Tips Mengatasi Stres Kerja dan Mengenali Ciri-Cirinya Dengan Baik

Seberapa besar atau banyak pun kesukaan Anda dengan pekerjaan, stres kerja adalah suatu hal yang sulit untuk dihindari. Terdapat banyak sekali alasan yang bisa menjadi penyebab terjadinya stres kerja. Baik itu karena faktor eksternal ataupun faktor internal dari diri Anda sendiri.

Gaji yang mulai tidak bisa memenuhi berbagai kebutuhan Anda, lingkungan kerja yang mulai tidak nyaman, beban kerja yang mulai meningkat, adalah beberapa alasan yang mungkin Anda rasakan dan membuat Anda mengalami stres kerja.

Lalu, bagaimana cara mengatasi stres kerja? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang stres kerja di bawah ini hingga selesai.

Ciri-Ciri Stres Kerja

Luangkanlah waktu Anda untuk memeriksa apakah Anda sudah merasakan berbagai tanda di bawah ini. Bila banyak yang sama, maka itu artinya Anda sudah mulai mengalami stres kerja.

1. Adanya Perubahan Fisik, Psikis, dan Perilaku

Tanda dan gejala fisik karena stres kerja mencakup ketegangan otot, kelelahan, berdebar, sakit kepala, dan sulit tidur. Gangguan lainnya seperti diare, nyeri ulu hati dan sulit buang air besar pun bisa terjadi karena stres kerja.

Sedangkan untuk gejala psikis karena stres kerja adalah seperti cemas, depresi, pesimistis, iritabilitas, hilangnya rasa semangat, dan juga panik. Anda pun sulit berkonsentrasi dan membuat keputusan penting.

2. Rambut Rontok

Adalah hal yang normal bila Anda kehilangan beberapa helai rambut di setiap harinya. Tapi, bila jumlah rambut yang rontok tersebut kurang normal, seperti 100 helai per hari, maka kondisi tersebut bisa menjadi tanda Anda mengalami stres.

Stres bisa menyebabkan adanya dorongan pada berbagai folikel rambut untuk masuk ke dalam fase istirahat. Beberapa bulan setelahnya, rambut dari folikel pun akan masuk dalam fase istirahat dan mulai mengalami kerontokan.

Baca juga: Apa itu Tenaga Kerja Langsung dan Bagaimana Menghitungnya dalam Akuntansi?

7 Cara Mengatasi Stres Kerja

Nah sebelum stres kerja ini berhasil menguasai semua lini kehidupan Anda, ada baiknya agar Anda mengatasinya dengan baik dan ikutilah beberapa cara dibawah ini untuk bisa mengatasi stres kerja.

1. Perhatikan Pola Makan dan Pola Tidur

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengatasi stres kerja adalah dengan memperhatikan pola makan dan pola tidur Anda. Mereka yang sedang mengalami kondisi ini biasanya akan mempunyai pola makan yang tidak teratur dan mengalami gangguan tidur yang buruk.

Bila Anda tidak memperbaikinya, maka hal tersebut akan berlanjut dan mengganggu kesehatan fisik Anda. Untuk itu, konsumsilah makanan yang bisa meningkatkan suasana hati Anda. Jangan lupa juga untuk memerhatikan porsinya agar tidak terlalu berlebihan.

Selain itu, aturlah jam tidur Anda dan lakukanlah beberapa kegiatan yang bisa membuat Anda tetap santai agar bisa cepat tidur. Agar lebih nyaman tidur, Anda bisa mencoba merapikan kamar Anda lalu berbaring dan mengatur nafas Anda agar bisa lebih rileks.

Ketika pola makan dan tidur yang baik sudah menjadi rutinitas sehari-hari Anda, maka stres kerja yang saat ini sedang Anda rasakan pun perlahan-lahan akan berkurang.

2. Memulai dengan Hal yang Menyenangkan

Hal yang Anda lakukan untuk memulai hari akan sangat berdampak pada semua hari yang akan Anda lewati. Setiap pagi, mungkin Anda harus berusaha keluar dari macetnya jalanan atau mengantre kendaraan umum sebelum tiba di kantor. Sesampainya di kantor pun Anda langsung dihadapkan dengan pekerjaan yang menumpuk.

Rutinitas yang buruk seperti itu akan sangat mungkin menimbulkan stres kerja. Untuk mengatasinya, cobalah dengan memulai rutinitas pagi yang mampu membuat pikiran Anda lebih positif dan lebih rileks. Anda bisa mengisi waktu perjalanan ke tempat kerja sambil mendengarkan musik kesukaan Anda.

Bila sudah tiba di kantor, duduklah sebentar dan sediakanlah sedikit waktu untuk bisa menikmati secangkir teh atau kopi.

Buatlah diri Anda nyaman agar bisa memulai hari dengan berbagai pikiran yang positif. Bila sudah, mulailah menyusun agenda harian Anda agar Anda tahu apa yang harus Anda lakukan hari ini.

Memulai hari dengan suasana hati yang bagus dan pikiran yang positif akan sangat membantu Anda untuk mengurangi kondisi ini.

3. Fokuslah Pada Solusi, Bukan Masalah

Biasanya, hal pertama yang dilakukan seseorang ketika dihadapkan dengan masalah adalah memikirkannya secara terus-menerus. Nah, kebiasaan ini akan membuat Anda mengalami stres kerja. Menghindari suatu masalah adalah hal yang mustahil, terlebih lagi didunia kerja. Anda akan selalu dihadapkan dengan masalah.

Tapi, hal yang sangat penting adalah Anda harus fokus dalam mencari solusi untuk keluar dari masalah tersebut. Ada kalanya Anda diberikan beban kerja yang terlalu berat dan merasa apa yang Anda peroleh tidak sepadan dengan apa yang sedang Anda kerjakan.

Lalu, Anda terus memikirkan hal tersebut dan merasa stres, lalu apakah pekerjaan tersebut bisa selesai secara instan? Tentunya tidak.

Suatu pekerjaan tidak akan bisa selesai bila tidak dikerjakan. Pun sama halnya dengan masalah yang tidak akan pernah selesai bila Anda tidak fokus dalam menemukan solusinya.

Cobalah untuk berhenti memikirkan banyak hal dan mulailah untuk bertindak dan menyelesaikan berbagai masalah agar Anda bisa terhindar dari stres kerja.

Baca juga: Serba-Serbi Kerja Kantoran: Plus-Minus Hingga Tipe Pekerja yang Sering Ditemui

4. Me Time

Cara lainnya untuk mengatasi stres kerja adalah dengan melakukan me time.

Kesibukan yang terjadi di pekerjaan akan sangat mungkin membuat Anda lupa untuk menyisihkan waktu Anda sendiri. Anda harus bekerja dan jadi tidak mempunyai waktu yang cukup untuk melakukan berbagai hal yang Anda sukai. Andapun mulai mengalami stres kerja dan membenci rutinitas tersebut tanpa Anda sadari.

Jika Anda memang sudah mulai merasakan kondisi ini, berhentilah terlebih dulu dan habiskanlah waktu untuk diri Anda sendiri. Anda bisa menghabiskan waktu di rumah untuk sekedar menonton film ataupun membaca buku.

Jangan lupa juga untuk mematikan data smartphone Anda dan tutuplah diri Anda dari berbagai berita di media sosial yang sebenarnya tidak penting untuk Anda.

Penelitian telah membuktikan bahwa menghindari media sosial mampu meningkatkan rasa bahagia Anda. Esok harinya, Anda pasti bisa lebih segar dan bisa kembali mengerjakan berbagai rutinitas dengan aura yang lebih baik.

5. Berlibur Sejenak

Selain karena kurangnya me time, hal lainnya yang mungkin menjadi penyebab terjadinya stres kerja adalah kurangnya berlibur. Untuk itu, manfaatkanlah waktu libur Anda untuk mengunjungi berbagai tempat baru.

Anda tidak harus mengunjungi tempat jauh, Anda bisa mencari tahu bila ada tempat baru di sekitar tempat tinggal Anda yang bisa Anda kunjungi.

Anda juga bisa menggunakan waktu ini untuk sekedar quality time dengan mereka yang Anda sayangi. Walaupun cara ini tidak menyelesaikan masalah yang bisa membuat Anda stres kerja secara langsung, tapi minimal pikiran Anda bisa lebih segar dan bisa lebih berfikir jernih agar bisa menghadapi masalah.

6. Sharing dan Buka Obrolan Positif di Tempat Kerja

Faktor lainnya yang bisa menjadi pemicu kondisi ini adalah Anda mulai tidak nyaman lagi dengan lingkungan kerja. Anda juga sudah mulai terbawa suasana dengan banyak orang di sekitar Anda yang sering mengeluhkan pekerjaan.

Daripada terbawa suasana dan turut merasakan stres kerja, akan lebih baik bila Anda mulai mengubah aura kerja Anda ke arah yang lebih positif. Saat Anda mulai membicarakan hal yang positif, maka akan ada orang lain juga yang menanggapinya dengan positif.

Dengan bersikap lebih optimis dan positif, maka Anda bisa mengurangi stres kerja yang Anda dan rekan-rekan Anda alami. Anda bisa kembali menciptakan lingkungan kerja yang lebih nyaman.

7. Fokus dan Melakukan yang Terbaik

Poin terakhir ini bisa Anda lakukan untuk mengurangi stres kerja dan mulai mencintai rutinitas kerja Anda. Anda mungkin tidak merasa cocok dengan pekerjaan Anda saat ini dan mengimpikan pekerjaan yang jauh lebih baik.

Tapi, Anda tentunya tidak bisa memperolehnya secara instan, Anda harus menyelesaikan pekerjaan saat ini terlebih dulu.

Anda harus percaya bahwa sesuatu yang lebih besar sudah menunggu Anda di luar sana, dan cara untuk menuju sesuatu tersebut adalah dengan menyelesaikan pekerjaan Anda dengan baik. Sehingga, Anda bisa mulai belajar mencintai rutinitas Anda.

Baca juga: Pengertian Tenaga Kerja Tidak Langsung dan Cara Menghitungnya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang ciri-ciri stres kerja dan cara untuk mengatasi stres kerja tersebut. Pihak manajemen perusahaan pun sudah sepatutnya memerhatikan karyawannya agar tidak mengalami stres kerja, sehingga bisa terus produktif dan menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

Bila Anda adalah seorang pimpinan atau pebisnis dari suatu perusahaan, Anda bisa mencegah stres kerja yang dialami karyawan dengan membantu mereka untuk menyediakan berbagai tools tertentu agar pekerjaan yang mereka lakukan bisa lebih cepat dan mudah diselesaikan.

Salah satu tools yang wajib Anda perhitungkan adalah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Aplikasi yang dikembangkan dengan basis cloud ini akan memudahkan pekerjaan para akuntan dan tim finansial dalam mencatat dan melakukan pembukuan. Di dalamnya, mereka akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Selain itu, berbagai lini operasional bisnis Anda pun akan berjalan lebih efisien, karena Accurate Online sudah dibekali dengan fitur canggih yang luar biasa, seperti fitur persediaan, penjualan, pembelian, manufaktur, perpajakan, dan masih banyak lagi.

Tertarik? Klik banner di bawah ini untuk mencoba Accurate Online selama 30 hari, Gratis!

elvina

Penulis yang berasal dari lulusan jurnalistik yang tertarik dengan gaya hidup perkantoran dan dunia kerja. Di blog Accurate Online, Vina juga sering membuat berbagai konten artikel yang bermanfaat untuk pebisnis dan karyawan di Indonesia.