Memanfaatkan Strategi Digital Marketing untuk Memaksimalkan Bisnis
Digital marketing telah menjadi elemen integral dalam strategi bisnis modern. Artikel ini akan membahas betapa pentingnya memanfaatkan strategi digital marketing untuk memaksimalkan bisnis Anda.
Dengan semakin banyaknya konsumen yang berinteraksi secara online, pemasaran digital dapat membantu Anda mencapai audiens yang lebih luas, membangun merek yang kuat, dan meningkatkan penjualan.
Kita akan menjelajahi berbagai aspek digital marketing, mulai dari media sosial hingga iklan online, dan memberikan wawasan tentang bagaimana Anda dapat memanfaatkannya secara efektif dalam pertumbuhan bisnis Anda.
Dengan strategi digital marketing yang tepat, Anda dapat mencapai kesuksesan yang lebih besar dalam dunia bisnis yang semakin terhubung secara digital.
Daftar Isi
Pengertian Digital Marketing
Sebelum masuk ke strategi digital marketing, ada baiknya kita pahami lebih dahulu apa itu digital marketing?
Pada dasarnya, pengertian digital marketing adalah sarana promosi untuk suatu produk, merek, atau layanan.
Dikutip dari Investopedia, pengertian digital marketing mengacu pada penggunaan situs web, aplikasi, perangkat seluler, media sosial, mesin pencari, dan sarana digital lainnya untuk mempromosikan dan menjual produk dan layanan.
Pemasaran digital mulai menjadi populer dengan meluasnya adopsi internet pada tahun 1990-an.
digital marketing melibatkan banyak prinsip yang sama seperti pemasaran tradisional dan sering kali dianggap sebagai cara tambahan bagi perusahaan untuk mendekati konsumen dan memahami perilaku mereka.
Perusahaan sering kali menggabungkan teknik pemasaran tradisional dan digital dalam strategi mereka. Namun pemasaran digital juga memiliki tantangan tersendiri.
Hal terbaik tentang pemasaran digital adalah bahwa hal itu secara inheren dapat diukur.
Karena kampanye dan program Anda dilakukan secara online, kampanye tersebut mudah dilacak dan dianalisis, sehingga Anda dapat belajar dari hasil Anda dan meningkatkan strategi pemasaran digital Anda dari waktu ke waktu.
Pemasaran digital hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran.
Ada kampanye pemasaran B2C, yang dimaksudkan untuk membantu merek Anda terhubung dengan konsumen standar dan strategi pemasaran B2B untuk bisnis yang ingin menjual ke bisnis lain.
Baca juga: 8 Tips Efektif Digital Marketing dan Pengertiannya
6 Pilar dalam Digital Marketing
Dunia pemasaran online telah berkembang, dan saat ini jelas ada lebih dari satu strategi digital marketing untuk memasarkan produk atau layanan Anda di internet.
Kabar baiknya adalah meskipun area ini merupakan kategori pemasaran yang terpisah, semuanya dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan dan mengembangkan bisnis Anda.
Digital marketing dapat dikategorikan dalam 6 disiplin ilmu utama:
- Content Marketing – Pembuatan dan publikasi konten bermanfaat yang dirancang untuk menarik, mendidik, dan mempertahankan audiens target Anda.
- Native advertising – Juga disebut advertorial, periklanan asli adalah jenis iklan online yang menyerupai konten editorial situs web atau publikasi yang mereka promosikan.
- Iklan bayar per klik (PPC) – PPC adalah strategi pemasaran yang melibatkan iklan online. Pengiklan membayar setiap kali pengguna mengklik salah satu iklan mereka.
- Search engine optimization (SEO) – Ini adalah praktik meningkatkan situs web sehingga menjadi ramah mesin telusur dan membawa lalu lintas organik ke situs web.
- Media sosial marketing – Praktik mempromosikan produk atau layanan di platform media sosial.
- Email marketing – Pendekatan pemasaran yang menggunakan email sebagai cara pemasaran dan memelihara klien potensial dan yang sudah ada.
Baca juga: Funnel Digital Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Tahapannya
Strategi Digital Marketing pada Bisnis
Kini setelah Anda mengetahui sedikit tentang pengertian dan berbagai jenis taktik digital marketing, sekarang saatnya mempelajari dasar-dasar pembuatan strategi digital marketing.
Dari persona hingga alat yang tepat, ada banyak hal besar dan kecil yang dapat membantu atau menghalangi kesuksesan strategi digital marketing dalam bisnis Anda.
Inilah hal dasar yang Anda butuhkan untuk memastikan strategi Anda bekerja dengan baik:
1. Gunakan Buyer Persona
Jika sebelumnya, digital marketer mengumpulkan informasi kualitatif dan kuantitatif tentang target audiens yang mencakup usia, jenis kelamin, pekerjaan, minat, dan lokasi.
Definisi pelanggan potensial telah berubah saat ini, dan berubah menjadi buyer persona. Saat ini, strategi digital marketing yang paling efektif tidak lengkap tanpanya.
Buyer persona adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pelanggan ideal yang dapat ditentukan dengan mensurvei dan menghubungi kelompok sasaran yang telah ditentukan sebelumnya.
Baca juga: Buyer Persona: Pengertian, Fungsi, Dan Cara Menentukannya
2. Identifikasi Tujuan dan Alat Anda
Setiap pemasar profesional tahu betapa pentingnya tahap ini. Tanpa tujuan, strategi digital marketing tidak akan berhasil, jadi mendefinisikannya adalah tugas utama Anda.
Pastikan bahwa tujuan yang Anda kembangkan sesuai, dan buatlah itu terukur.
Contoh tujuan pemasaran yang lemah: Tingkatkan konversi di situs web tahun depan dan buat dua penawaran promosi.
Apa yang salah dengan tujuan ini? Benar, itu tidak bisa diukur! Bagaimana seseorang dapat mengukur kemajuan menggunakan tujuan ini?
Berikut adalah cara merumuskannya:
Tingkatkan konversi di situs web sebesar 20 persen pada kuartal pertama tahun 2020, dan buat dua penawaran promosi: laporan pemasaran gratis dan buku pemasaran. Pastikan program ini berjalan pada Februari dan Maret.
Dari sana, Anda dapat mengukur keberhasilan strategi digital marketing bisnis Anda sekarang
Baca juga: SEO Marketing: Pengertian, Cara Kerja, dan Strateginya
3. Fokus pada Blogging
Membuat konten berkualitas tinggi penting untuk strategi digital marketing apa pun.
Blogging adalah salah satu cara untuk membuat konten berkualitas untuk situs dan memperluas strategi pemasaran konten Anda.
Aspek kunci dari strategi digital marketing ini memiliki fungsi yang penting, termasuk mendatangkan lebih banyak trafik ke situs web Anda, memperkuat visibilitas media sosial, memposisikan diri terhadap perusahaan lain, dan memberi peringkat semua kueri penelusuran dan kata kunci jangka panjang tersebut.
Jika Anda memiliki blog yang diperbarui secara rutin dan bermanfaat bagi pengunjung, artinya situs web Anda akan mudah ditemukan melalui mesin pencari dan dapat digunakan sebagai platform untuk strategi kampanye digital marketing Anda.
4. Evaluasi Saluran Pemasaran Digital yang Ada
Analisis aset dan channel digital yang sudah Anda gunakan, termasuk website, konten blog, akun media sosial, word-of-mouth, native advertising, Google Adwords, paid advertising, dan sebagainya.
Tanyakan pada diri Anda: seberapa efektif mereka dan bagaimana mereka dapat digunakan tahun depan?
Tidak apa-apa jika proses strategi digital marketing masa depan Anda tidak memasukkan semua elemen ini, tetapi pastinya harus menggunakan elemen yang paling efektif di tahun sebelumnya.
Misalnya, jika landing page yang Anda buat baru-baru ini efektif dalam menghasilkan prospek, gunakan lagi tetapi tingkatkan sebanyak mungkin. Hal yang sama berlaku untuk aset dan strategi digital marketing lainnya.
Baca juga: Mengenal Internet Marketing Serta Tips Efektif Mengembangkannya
5. Otomatiskan Pemasaran
Otomatisasi dalam strategi digital marketing sangat besar, dan hanya menjadi lebih baik dengan teknologi dan software baru.
Platform otomasi pemasaran terkemuka saat ini dapat melakukan keajaiban untuk strategi pemasaran digital Anda.
Pengguna platform tersebut memudahkan Anda untuk mengotomatiskan aktivitas seperti pemasaran konten, pemasaran email, perolehan prospek, dan banyak lagi.
Selain itu, mudah untuk menemukan platform otomatisasi pemasaran yang terintegrasi dengan CRM penjualan perusahaan Anda, yang meningkatkan keseluruhan proses penjualan.
Jika perusahaan Anda masih belum menggunakan otomatisasi pemasaran, pastikan Anda menambahkannya ke dalam strategi digital marketing bisnis Anda tahun ini.
6. Optimalkan Pemasaran Seluler
Strategi digital marketing yang satu ini sangat penting untuk dilakukan, karena diketahui manusia lebih sering menggunakan gawainya daripada komputer ketika berbelanja di internet.
