Apa itu Kredit Cicilan Bunga 0%? Ini Pengertian dan Cara Kerjanya!

Dewasa ini, sudah banyak sekali promo kartu kredit yang mengumbar cicilan bunga 0%, baik itu untuk produk fashion, elektronik, sampai dengan tiket pesawat. Saat berbelanja di toko supermarket besar pun banyak sekali standing banner promo program yang tersebar dengan ukuran besar.

Pastinya akan ada banyak sekali orang yang tertarik dengan promo tersebut, bahkan mungkin Anda salah satunya. Anda mungkin hal tersebut sangat menguntungkan bila membeli barang dengan harga tunai tapi bisa dicicil selama 12 ali dan tanpa ada tambahan biaya sedikitpun.

Hal tersebut sama seperti membeli barang secara kredit, namun tidak ada bunga. Dengan adanya program ini, maka uang jatah bulanan Anda tidak akan habis dan tabungan Anda pun masih terus utuh.

Contohnya, bila Anda ingin membeli HP seharga 6 juta rupiah dan Anda hanya memiliki pemasukan 2 juta rupiah. Dengan pemasukan yang hanya 2 juta rupiah per bulan, Anda terpaksa harus mengambil tabungan bila ingin membelinya secara tunai.

Sedangkan jika Anda ingin membeli HP tersebut secara kredit, maka harga ponsel yang pada mulanya 6 juta rupiah bisa menjadi 8 juta rupiah di total akhir cicilan. Tapi jika Anda mengikuti program cicilan bunga 0%, maka HP seharga 6 juta rupiah bisa Anda cicil sebanyak 6 kali dengan cicilan per bulannya sebesar 1 juta rupiah. Sehingga, Anda hanya harus menyisihkan pemasukan Anda sebesar 1 juta rupiah perbulan dan tidak harus mengambil tabungan.

Namun, Anda jangan langsung tergiur mengambil program tersebut bila Anda belum mengetahui apa itu cicilan bunga 0%. Lalu, apa itu cicilan bunga 0%? Baca terus artikel ini hingga selesai.

Apa itu Cicilan Bunga 0%?

Dilasir dari laman Tokopedia, cicilan bunga 0% adalah suatu skema yang memungkinkan Anda untuk bisa menggunakan kartu kredit untuk membeli suatu barang dengan cara dicicil perbulan atau pertahun untuk melunasi total harga pembelian.

Cicilan bunga 0% ini akan memungkinkan angsuran tersebut bisa dicicil tanpa adanya bunga. Jadi, selama periode cicilan berlangsung, Anda tidak akan diminta bunga atas pembelian produk yang menggunakan program bunga 0% tersebut.

Cara Kerja Cicilan Bunga 0%

Saat Anda ingin membeli suatu produk dengan program cicilan bunga 0, maka jumlah uang yang akan ditagihkan tidak berubah. Misalnya, Anda ingin membeli laptop seharga 12 juta rupiah dan memilih melunasi pembayaran selama 12 bulan, maka dalam setiap bulannya Anda akan ditagih sebanyak 1 juta rupiah dan tidak akan ada bunga di dalamnya.

Bila tagihan tersebut datang, maka Anda harus melunasi cicilan perbulan secara tepat waktu. Pastikan juga jumlahnya sesuai dengan tagihan yang dikehendaki pada awal transaksi.

Jika Anda melewati waktu jatuh tempo, maka nantinya Anda akan dikenakan bunga sesuai dengan kebijakan kartu kredit. Lalu, pastikan juga banka yang Anda gunakan sudah banyak melakukan kerja sama dengan vendor atau toko yang menawarkan cicilan bunga 0%, sehingga Anda bisa menikmati program tersebut.

Baca juga: Apa itu Bunga Tunggal? Ini Pengertian, Rumus, dan Manfaatnya

Lalu, Bagaimana Cara Mendapatkan Cicilan Bunga 0%

Umumnya, toko yang menawarkan program cicilan bunga 0% akan memasang tanda ataupun pengumuman yang menginformasikan bahwa toko tersebut melakukan kerja sama dengan bank untuk menjalankan cicilan 0%. Agar bisa mengetahui informasi tersebut lebih banyak, Anda bisa memeriksanya lewat internet terkait toko atau produk apa saja yang melakukan kerja sama dengan bank yang menawarkan cicilan 0%.

Sebelum Anda memutuskan membeli suatu produk, ada baiknya Anda memeriksa terlebih dahulu beberapa persyaratan dan juga ketentuan yang harus dipenuhi. Umumnya, beberapa persyaratan yang diberlakukan oleh setiap bank adalah sebagai berikut:

  • Produk barang yang dibeli termasuk ke dalam promosi yang bisa menggunakan cicilan 0%
  • Terdapat minimal pembelian yang harus Anda penuhi
  • Umumnya, jangka waktu yang ditawarkan adalah 3, 6, hingga 12 bulan.
  • Pada beberapa bank, umumnya akan ada administrasi yang dikenakan dalam program tersebut.

Bila Anda sudah setuju dan telah memenuhi syarat yang diminta, maka Anda bisa melakukan transaksi dengan menggunakan kartu kredit seperti biasanya. Namun, pastikan anda sudah mengajukan permintaan program cicilan bunga 0% sebagai metode pembayarannya.

Bila Anda dan toko sudah sepakat, maka Anda sudah bisa menggunakan program cicilan 0% tersebut. Anda hanya perlu membayar tagihan secara tepat waktu.

Baca juga: Apa itu Refinancing? Ini Pengertian dan Manfaatnya!

Apa Manfaatnya?

Terdapat dua manfaat cicilan bunga 0%, yaitu manfaat langsung dan tidak langsung. Manfaat langsungnya adalah Anda bisa membayar suatu produk yang Anda perlukan dengan cara mencicilnya dan tanpa harus membayar bunga yang besar selama periode waktu yang sudah ditentukan. Pembayarannya juga akan lebih ringan dan konsumen akan lebih diuntungkan.

Di sisi lain, manfaat tidak langsungnya adalah konsumen bisa menyimpan uang yang sebelumnya dibelanjakan untuk membayar semua belanjaan suatu produk dalam bentuk investasi. Dengan memanfaatkan program cicilan bunga 0%, maka konsumen masih mempunyai uang yang bisa digunakan untuk berinvestasi.

Baca juga: 6 Ciri-Ciri Pinjaman Online Ilegal yang Harus Anda Waspadai

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang cicilan bunga 0%. Bila Anda tertarik untuk mengikuti program ini, maka Anda harus bisa mengelola keuangan Anda dengan baik. Kegiatan mengelola keuangan ini tidak hanya diperlukan oleh individu saja, tapi juga harus dilakukan oleh pebisnis ataupun investor.

Nah, untuk lebih mudah dalam mengelola keuangan, #lebibaik Anda menggunakan aplikasi akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Pasalnya, aplikasi ini memiliki fitur yang mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara real time dan bisa Anda gunakan untuk mengelola keuangan atau membuat keputusan bisnis yang tepat.

Selain itu, masih banyak lagi fitur bisnis luar biasa lain yang akan memudahkan Anda dalam mengembangkan dan mengelola bisnis secara menyeluruh.

Penasaran dengan Accurate Online? Silahkan coba dulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia