Apa itu Reach? Kenapa Sangat Efektif untuk Mengukur Strategi Digital Marketing?

Pada dasarnya, reach adalah salah satu informasi ataupun data yang sangat penting dalam digital marketing guna mengetahui keberhasilan strategi yang telah dibuat. Untuk itu, Anda tidak cukup hanya membuat strategi yang bagus saja.

Lantas, apa itu reach? Bagaimana cara mengukurnya? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang reach dibawah ini hingga selesai.

Apa itu Reach?

Berdasarkan laman Sprout Social, reach adalah total jumlah orang yang sudah melihat konten Anda. Contohnya, bila akun media sosial Anda mempunyai 100 follower dan semuanya melihat konten yang Anda buat, maka postingan tersebut mempunyai reach ke 100 pengguna.

Namun, angka reach ini tidak akan bertambah walaupun orang yang ama sudah melihat konten tersebut sebanyak dua kali.

Di Facebook sendiri, reach terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. Organik, menggambarkan angka jumlah mereka yang telah melihat konten Anda secara gratis di news feed
  2. Berbayar, angka yang ditampilkan akan menggambarkan jumlah mereka yang melihat konten berbayar Anda, umumnya melalui Facebook Ads atau iklan
  3. Viral, di dalamnya akan menampilkan jumlah orang yang telah melihat halaman atau postingan Anda di bagian story atau post yang dibagikan oleh teman dengan cara klik share, klik, atau komentar.

Baca juga: Tips Digital Advertising Demi Pemasaran yang Ampuh

Apa Manfaat Mengukur Reach?

Dalam dunia digital marketing, sangat penting sekali untuk bisa menjalin komunikasi secara langsung pada target konsumen yang sebelumnya sudah ditetapkan.

Itulah kenapa reach menjadi sangat penting, agar setiap konsumen potensial bisa mengetahui tentang brand atau promosi yang dimiliki serta bisa melakukan komunikasi secara baik. Di era modern seperti saat ini, mengetahui konsumsi media pelanggan akan menjadi sangat sulit, karena mereka bisa mudah berpindah dari satu konten ke konten yang lainnya.

Oleh karenanya, walaupun penargetan yang spesifik itu sangat penting, berusaha dalam mengembangkan reach secara luas harus bisa dilakukan agar bisnis bisa semakin maju. Selain itu, berdasarkan laman Media Beacon, saat ini tren pelanggan selalu mengalami perubahan yang signifikan.

Untuk itu, setiap marketer harus selalu mampu mengukur tingkat sukses strategi yang dilakukannya guna mengetahui apakah berbagai hal selama ini telah diupayakan telah efektif dalam menyampaikan pesan promosi serta menarik konsumen baru.

Reach menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan oleh setiap marketer agar bisa menilai kesuksesan strategi content marketing yang telah dilakukan oleh perusahaan.

Bila ternyata belum efektif, maka dibutuhkan evaluasi dan perbaikan di dalamnya. Namun jika hasilnya sudah efektif, maka bisa dilakukan pengembangan agar reach yang didapat bisa semakin luas dan komunikasi dengan pelanggan bisa semakin efektif.

Baca juga: Bagaimana Cara Belajar Internet Marketing? Ini Panduannya Untuk Anda!

Apa Perbedaan Reach, Impression dan Engagement?

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa reach, impression dan engagement menjadi tiga istilah yang kerap kali tampil di media sosial, terutama terkait analitik konten. Namun, ketiganya tentu berbeda.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, reach adalah jumlah audiens yang telah melihat suatu konten. Untuk itu, walaupun konten Anda sudah dilihat sebanyak dua kali oleh orang yang sama, angka reach Anda tidak akan mengalami peningkatan.

Di sisi lain, berdasarkan laman Investopedia, impressions adalah jumlah konten Anda ditampilkan. Untuk itu, jangan heran bila angka impression mampu melebihi jumlah follower media sosial Anda.

Terakhir, engagement adalah jumlah interaksi pengguna dengan konten yang telah di posting, seperti saat melakukan atau menekan tombol like, share, meninggalkan komentar, atau melakukan retweet, seperti yang dilansir dari Wikipedia.

Baca juga: Eksposur dalam Pemasaran Digital, Apakah Menguntungkan Bagi Bisnis?

Bagaimana Cara Mengukurnya?

Salah satu cara yang paling mudah dalam menghitung angka reach adalah membagi nilai impression dengan frequency, yaitu jumlah berapa kali suatu konten terekspos pada satu orang pengguna.

Di beberapa platform media sosial, seperti Twitter, angka impression bisa didapat dengan membuka data analitik dari suatu konten. Namun, bila angka ini tidak ditampilkan, Anda bisa menghitungnya dengan menggunakan rumus berikut ini:

impressions = biaya/(klik per impressions/1.000)

Disisi lain, untuk menghitung frequency, Anda bisa menghitungnya dengan menggunakan cara di bawah ini:

frequency = impressions/jumlah pengguna

Dengan memantau angka reach dan impression, Anda bisa mendapatkan banyak informasi terkait performa iklan dan konten yang sudah Anda buat. Kedua hal tersebut akan sangat membantu Anda dalam mengetahui effective frequency, yakni berapa kali para audiens harus melihat sebuah iklan hingga melakukan respon dalam bentuk iklan.

Memahami effective frequency berdasarkan informasi reach dan impression menjadi hal yang sangat penting guna menghindari ad fatigue, yakni titik kejenuhan audiens saat sudah melihat suatu iklan beberapa kali.

Baca juga: Apa itu Social Media Handle? Bagaimana Cara Membuatnya?

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang reach di dalam strategi marketing. Walaupun memang reach menjadi bagian yang kecil dalam kegiatan marketing, namun hal ini memiliki peran yang penting dalam menentukan tingkat efektivitas strategi marketing dalam kegiatan bisnis.

Pada akhirnya, strategi marketing yang efektif tersebut nantinya akan mampu memberikan banyak keuntungan untuk bisnis. Namun, Anda jangan sampai lupa untuk mencatat berbagai keuntungan tersebut di dalam laporan keuangan perusahaan secara tepat.

Nah, untuk membantu Anda dalam mencatat keuntungan perusahaan ataupun laba rugi perusahaan, akan #lebihbaik jika Anda menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, maka seluruh keuntungan Anda akan tercatat secara otomatis dan Anda bisa mendapatkan laporan laba rugi, laporan neraca, laporan arus kas, dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya secara akurat.

Selain itu, fitur tersebut juga telah terintegrasi dengan banyak fitur bisnis luar biasa lainnya. Sehingga, Anda bisa mengelola dan mengembangkan bisnis secara mudah.

Tunggu apa lagi? Ayo coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?