Marketing Campaign: Pengertian, Cara Membuat dan Contohnya
Marketing campaign atau kampanye pemasaran adalah inti dari perencanaan dan strategi bisnis yang sukses. Ini karena pemasar menggunakan kampanye untuk mendorong bisnis baru, mempertahankan bisnis yang ada, dan merek sendiri ke audiens global. Jika Anda berpikir tentang karir di bidang pemasaran, penting untuk memahami dasar-dasar kampanye pemasaran.
Dalam artikel ini, kami akan mendefinisikan apa itu marketing campaign, cara merencanakannya, dan memberikan contoh jenis kampanye pemasaran yang ada.
Daftar Isi
Apa itu Marketing Campaign?
Marketing campaign atau ampanye pemasaran adalah cara strategis perusahaan menjangkau pelanggan untuk mendorong keterlibatan dengan cara yang mengarah pada hasil tertentu. Perusahaan menggunakan kampanye pemasaran untuk mencapai tujuan seperti meningkatkan kesadaran, penjualan, atau umpan balik pelanggan.
Tidak setiap upaya pemasaran memenuhi syarat sebagai kampanye. Kampanye adalah jaringan peristiwa yang dirancang untuk mendorong hasil tertentu. Oleh karena itu, melakukan analisis pemasaran kompetitif, praktik pemasaran yang umum bukanlah kampanye. Namun, taktik pemasaran tertentu dapat menjadi bagian dari kampanye yang lebih besar untuk menargetkan segmen pasar tertentu atau menguji potensi produk baru.
Kampanye pemasaran ada di beberapa saluran media dan dapat mencakup produk iklan atau teknik yang lebih interaktif yang dirancang untuk melibatkan pengguna. Misalnya, kampanye Twitter dapat dibuat untuk mendorong keterlibatan Twitter di sekitar merek atau produk tertentu.
Sumber daya pemasaran yang penting ini sesuai dengan rencana pemasaran yang lebih besar, yang berfungsi sebagai cetak biru bagaimana pemasar mempromosikan produk dan terlibat dengan publik.
Rencana pemasaran menunjukkan bagaimana suatu merek berupaya memberikan layanan secara berlebihan dan memukau pelanggan dengan produk, dan kampanye merupakan bagian penting dari strategi yang memungkinkan perusahaan menjangkau klien dengan informasi produk dan layanan dan terlibat dalam berbagai cara untuk mencapai tujuan tertentu.
Tujuan tersebut biasanya termasuk dalam salah satu kategori berikut:
- Promosi: Dapatkan produk atau layanan di depan pelanggan potensial
- Branding: Meningkatkan kesadaran merek dalam target pasar
- Tingkatkan umpan balik: Ketika bisnis membutuhkan wawasan konsumen yang berharga, kampanye pemasaran dapat melakukannya.
- Mendorong pendapatan: Kampanye pemasaran dapat membantu memfasilitasi transaksi digital yang menghasilkan lebih banyak pendapatan, kampanye pemasaran juga membantu perusahaan menjangkau pelanggan baru.
- Menciptakan lingkungan yang menarik: Membuat pelanggan membicarakan produk Anda dapat menjadi tantangan, tetapi hasil dari iklan “dari mulut ke mulut” yang positif sangat berharga. Bisnis menggunakan kampanye pemasaran untuk mendorong keterlibatan yang mengarah pada lebih banyak kesadaran merek.
- Iklan acara: Karena acara bisa memakan biaya dan sumber daya yang intensif, bisnis menggunakan kampanye pemasaran untuk mempromosikannya sehingga mereka dapat mengisi nilai kehadiran fisik dan digital.
Baca juga: Social Media Management: Pengertian dan Pentingnya dalam Bisnis
Bagaimana Cara Melakukan Marketing Campaign?
Langkah pertama dalam membuat kampanye pemasaran adalah merencanakannya dengan sukses. Dalam beberapa kasus, ini mungkin merupakan bagian kampanye yang paling intensif sumber dayanya, karena mungkin memerlukan pertemuan dengan berbagai pemangku kepentingan.
Untuk merencanakan marketing campaign yang optimal, Anda harus terlebih dahulu memiliki rencana pemasaran. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat rencana pemasaran saluran dan menyusun kampanye:
Tentukan kesuksesan dan selaraskan tujuan
Sebelum Anda dapat merencanakan untuk membuat kampanye, Anda harus memperkecil dan memulai dengan strategi pemasaran. Itu berarti membuat rencana pemasaran saluran di mana kampanye bisa ada.
