang sudah ada, memperluas jangkauan produk, dan mencapai pertumbuhan organik yang cepat.

Baca juga: Pengertian Produk: Jenis, Tingkatan, dan Konsep Produksi Menurut Ahlinya

Kesimpulan

Product-led growth atau PLG adalah strategi perkembangan bisnis yang mampu menempatkan produk sebagai penggerak utama dalam memperoleh, mempertahankan, dan memperluas pangsa pasar.

Pendekatan ini melibatkan penggunaan produk itu sendiri untuk menciptakan pertumbuhan secara organik, menarik pelanggan baru, dan mendorong penggunaan yang lebih luas.

Beberapa manfaat dari PLG adalah pertumbuhan organik yang cepat, biaya akuisisi pelanggan yang lebih rendah, meningkatlan retensi pelanggan, mengembangkan produk yang lebih baik, dan meningkatkan skala yang lebih cepat.

Pilar-pilar yang membentuk PLG ini adalah pengalaman pengguna yang lebih baik, model bisnis freemium, self-service adoption, dan mendorong adanya word of mouth.

Dengan fokus pada pengalaman pengguna yang lebih baik, memberikan nilai yang jelas, dan memungkinkan penggunaan secaraa mandiri, perusahaan dapat memperoleh pengguna baru, mempertahankan pelanggan, dan mencapai pertumbuhan organik yang cepat.

PLG telah menjadi pendekatan yang populer dalam dunia bisnis, terutama dalam industri software sebagai layanan (SaaS) dan produk teknologi.

Dengan pendekatan ini, perusahaan dapat mengoptimalkan penggunaan produk untuk mendorong adanya perkembangan, mengurangi biaya akuisisi pelanggan, dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.

Namun, hal tersebut tetap harus didukung dengan pengelolaan bisnis yang efektif dan efisien. Caranya adalah dengan menstrasformasikan bisnis secara digital dengan menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online

Aplikasi yang sudah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan, melakukan jual-beli perusahaan, mengelola persediaan barang digudang, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apa lagi? Gunakan Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

bisnisukmbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Download Template Pembukuan Bisnis

Template pembukuan untuk bisnismu dengan format Excel.

Natalia
Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait