Mengenal Seasonal Product dan 3 Manfaatnya untuk Strategi Sales
Sebagian dari Anda pasti sudah pernah melihat beberapa produk baju, makanan, atau minuman yang hanya dijual dalam kurun waktu tertentu atau memiliki sifat terbatas.
Hal tersebut adalah dikenal dengan sebutan seasonal product.
Berbagai produk ini umumnya akan mencuri perhatian dan akan selalu dinanti-nanti setiap tahun, khususnya untuk para konsumen yang loyal pada suatu brand.
Nah, pada penjelasan kali ini kami akan memberikan penjelasan tentang seasonal product dan manfaatnya untuk strategi sales.
Daftar Isi
Apa itu Seasonal Product?
Seasonal product adalah produk dengan kuantitas yang terbatas karena hanya akan ada pada waktu tertentu dalam kurun waktu satu tahun.
Seperti yang sudah dijelaskan di awal, biasanya produsen brand makanan, minuman dan pakaian, akan selalu mengeluarkan seasonal product setiap tahun agar bisa meningkatkan penjualan produk.
Sehingga, walaupun memang harga yang ditetapkan sudah murah, namun penjualan akan lebih banyak daripada produk lain.
Berbagai produk tersebut bisa dikeluarkan berdasarkan hari libur besar, musim, atau kerja sama dengan kedua industri hiburan yang tengah naik daun.
Menurut laman Small Business Trends, berbagai produk musiman ini bahkan mampu meningkatkan angka brand awareness.
Baca juga: Green Product: Pengertian, Manfaat dan Inovasinya
Contoh Seasonal Product
Berikut ini adalah beberapa contoh seasonal product yang umumnya dilakukan oleh beragam bisnis, seperti yang sudah dirangkum dari laman Chron:
1. Produk Hari Libur Nasional
Beberapa hari libur nasional, seperti halnya Idul Fitri dan natal, akan selalu dimanfaatkan oleh para pebisnis dalam meningkatkan penjualannya.
Contohnya, saat sudah mendekati Hari Raya Idul Fitri, di luar sana akan ada banyak sekali produk alat ibadah, pakaian muslim, dan produk lainnya yang dikeluarkan dengan menggunakan tema hari raya tersebut.
Berbagai produk ini tentunya hanya akan tersedia pada waktu Idul fitri saja dan Anda tidak akan bisa memperolehnya saat hari libur lain.
2. Produk back-to-school
Produk back-to-school menjadi salah satu seasonal product yang banyak dimanfaatkan oleh para pebisnis.
Umumnya, berbagai produk tersebut akan dikeluarkan dalam menyambut tahun ajaran baru atau semester baru. Beberapa contoh produk tersebut adalah tas, alat tulis, buku, sampai sepatu.
Beragam diskon pada alat tulis pun akan ditawarkan sebagai upaya dalam menarik perhatian para pelanggan untuk mau melakukan pembelian.
3. Paket Spesial
Beberapa perusahaan juga ada yang menawarkan atau mengeluarkan seasonal product dengan bentuk paket atau ditambah dengan produk spesial.
Contohnya, saat sedang bulan puasa, beberapa penjual minuman dan makanan banyak yang menyediakan berbagai persediaan kurma sebagai hidangan untuk berbuka puasa.
Seperti yang kita tahu, saking jarang dan membekas pada kepala kita, iklan marjan sekarang seperti sudah menjadi pertanda datangnya bulan ramadan.
Selain itu, beberapa restoran juga akan menyajikan paket buka puasa yang bisa dijadikan sebagai alternatif menu.
Berbagai produk tersebut juga hanya akan bisa Anda temukan di bulan puasa dan akan sangat jarang terlihat pada waktu atau musim lain.
4. Produk Kerja Sama
Saat ini, kerja sama yang dilakukan antara brand dengan tim olahraga, artis, atau berbagai hal terkenal lainnya bukan lagi hal yang aneh.
Dengan cara menjadikan fanbase sebagai target pasar mereka, maka hal tersebut tidak hanya akan bisa meningkatkan awareness, tapi juga berpeluang besar untuk meningkatkan angka penjualan produk.
Untuk itu, beberapa perusahaan ada yang mengeluarkan seasonal product pada waktu-waktu tertentu saja.
Hal tersebut juga akan menginformasikan pada pelanggan terkait dengan strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.
Umumnya, hal tersebut dilakukan seperti ketika merayakan ulang tahun perusahaan, ulang tahun artis, atau momen tertentu tim yang melakukan kegiatan kerja sama.
Beberapa contoh dari bentuk seasonal product ini adalah set makanan yang dikeluarkan oleh McDonald”s dengan BTS beberapa tahun lalu.
Ada juga kerja sama antara brand Uniqlo dengan anime dari Jepang yang sedang terkenal, yaitu Jujutsu Kaisen.
Baca juga: Apa itu Golden Circle? Ini Pengertian dan Cara Menerapkannya dalam Bisnis
Dampak Seasonal Products
Dampak dari produk musiman ini tidak hanya terlihat pada peningkatan penjualan yang signifikan selama periode tersebut, tetapi juga pada berbagai aspek lain dalam operasional dan strategi bisnis.
Memahami dampak yang dihasilkan oleh produk musiman dapat membantu bisnis merencanakan strategi pemasaran yang lebih efektif, mengelola stok dengan lebih baik, dan memanfaatkan peluang pasar secara optimal.
1. Kelangkaan Produk
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, seasonal product adalah produk yang hanya akan dikeluarkan pada waktu tertentu saja. Untuk itu, kelangkaan produk sudah pasti akan terjadi.
Bahkan, karena ketersediaan produk yang terbatas inilah yang membuat daya tarik produk menjadi sangat tinggi.
Umumnya, setiap brand akan menggunakan kata “Persediaan Terbatas” atau dengan memasukkan tanggal sampai kapan saja produk tersebut bisa tersedia.
Dengan menggunakan strategi pemasaran yang tepat, maka nantinya penjualan pun bisa meningkat secara pesat.
2. Menciptakan Hype
Dampak lain dari seasonal product adalah kemampuannya dalam membuat hype di tengah-tengah masyarakat.
Namun, Anda harus bisa memasarkan dan meningkatkan awareness masyarakat terkait seasonal product yang akan Anda luncurkan.
Agar seasonal product tidak dikeluarkan secara sia-sia dan merugikan Anda, maka Anda bisa menggunakan media sosial sebagai tempat untuk memasarkannya.
Gunakanlah KOL dengan followers yang banyak dan juga sesuai dengan produk yang Anda pasarkan.
3. Membangun Rasa Penasaran
Dampak terakhir dari adanya seasonal product adalah bisa membuat para masyarakat penasaran terkait produk yang akan dikeluarkan oleh brand.
Jika bisnis Anda rutin mengeluarkan seasonal product setiap tahun, maka Anda bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai upaya untuk customer retention.
Usaha marketing Anda pun harus dilakukan dengan gencar agar pelanggan dan masyarakat luas bisa mengetahui produk yang nantinya akan Anda luncurkan.
Dengan adanya seasonal product yang banyak dinantikan oleh masyarakat dan pelanggan setia, maka angka penjualan Anda pun akan meningkat di setiap tahunnya.
Baca juga: Pengertian Product Classification dan 5 Alasan Kenapa Pentingnya untuk Bisnis
Seasonal Product untuk Seasonal Campaign
Seasonal campaign adalah strategi pemasaran yang dirancang khusus untuk memanfaatkan momen atau musim tertentu sepanjang tahun.
Kampanye ini biasanya disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen yang berubah-ubah sesuai dengan musim, liburan, atau perayaan tertentu.
Hubungannya dengan seasonal product sangat erat, karena seasonal product adalah barang atau jasa yang permintaannya meningkat pada periode tertentu.
Dengan adanya seasonal campaign, bisnis dapat secara efektif mempromosikan seasonal product untuk memaksimalkan penjualan dan keuntungan selama periode tersebut.
Kampanye ini dapat melibatkan berbagai taktik pemasaran seperti diskon khusus, paket bundling, iklan tematik, dan konten media sosial yang relevan dengan musim atau perayaan tersebut.
Tujuan utama dari seasonal campaign adalah untuk menarik perhatian konsumen, menciptakan urgensi, dan meningkatkan penjualan dalam jangka pendek.
Selain itu, kampanye ini juga membantu bisnis membangun kesadaran merek dan loyalitas pelanggan dengan menawarkan produk yang relevan dan menarik pada waktu yang tepat.
Baca juga: Mengenal Market Challenger dan Strategi Penerapannya dalam Bisnis
Penutup
Demikianlah penjelasan dari kami tentang seasonal product. Bila Anda bisa menerapkannya dengan baik, maka jangan terkejut bila Anda bisa mendapatkan angka penjualan yang tinggi.
Namun, setiap kegiatan penjualan tersebut harus Anda catat dengan baik agar bisa menghasilkan laporan keuangan yang tepat.
Nah, untuk Anda yang kesulitan atau tidak memiliki waktu untuk mencatat banyak transaksi penjualan, akan #lebihbaik jika Anda menggunakan Accurate Online.
Accurate Online adalah software akuntansi dan bisnis yang akan mencatat setiap kegiatan transaksi dan mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan juga akurat.
Bahkan, di dalamnya pun telah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis yang akan memudahkan Anda dalam mengelola bisnis secara menyeluruh serta mengembangkan bisnis agar bisa mencapai tujuan utama perusahaan.
Ayo segera coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga dengan klik tautan gambar di bawah ini.