Ini adalah era yang mengutamakan seluler, dan tidak ada alasan untuk tidak menyempurnakan situs Anda demi pengalaman seluler yang luar biasa.
Pengoptimalan seluler mencakup kecepatan halaman, desain situs, dan berbagai praktik teknik lainnya untuk memastikan bahwa orang yang mengunjungi situs Anda menggunakan perangkat seluler mendapatkan pengalaman yang baik.
Tinjau desain responsif seluler dan template email Anda untuk memastikan bahwa Anda menggunakan metode terbaru dan hanya memberikan data yang relevan dan berguna.
7. Memudahkan Pelanggan Menjangkau Anda
Bisnis online adalah tentang terhubung dengan calon pelanggan, jadi trafik di situs web Anda harus tinggi untuk memastikan hasil yang positif.
Oleh karena itu, strategi digital marketing Anda harus memastikan bahwa prospek dan pengunjung Anda tidak mengerahkan upaya yang buruk untuk terhubung dengan Anda.
Terlibat dengan pelanggan Anda sangat berharga untuk bisnis Anda.
“Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari audiens Anda secara online. Anda akan mendapatkan masukan yang jujur tentang kampanye dan perpesanan, salah satunya. Memasukkan interpretasi dan opini penggemar tentang merek Anda dapat menghasilkan konten segar dan penggemar setia. ”
–Adam Fridman
Untuk menghilangkan upaya yang tidak perlu, Anda harus memastikan bahwa halaman arahan tidak meminta data yang tidak relevan. Buat ajakan bertindak atau CTA terlihat jelas di landing page dan halaman lain di situs Anda.
8. Gunakan Teknologi yang Tepat
Upaya aneka strategi digital marketing akan sia-sia jika teknologi yang digunakan tidak efektif atau tidak tepat.
Untuk strategi pemasaran digital yang tepat, Anda memerlukan alat seperti software otomatisasi pemasaran serta alat industri yang benar.
Ada alat yang dapat membantu Anda mengidentifikasi sasaran hingga alat yang membantu Anda melacak dari mana pengunjung Anda berasal, contohnya adalah Google analytic.
Baca juga: Internet marketer: Ini Pengertian dan Tips Sukses Menjalaninya
9. Pastikan Unique Selling Point (USP) Anda
Jika perusahaan Anda tidak berbeda dengan pesaing Anda, Anda tidak boleh mengharapkan keuntungan yang tinggi.
Pastikan Anda mengubah (atau memperkuat) perbedaan Anda dari yang kompetitor Anda dengan berbicara kepada pelanggan Anda dan menanyakan mengapa mereka memilih perusahaan Anda.
Memilik USP menjadi suatu kewajiban dalam branding pada strategi digital marketing Anda.
Setiap perusahaan memiliki proposisi penjualan yang unik, atribut yang membedakan Anda dari pesaing.
Lakukan penelitian dan bekerja untuk mencari tahu apa itu. Kemudian, perbaiki pembeda yang ada jika diperlukan. Gabungkan pesan ini ke dalam kampanye strategi digital marketing konten Anda.
10. Lacak Selalu Proses Marketing Anda
Pemantauan konstan harus dilakukan untuk memastikan bahwa strategi digital marketing bekerja secara efektif. Ini dilakukan dengan menugaskan tim yang akan melaksanakan tugas ini.
Ingatlah untuk belajar dari kesalahan dan selalu temukan peluang peningkatan!
Ada banyak pekerjaan yang terlibat dalam merancang proses strategi pemasaran digital, tetapi rencana yang efektif dan dipikirkan dengan matang akan membuatnya lebih mudah.
Baca juga: 10 Strategi Pemasaran, Pengertian, Fungsi, Contoh dan Elemen dalam Pemasaran
Kesimpulan
Itulah pengertian, teknik dan strategi digital marketing yang mendalam untuk bisnis Anda terus berkembang dengan perubahan zaman.
Pastikan Anda menggunakan strategi digital marketing yang kami ulas diatas agar bisnis Anda memiliki pemasaran terarah terutama di dunia digital.
Pastikan juga Anda memiliki anggaran yang cukup agar proses digital marketing Anda berjalan dengan optimal.
Catat setiap biaya yang Anda keluarkan dalam proses digital marketing supaya Anda bisa mengetahui keuntungan yang Anda dapatkan dari proses ini.
Untuk memudahkan pencatatan pengeluaran dan pemasukan pada bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi dan bisnis Accurate Online yang sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.
Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap seperti fitur pembukuan, perpajakan, penghitungan aset, pengelolaan payroll, rekonsiliasi transaksi otomatis, manajemen inventori, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.
Tertarik menggunakan Accurate Online? Anda dapat mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini: