Investor Relations adalah: Pengertian dan Tanggung Jawabnya dalam Perusahaan

Pernah mendengar istilah bernama investor relations? Beberapa dari kita mungkin masih asing dengan istilah ini. Terlebih apabila kita tidak bekerja di perusahaan publik yang merupakan salah satu jenis perseroan terbatas, di mana investor relations adalah salah satu departemen yang ada di dalamnya.

Investor relations atau biasa disingkat IR, sering juga disebut sebagai pihak yang menjadi jembatan informasi antara perusahaan dengan investor. Sebenarnya, apa saja tugas dan tanggung jawab departemen ini?

Artikel di bawah ini akan menjawab pertanyaan tersebut sekaligus menguraikan lebih lanjut mengenai pengertian dan peran penting departemen investor relations.

Apa Itu Investor Relations?

Menurut National Investor Relations Institute, investor relations adalah kegiatan pemasaran korporat yang menggabungkan disiplin ilmu komunikasi dan pemasaran untuk memberikan gambar yang tepat mengenai kinerja dan prospek perusahaan kepada investor maupun calon investor, untuk sekaligus memberikan pengaruh positif terkait nilai perusahaan.

Kata pemasaran dalam pengertian tersebut tidak selalu berarti menjual, melainkan lebih kepada memberikan edukasi dan melakukan komunikasi kepada para pemegang saham mengenai nilai saham perusahaan saat ini dan potensi nilainya di masa yang akan datang.

Dalam pengertian yang lebih sederhana, investor relations adalah divisi bisnis dalam perusahaan publik yang bertanggung jawab mengabarkan para investor mengenai semua urusan perusahaan.

Mereka yang bekerja di dalam departemen investor relations harus mengetahui informasi seputar kegiatan di departemen lain, khususnya departemen akuntansi, legal, dan excecutive management. Di mana biasanya, departemen ini melaporkan langsung ke Chief Financial Officer atau CFO.

Investor relations lebih berfokus pada hubungan di dalam perusahaan itu sendiri, yakni dengan investor dan pihak lain dari departemen keuangan. Berbeda dengan public relations (PR) yang berfokus pada hubungan perusahaan dengan dunia luar, seperti media dan publik.

Kendati demikian, akan lebih ideal apabila departemen IR dan PR bekerja sama dalam menyelaraskan visi dan misi perusahaan, termasuk apa yang dibutuhkan oleh perusahaan dan apa yang perlu disampaikan di hadapan publik.

Baca juga: Downtrend Adalah: Pengertian dan Penyebabnya Pada Pergerakan Saham

Peran Penting Investor Relations di dalam Perusahaan

Peran utama departemen investor relations adalah memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan harga saham optimal tanpa melupakan nilai-nilai perusahaan tersebut. Sehingga, meski pekerjaannya berkaitan erat dengan dunia keuangan, mereka terkadang perlu menyediakan data non finansial yang bisa meningkatkan nilai perusahaan.

Mereka juga berperan sebagai perwakilan perusahaan terhadap investor maupun sebaliknya. Ketika ada feedback dari investor, investor relations bertanggung jawab untuk menyampaikannya ke perusahaan.

Terakhir, peran penting yang diemban oleh investor relations adalah menyelesaikan salah satu proses penjualan atau sales, yaitu penutupan atau closing.

Baca juga: Likuiditas Bank Adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Mengelolanya

Tugas dan Tanggung Jawab Investor Relations

Berdasarkan uraian terkait pengertian dan peran penting di atas, kini diketahui bahwa tugas dan tanggung jawab departemen investor relations setidaknya meliputi tiga hal berikut ini, yakni mengatur pertemuan, merilis informasi finansial, dan mengurus laporan keuangan.

1. Mengatur Pertemuan

Perusahaan biasanya baru membentuk tim investor relations ketika akan go public atau dalam fase IPO (Initial Public Offering). Mereka dibutuhkan sebagai tim yang akan mengaudit keuangan internal perusahaan dan berkomunikasi dengan para calon investor IPO.

Pasalnya, ketika perusahaan memasuki fase IPO, akan banyak investor yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang perusahaan tersebut. Di sinilah tugas dan tanggung jawab investor relations, yakni mengatur pertemuan antara perusahaan dengan investor tersebut ataupun dengan pemegang saham dan pers.

Karena hal tersebut pula, departemen IR membutuhkan data kualitatif dan kuantitatif, mulai dari deskripsi produk, laporan keuangan, hingga struktur organisasi perusahaan, yang nantinya digunakan sebagai sumber informasi kepada calon investor.

2. Merilis Informasi Finansial

Investor relations juga perlu merilis informasi finansial perusahaan ke investor. Begitu pun dengan informasi non finansial jika memang dibutuhkan. Intinya, departemen ini harus mengetahui semua informasi penting dan dapat menjadi jembatan yang baik dalam mengkomunikasikan hal tersebut.

3. Mengurus Laporan Keuangan

Terakhir, yang menjadi tugas dan tanggung jawab investor relations adalah mengurus laporan keuangan. Hal ini dimulai dari pengarsipan sampai ke penerbitan laporan tersebut, yang tentunya dilakukan di bawah naungan komisi keuangan.

Baca juga: Financial Controller: Pengertian dan Fungsinya Untuk Bisnis

Penutup

Investor relations adalah pihak yang menjadi perantara informasi antara perusahaan dengan investor. Tugas utamanya adalah memberikan gambaran yang tepat terkait kinerja dan prospek perusahaan di masa sekarang dan di masa yang akan datang. Tentunya dengan memberikan pengaruh yang positif pula terkait nilai perusahaan.

Selain itu, investor relations juga bertanggung jawab dalam mengurus laporan keuangan. Hal ini tentu membutuhkan ketelitian dan ketepatan perhitungan agar tidak terjadi kesalahan dalam pencatatan hingga penerbitan laporan keuangan. Untuk memudahkan proses ini, Anda bisa menggunakan software akuntasi dan bisnis seperti Accurate Online.

Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan. Berbagai fitur dan keunggulan tersedia secara lengkap dan mudah untuk digunakan bahkan bagi pemula. Anda juga bisa mengaksesnya kapan saja serta di mana saja sehingga dapat memantau pekerjaan dan arus keuangan secara fleksibel.

Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, Accurate Online juga telah dipercaya dan digunakan oleh ratusan ribu pebisnis dari berbagai sektor usaha di Indonesia. Tertarik untuk menggunakannya?

Jika iya, silahkan klik tautan gambar di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia