e-Cash: Ini Pengertian dan Bedanya dengan e-Money?

Seiring pesatnya perkembangan teknologi, kita bisa menemukan berbagai cara baru dalam melakukan transaksi. Mulai dari sms banking, e-banking, hingga e-money. Lalu, hadir pula layanan mandiri e-cash dari Bank Mandiri.

Lalu, apa sebenarnya e-cash tersebut? Apa yang membedakannya dengan e-money? Bagaimana cara menggunakannya? Penasaran? Baca artikel tentang e-cash ini hingga selesai.

Apa itu Mandiri e-cash?

Perusahaan perbankan berplat merah, yakni PT Bank Mandiri, Tbk. mengatakan bahwa layanan Mandiri e-cash adalah uang elektronik di smartphone yang bisa digunakan tanpa harus lagi menggunakan rekening bank. Sehingga, nomor rekeningnya adalah nomor telepon yang Anda gunakan di smartphone.

Setiap pengguna bisa menggunakan uang elektronik ini untuk melakukan berbagai transaksi, seperti top up e-money, memeriksa saldo, menarik dan menyetor tunai, transfer ke rekening bank Mandiri, transfer antar rekening Mandiri electronic cash, tarik tunai bank Mandiri tanpa kartu ATM, beli atau bayar tagihan pada berbagai merchant yang sudah bermitra dengan Mandiri electronic cash.

Baca juga: Apple Card: Ini Pengertian dan Fitur Di Dalamnya

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Bank Mandiri berusaha keras agar seluruh jenis sistem operasi smartphone bisa menggunakan layanan e-cash. Sehingga, siapa saja bisa menggunakan aplikasi Mandiri electronic cash yang bisa di download di App Store, Play Store, Windows Phone Store, dan Blackberry App World.

Setelah berhasil mendownload aplikasi, Anda bisa menggunakan berbagai fitur yang tersedia pada dashboard yang berada di sisi kiri. Berbagai fitur tersebut mencakup home, isi ecash, kirim ecash, bayar toko, teman, tarik tunai ATM, bayar dan beli, pengaturan, log out.

Namun sebelum menggunakan layanan Mandiri electronic cash, Anda harus lebih dulu melakukan verifikasi nomor telepon. Bila sudah diverifikasi, nantinya Anda harus membuat PIN yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi menggunakan ecash. PIN ini sifatnya rahasia dan tidak boleh diberitahukan pada siapapun.

Berdasarkan jenis layanannya, pengguna layanan Mandiri electronic cash terbagi menjadi dua, yakni:

  • Pemilik Mandiri e-cash unregistered: Pemilik Mandiri electronic cash yang sudah terdaftar tapi data identitasnya tidak tercatat dengan saldo maksimal adalah sebesar 1 juta rupiah, yang mana pemilik bisa tetap melakukan kegiatan pembayaran dan pembelian.
  • Pemilik Mandiri e-cash registered: Pemilik Mandiri electronic cash yang telah terdaftar dan tercatat data identitasnya dengan saldo maksimal adalah sebanyak 5 juta rupiah, yang mana pemiliknya bisa melakukan pembelian, pembayaran, transfer, dan juga tarik tunai.

Baca juga: Google Wallet, Pengertian dan Cara Top Up-nya

Keuntungan Menggunakan Mandiri e-cash

Bank Mandiri menyediakan layanan Mandiri electronic cash sebagai salah satu inovasi dalam layanan perbankan. Karena, hampir semua orang saat ini sudah mempunyai smartphone. Untuk itu, Mandiri electronic cash akan mampu membantu pengguna seolah mesin atm ada di dalam genggaman.

Berbagai kemudahan yang ditawarkan pada Mandiri e-cash adalah sebagai berikut:

  • Membuka Rekening Bank Mandiri Tidak Harus Ke Bank

Nomor smartphone yang saat ini Anda gunakan akan bisa Anda jadikan sebagai nomor rekening Mandiri e-cash. Hal ini akan membantu Anda yang tinggal di remote area dan berada jauh dari kantor perbankan.

  • Pengganti Uang Tunai

Mandiri electronic cash bisa Anda gunakan di berbagai merchant yang sudah menjalin kerjasama dengan Mandiri e-cash. Anda hanya harus membawa smartphone Anda dan mengatakan bahwa Anda ingin membayar menggunakan mandiri e-cash.

  • Tidak Kekhawatiran Lupa Membawa Uang

Kejadian seperti lupa bawa uang atau dompet saat ingin melakukan transaksi sudah tidak perlu Anda khawatirkan lagi. Karena saat Anda menggunakan layanan Mandiri electronic cash, Anda sudah membawa uang di rekening Mandiri e-cash.

  • Mudah Melakukan Transfer

Saat ini Anda sudah tidak perlu lagi mengingat nomor rekening, karena Anda hanya harus mengingat nomor smartphone Anda saja. Hal tersebut akan sangat mempermudah Anda yang sering menggunakan layanan transfer.

Baca juga:

Perbedaan Mandiri E-Cash Dan E-Money

Sebenarnya, Mandiri e-Cash dan e-money sama-sama uang elektronik yang mana prinsip penggunaanya tidak menggunakan uang tunai. Sedangkan perbedaan antar keduanya adalah sebagai berikut:

1. Media yang Digunakan

Mandiri e-cash menggunakan media smartphone sedangkan e-money menggunakan media kartu prabayar dan e-wallet.

2. Dapat Dipindahtangankan

Untuk e-money prepaid card atau kartu prabayar bisa dipindahtangankan, sedangkan Mandiri e-cash tidak bisa dipindah tangankan. Bahkan, Anda bisa menggunakan e-money tersebut sebagai kado atau hadiah seperti voucher pengganti uang.

3. Nomor Rekening

Di dalam Mandiri e-cash, nomor smartphone Anda adalah nomor rekening mandiri e-cash Anda. Sedangkan e-money tidak ada nomor rekeningnya.

4. Transfer

Dengan rekening ecash, Anda bisa melakukan kegiatan transfer antar sesama rekening Bank Mandiri, dan rekening ecash yang lainnya. Sedangkan e-money tidak bisa melakukan hal tersebut.

5. Batasan Saldo Maksimum berbeda

e-Money prepaid card atau kartu e-Money prabayar mempunyai saldo maksimal sebesar 1 juta rupiah, sedangkan untuk mandiri e cash yang belum terdaftar saldo maksimalnya adalah 1 juta rupiah, dan 5 juta rupiah untuk yang sudah terdaftar.

6. Registrasi

Mandiri e-cash baru bisa Anda gunakan setelah Anda mendaftarkan nomor smartphone Anda sebagai nomor rekening. Sedangkan e-money tidak memberikan syarat pengguna untuk melakukan registrasi.

Baca juga: Cara Daftar PayPal untuk Kemudahan Bertransaksi Secara Internasional

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang e-cash. Untuk Anda yang tertarik dalam menggunakan e-cash, Anda bisa melakukan e-cash melalui cara yang sudah kami bagikan di atas.

Namun, Anda tidak boleh kalap dalam menggunakannya. Karena, seringkali kemudahan melakukan transaksi membuat banyak orang menjadi boros. Untuk itu, ada baiknya bagi Anda untuk mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan dan membagikannya pada setiap pos kebutuhan Anda.

Kegiatan ini bukan hanya penting dilakukan untuk individu saja, perusahaan bahkan pemerintahan pun harus melakukan kegiatan tersebut agar finansialnya lebih sehat.

Kabar baiknya, saat ini sudah ada software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online yang akan membantu Anda dalam mengelola finansial dan bisnis secara lebih efisien.

Dengan menggunakan Accurate Online, maka Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis secara otomatis, cepat dan akurat. Berbagai fitur luar biasa yang ada di dalamnya pun akan membuat bisnis Anda bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis.

Penasaran dengan Accurate Online? klik banner di bawah ini untuk mencobanya selama 30 hari, Gratis!

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia