Mengenal Twitter Fleets dan Cara Mudah Memanfaatkannya untuk Bisnis

oleh | Feb 13, 2023

source envato.

Mengenal Twitter Fleets dan Cara Mudah Memanfaatkannya untuk Bisnis

Agar bisa terus bertahan di media sosial, Twitter Fleets menjadi fitur terkini yang harus bisa Anda kuasai. Fitur terbaru yang dikeluarkan oleh Twitter ini tengah ramai diperbincangkan dan dinilai bisa menjadi senjata mematikan baru dalam dunia social media marketing.

Lalu, apa itu Twitter Fleets? Bagaimana cara terbaik dalam memanfaatkan fitur ini? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel ini hingga selesai.

Apa itu Twitter Fleets?

Berdasarkan laman The Verge, Twitter Fleets adalah salah satu fitur yang bisa menampilkan tweet secara sementara waktu. Twitter Fleets  ini sebenarnya hampir mirip seperti Instagram Stories. Karena, Fleet telah menerapkan seluruh ide terbaik yang telah diterapkan oleh Instagram dan Snapchat dalam fitur Story mereka.

Setiap pengguna nantinya bisa memposting pesan, menanggapi tweet yang dilakukan orang lain, atau mengirim opsi warna latar belakang dan teks yang bisa diperoleh dari platform media sosial lainnya.

Konten tersebut nantinya akan menghilang selama 24 jam dan tidak akan bisa dibalas, di retweet, ataupun disematkan pada halaman yang lainnya.

Sama seperti layout Instagram, pengguna Twitter yang mempunyai Fleets juga saat ini bisa melihat bagian ikon dengan story yang melingkar di setiap akun pada bagian atas timeline Twitter mereka.

Setiap pengguna juga nantinya bisa memberikan tanggapan pada Twitter Fleets pengguna lain dengan menekan ikon Fleets, dau mengirimkan pesan atau emoji pada pembuatnya.

Dengan melakukan hal ini, maka pengguna akan bisa melakukan percakapan via DM, seperti membalas Story pada Instagram.

Twitter sendiri mengatakan bahwa nantinya akan memperkenalkan stiker dan siaran langsung di beberapa titik di masa depan. Tapi, Anda tidak bisa menyukai atau me-retweet Fleet.

Untuk saat ini, Twitter mengatakan bahwa tidak akan ada notifikasi bila ada seseorang yang melakukan screen capture pada Fleets Anda.

Lalu, nantinya Followers bisa secara langsung melihat Fleets dengan mengunjungi profil Anda atau menekan ikon Fleets.

Mereka berharap bahwa fitur baru ini nantinya akan mampu membantu mengurangi tekanan pada pengguna, sehingga mereka akan bisa mengekspresikan pikiran dan juga perasaan secara lebih santai dan juga non-formal.

Tujuan tersebut tercipta setelah pihak Twitter melakukan penelitian terkait fungsi dari Fleets di beberapa negara tertentu.

Baca juga: 5 Cara Monetisasi Instagram yang Bisa Dilakukan Secara Mudah

Cara Menggunakan Twitter Fleets

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Twitter Fleets adalah suatu fitur yang sama seperti Instagram Stories. Untuk itu, cara menggunakannya sebenarnya sangat mudah. Tapi, terdapat beberapa langkah unik yang tidak akan bisa Anda temukan di fitur Story Instagram atau Snapchat.

Nah, berikut ini adalah cara menggunakan Twitter Fleets:

1. Membuat Fleet baru

Saat Anda menggunakan Twitter Fleets, maka hal pertama yang harus Anda pelajari adalah dengan membuat Fleet baru. Caranya juga sangat sederhana. Mulailah dengan cara menekan profil ataupun gambar kamera yang terdapat pada deretan Fleet di bagian atas timeline Anda.

Lalu, Anda akan dibawa pada bagian meng-upload Fleet. Perhatikan opsi menu yang terdapat pada bagian bawah yang bisa Anda geser.

Lalu, pilihlah jenis konen yang ingin Anda sajikan pada Twitter Fleets, konten tersebut bisa berbentuk video, gambar, teks biasa atau GIF.

2. Menggunakan Teks Editor

Teks editor yang terdapat pada Twitter Fleets adalah suatu fitur yang akan memberikan pilihan untuk jenis media Fleet Anda.

Untuk menggunakannya, Anda cukup menekan layar untuk menampilkan keyboard dan juga toolbar. Lalu, silakan tekan tombol align untuk format teks rata kiri, rata kanan, atau rata tengah.

Agar membuat teks bisa lebih tebal, Anda hanya cukup menekan tombol B, lalu untuk menyorot teks, pilihlah tombol highlight. Masih ada banyak lagi pilihan yang ada di dalamnya yang bisa Anda sesuaikan untuk kebutuhan Anda sendiri.

Jika semuanya sudah selesai, silakan tekan tombol Fleet dan Anda bisa melihat hasilnya pada deretan Fleets.

Baca juga: Apa itu Reach? Kenapa Sangat Efektif untuk Mengukur Strategi Digital Marketing?

Manfaat Twitter Fleets untuk Brand

Perlu Anda ketahui bahwa Twitter Fleets adalah fitur yang bisa dimanfaatkan untuk brand Anda. Terdapat beberapa hal penting yang harus diketahui oleh para pebisnis dan marketer terkait salah satu fitur pendukung dari Twitter ini.

Nah, menurut halaman Hubspot, beberapa manfaat dalam memanfaatkan Twitter Fleets untuk brand adalah sebagai berikut:

  • Sebagai senjata bagi brand untuk menawarkan promo yang terbatas.
  • Melakukan Giveaway harian yang bisa dijadikan pilihan strategi marketing.
  • Mengadakan live event di Twitter pun cukup menguntungkan.
  • Twitter Fleets bisa dijadikan sebagai media interaksi yang baik dengan konsumen.
  • Membuat konten BTS atau Behind the Scenes.

Baca juga: Ingin Menghindari Shadowban dalam Strategi Media Sosial Marketing? Ini Caranya!

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang fitur terbaru dari Twitter yang dikenal dengan Fleets. Pada intinya, Twitter Fleets adalah salah satu fitur yang bisa digunakan oleh user untuk bisa menciptakan profil Twitter yang lebih santai dan juga lebih nonformal.

Di sisi lain, para pebisnis dan marketer pun saat ini bisa memanfaatkan Twitter Fleets sebagai sarana dalam mempromosikan brand dengan perusahan mereka.

Jika media ini bisa dimanfaatkan dengan baik, tentu akan bisa meningkatkan penjualan perusahaan secara maksimal. Tapi, jangan lupa untuk mencatat transaksi yang ada di dalamnya secara tepat.

Nah, untuk Anda yang kesulitan dalam mencatat transaksi penjualan, #lebihbaik Anda gunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena Accurate Online akan mencatat semua jenis transaksi Anda secara otomatis dan Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan juga akurat.

Lebih dari itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang akan memudahkan Anda dalam membuat anggaran, mengelola bisnis dan mengembangkan bisnis secara lebih mudah.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

digitalmarketingbanner
sidebarPromo
Cinthya
Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.

Artikel Terkait