Untuk memulai proses ini, Anda harus mempertimbangkan apa tujuan dan sasaran perusahaan, kemudian menyelaraskan upaya pemasaran dengan tujuan yang lebih besar.
Misalnya, jika perusahaan ritel memiliki tujuan untuk meningkatkan pendapatan di masa liburan sebesar 10% year of year growth, maka tujuan pemasaran dapat menargetkan pembeli liburan baru secara geografis atau menargetkan ulang pembeli lama yang menghabiskan lebih dari 1 juta pada musim liburan lalu.
Berpartisipasi dalam riset atau pengujian pasar
Dengan tujuan untuk rencana pemasaran liburan, perusahaan dapat mulai melakukan riset pasar yang mengungkapkan pangsa pasarnya dan cara-cara untuk mengembangkannya.
Dalam hal ini, seorang pemasar dapat meneliti di mana konsentrasi pembeli tertinggi berada dan menargetkan area tersebut dengan satu iklan sambil menjalankan iklan kedua untuk area dengan konsentrasi pembeli yang lebih rendah. Dengan menggunakan desain ini, pemasar dapat mengontrol pesan yang mendesak pembeli baru untuk mengunjungi toko atau pembeli yang sudah ada untuk kembali.
Apa pun strategi yang diterapkan, penting bagi pemasar untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang audiens mereka sebelum mulai menyusun kampanye.
Baca juga: Instagram Reels: Fitur Terkini dari Instagram untuk Kembangkan Bisnis Anda
Buat rencana pemasaran untuk setiap kanal yang bisnis Anda punya
Dengan informasi pelanggan dan target pasar yang Anda miliki, Anda siap untuk membuat rencana pemasaran saluran. Pertimbangkan saluran mana, atau outlet media luas, yang terbaik untuk menjangkau konsumen Anda.
Misalnya, jika Anda menargetkan milenium yang menyukai teknologi, Anda akan ingin menggunakan iklan digital melalui iklan bergambar tradisional atau surat langsung. Anda pasti ingin menjangkau konsumen di perangkat seluler dan tablet mereka.
Susun cakupan kampanye Anda
Dengan saluran yang ditentukan, Anda dapat mulai membuat kampanye. Mulailah dengan mengidentifikasi apa yang Anda inginkan untuk dicapai oleh kampanye. Kemudian bekerja untuk membuat ruang lingkup. Misalnya, kampanye untuk mendapatkan suka di Facebook mungkin termasuk memposting hadiah setiap hari selama 30 hari dalam cakupannya.
Manajemen proyek dan tenggat waktu
Sebelum memulai kampanye, pastikan Anda memiliki infrastruktur yang tepat. Ini mungkin berarti mempertimbangkan investasi dalam teknologi pemasaran yang membantu manajemen proyek, pencapaian, dan tenggat waktu.
Jenis Campaign Marketing dalam Bisnis
Ada beberapa jenis kampanye pemasaran. Untungnya, mereka dapat dipecah menjadi empat kategori utama. Ini adalah:
- Paid campaign: Ini mencakup hal-hal seperti pay per click, influencer berbayar, iklan media, sponsor, kampanye pemasaran ulang atau retargeting, iklan bergambar, dan banyak lagi.
- Earned campaigns: Ini adalah iklan influencer, lalu lintas tautan balik, strategi penjangkauan PR, kolom dalam publikasi, untuk beberapa nama.
- Sharing campaigns: Dalam kategori ini, Anda menemukan kampanye media sosial, dari mulut ke mulut, dan rujukan.
- Owned campaigns: Blog pribadi yang mendorong lalu lintas organik atau kampanye email dari daftar pelanggan yang ada dapat menjadi contoh di sini.
Baca juga: Brand Personality: Jenis, Fungsi, Jenis, Manfaat, dan Tips Membangunnya
Kesimpulan
Itulah pembahasan lengkap mengenai marketing campaign dan cara yang bisa Anda terapkan dalam membuat kampanye pemasaran yang sukses. Pastikan Anda mencatat seluruh biaya yang Anda keluarkan dalam kampanye pemasaran yang Anda buat, untuk memudahkan Anda dalam menghitung ROI pada bisnis.
Kesulitan dengan penghitungan dan pencatatan biaya secara manual? Anda bisa menggunakan software akuntansi yang memudahkan proses pembukuan dan akuntansi Anda seperti Accurate Online.
Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan telah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.
Dengan menggunakan Accurate Onine, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan pembukuan, membuat laporan keuangan, mendapatkan solusi manajemen aset dan stok, proses rekonsiliasi seluruh transaksi yang otomatis dan masih banyak lagi.
Tertarik menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini: