Pengertian Product Insight dan Manfaatnya yang Mampu meningkatkan Kualitas Produk

oleh | Jun 27, 2023

source envato.

Pengertian Product Insight dan Manfaatnya yang Mampu meningkatkan Kualitas Produk

Dewasa ini, product insight telah menjadi salah satu aspek terpenting dalam kesuksesan pengembangan produk. Kenapa? Karena kumpulan data yang satu ini mampu membantu perusahaan untuk bisa memahami kebutuhan pelanggannya.

Selain itu, nantinya perusahaan juga bisa mendapatkan pengetahuan tentang kelebihan dan juga kekurangan produk dengan berdasarkan insight yang satu ini.

Lalu, apa itu product insight? Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk bisa memperoleh berbagai data tersebut? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang product insight di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Product Insight

accurate.id-Pengertian Product Insight

Berdasarkan laman Chisellabs, product insight adalah pemahaman mendalam tentang produk atau layanan yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Di dalamnya akan banyak melibatkan analisis dan penelitian terhadap data dan informasi yang terkait dengan produk tersebut, termasuk fitur, kinerja, fungsi, kepuasan pengguna, dan tren pasar.

Product insight mampu membantu perusahaan dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan produk, serta memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan.

Baca juga: Apa itu Time to Value? Ini Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Tips Jitu

Cara Mendapatkan Product Insight

accurate.id-Cara Mendapatkan Product Insight

Untuk mendapatkan product insight, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Mengumpulkan dan menganalisis data pengguna

Kumpulkanlah data dari berbagai sumber, seperti interaksi pengguna, perilaku pengguna, feedback pengguna, dan data demografis. Analisis data ini akan memberikan informasi penting tentang cara mereka dalam menggunakan produk, masalah yang mereka hadapi, dan kebutuhan yang belum terpenuhi.

2. Melakukan riset pasar

Lakukanlah riset pasar untuk memahami tren industri, persaingan, dan preferensi pelanggan. Penelitian ini dapat mencakup survei, wawancara, atau analisis kompetitor. Dengan melakukan riset pasar, maka perusahaan akan terbantu dalam memahami pangsa pasar produk dan kebutuhan pelanggan yang saat itu sedang berkembang.

3. Melakukan uji produk

Lakukan juga uji produk atau uji pengguna untuk mendapatkan feedback langsung tentang pengalaman mereka dalam menggunakan produk. Uji ini dapat dilakukan melalui prototipe, wawancara pengguna, atau pemantauan perilaku pengguna secara langsung.

4. Menerapkan alat analitik

Gunakanlah tools analitik seperti analitik produk atau platform analitik tertentu untuk menganalisis data pengguna secara mendalam. Tools ini akan membantu perusahaan dalam mengidentifikasi pola, tren, dan penggunaan produk yang dapat memberikan informasi terkait kelebihan dan kelemahan produk.

Baca juga: Pengertian Product Metrics, Contoh, dan Beberapa Jenisnya yang Harus Anda Hindari

Manfaat Product Insight

accurate.id Manfaat Product Insight

Product insight memiliki beberapa manfaat yang besar, yaitu:

1. Pengembangan Produk yang Lebih Baik

Dengan adanya pemahaman mendalam tentang penggunaan produk, preferensi pelanggan, dan kebutuhan yang belum terpenuhi, perusahaan dapat mengarahkan pengembangan produk mereka dengan lebih baik.

Product insight juga akan perusahaan membantu dalam merancang fitur dan fungsionalitas yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, meningkatkan kinerja produk, dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

2. Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Informasi yang diperoleh melalui product insight akan sangat membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih informasional dan berdasarkan data.

Dengan memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan produk, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih tepat terkait strategi pemasaran, peningkatan produk, pengoptimalan harga, dan pengembangan pasar.

3. Identifikasi Peluang Pasar

Melalui analisis product insight, perusahaan dapat mengidentifikasi peluang baru di pasar. Mereka dapat menemukan celah dalam pasar yang belum terpenuhi atau melihat tren dan permintaan baru yang muncul. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan produk atau fitur baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang.

4. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dengan memahami penggunaan produk dan kebutuhan pelanggan, perusahaan dapat mengoptimalkan produk mereka untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Dengan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, menangani masalah yang sering terjadi, dan memperbaiki fitur yang kurang memadai, perusahaan dapat memperoleh kepercayaan pelanggan dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan mereka.

5. Daya Saing yang Lebih Baik

Dalam dunia bisnis yang sangat kompetitif, product insight mampu memberikan keunggulan kompetitif. Dengan memahami produk dan pengguna secara lebih baik daripada pesaing, perusahaan dapat mengembangkan strategi yang lebih efektif, menghadirkan inovasi yang berbeda, dan memperoleh kepercayaan pelanggan.

Baca juga: Apa itu Product Discovery? Ini Pengertian, Manfaat, dan Tahapan Penting dalam Melakukannya

Cara Memaksimalkan Product Insight

accurate.id-Cara Memaksimalkan Product Insight

Untuk memaksimalkan product insight, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Membangun Sistem Monitoring dan Pengukuran yang Tepat

Pastikan Anda memiliki sistem monitoring yang kuat untuk mengumpulkan data pengguna secara teratur. Anda bisa menggunakan beberapa alat analitik seperti Google Analytics, Mixpanel, atau platform analitik khusus produk. Pastikan juga Anda bisa mengumpulkan data yang relevan dan dapat diandalkan untuk menganalisis perilaku pengguna.

2. Menggabungkan Sumber Data

Gabungkan data dari berbagai sumber, termasuk analitik produk, data pelanggan, umpan balik pengguna, dan penelitian pasar. Integrasi data ini akan memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang penggunaan produk dan preferensi pelanggan.

3. Menganalisis dan Visualisasi Data

Gunakanlah tools analitik dan visualisasi data untuk menganalisis data yang sudah dikumpulkan. Lakukanlah identifikasi terkait pola, tren, dan informasi yang relevan tentang penggunaan produk, perilaku pengguna, serta preferensi pelanggan. Visualisasi data ini dapat membantu perusahaan dalam memahami data secara lebih intuitif dan mempermudah komunikasi hasil kepada tim.

4. Menggunakan Metode Kualitatif

Selain data kuantitatif, lakukan juga penelitian kualitatif seperti wawancara pengguna, observasi langsung, atau studi kasus. Metode kualitatif ini membantu dalam memahami konteks penggunaan produk, kebutuhan yang tidak terungkap melalui data kuantitatif, dan membantu mengidentifikasi masalah yang mungkin belum terdeteksi.

5. Kolaborasi Tim Lintas Departemen

Libatkan tim dari departemen lain,  seperti pemasaran, pengembangan produk, desain, dan dukungan pelanggan dalam melakukan analisis product insight. Dengan kolaborasi yang solid, perusahaan dapat memperoleh perspektif yang beragam dan mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang produk.

6. Melakukan A/B Testing dan Eksperimen

Lakukanlah A/B Testing dan eksperimen untuk menguji perubahan atau fitur baru dalam produk. Uji coba ini akan memungkinkan Anda untuk melihat dampak langsung dari perubahan tersebut dan mendapatkan informasi yang lebih akurat tentang bagaimana perubahan tersebut mempengaruhi perilaku pengguna.

7. Melakukan Iterasi Produk Berkelanjutan

Gunakanlah product insight untuk melakukan iterasi produk secara berkelanjutan. Berdasarkan informasi yang diperoleh, lakukanlah perbaikan, penyesuaian, dan pengembangan produk secara kontinyu untuk memenuhi kebutuhan pengguna dan memperbaiki pengalaman mereka.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memaksimalkan product insight dan menghasilkan pemahaman yang lebih mendalam tentang produk Anda dan penggunaannya.

Baca juga: Pengertian Produk: Jenis, Tingkatan, dan Konsep Produksi Menurut Ahlinya

Penutup

Product insight adalah pemahaman yang mendalam tentang produk atau layanan yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Dengan melakukan pengumpulan dan analisis data pengguna, riset pasar, uji produk, dan penerapan tools analitik, perusahaan dapat memperoleh informasi pentinga tentang penggunaan produk, preferensi pelanggan, dan tren pasar.

Manfaat dari product insight adalah bisa mengembangkan produk secara lebih baik, pengambilan keputusan yang lebih baik, identifikasi peluang pasar, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan keunggulan kompetitif.

Untuk memaksimalkan product insight, Anda harus membangun sistem monitoring dan pengukuran yang kuat, menggabungkan sumber data, menganalisis dan melakukan visualisasi data, menggunakan metode kualitatif, kolaborasi tim lintas departemen, melakukan A/B testing dan eksperimen, serta melakukan iterasi produk secara berkelanjutan.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda bisa memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang produk  dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Namun, produk yang baik ini harus di dukung dengan adanya bentuk pengelolaan bisnis yang efektif dan efisien. Nah, untuk mempermudahnya, Anda sebagai pebisnis bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena aplikasi berbasis online ini akan membantu seluruh proses bisnis Anda, dari mulai membuat laporan keuangan, mengelola persediaan barang, melakukan jual-beli, dan masih banyak lagi.

Klik tautan gambar di bawah ini untuk mencobanya langsung selama 30 hari, Gratis!

bisnisukmbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Download Template Pembukuan Bisnis

Template pembukuan untuk bisnismu dengan format Excel.

Natalia
Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait