Apa itu Marketing? Kenapa Sangat Penting bagi Bisnis?
Salah satu hal yang memberikan kontribusi terbesar dari kesuksesan suatu bisnis adalah marketing. Sehingga, marketing dapat disebut sebagai kunci untuk penjualan yang besar.
Marketing juga memberi dampak yang besar untuk kelangsungan hidup dari suatu perusahaan di masa mendatang.
Lantas apa itu marketing? bagaimana dapat berdampak terhadap bisnis?
Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui tentang apa itu marketing dan bagaimana perannya lebih dalam.
Daftar Isi
Apa itu Marketing?
Marketing adalah kegiatan untuk memenuhi beragam kebutuhan serta kepuasan konsumen dengan melakukan beragam cara.
Mengutip dari Investopedia, Apa itu marketing mengacu pada aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan pembelian atau penjualan produk atau layanan.
Pemasaran mencakup periklanan, penjualan, dan pengiriman produk ke konsumen atau bisnis lain. Beberapa pemasaran dilakukan oleh afiliasi atas nama perusahaan.
Mulai dari membuat produk, tempat penjualan, menentukan harga, serta melakukan promosi produk.
Dalam pengertian lain, apa itu marketing atau pemasaran merupakan kombinasi aktivitas yang saling berhubungan di dalam suatu usaha agar tahu kebutuhan konsumen.
Sehingga, perusahaan bisa mengembangkan harga, produk, layanan, serta promosi untuk memenuhi kebutuhan dan memeroleh keuntungan.
Dengan adanya marketing, konsumen bisa lebih mudah dalam memenuhi kebutuhannya. Yang dilakukan konsumen hanya perlu menukarkan berbagai produk dan jasa dari produsen dengan uang.
Sehingga, apabila kegiatan pemasaran bisa berjalan dengan optimal, maka bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal kepada perusahaan.
Dari uraian tersebut, apa itu marketing menjadi sesuatu yang harus selalu diperhatikan oleh suatu perusahaan.
Baca juga : Pengertian Manajemen Marketing: 5 Konsep dan Fungsinya
Fungsi Marketing
Setelah mengerti apa itu marketing. Mari kita pahami apa itu marketing dari sisi fungsinya terhadap bisnis.
Marketing merupakan bagian yang penting dari perusahaan. Dengan adanya kegiatan pemasaran yang baik, maka perusahaan bisa mencapai tujuannya.
Nah, sebenarnya apa fungsi dari marketing? Mari, membahasnya di bawah ini:
1. Fungsi Pendistribusian Fisik
Untuk mendistribusikan produk secara fisik, yang perlu dilakukan adalah dengan mengangkut serta menyimpannya.
Dimana produk tersebut bisa memenuhi kebutuhan konsumen dengan pendistribusian berbagai cara.
Setelah itu, produk disimpan dalam rangka menjaga stok produk. Sehingga, pada saat konsumen membutuhkannya, masih terdapat stok dan tidak sampai terjadi kekurangan.
2. Fungsi Alat Pertukaran
Dalam kegiatan marketing, konsumen bisa melakukan pertukaran dengan produsen dan pelaku marketing untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Konsumen tentu saja membeli produk dari produsen. Caranya dengan menukar uang dengan produk tersebut.
Atau bisa juga dengan menukar produk yang dibutuhkan konsumen dengan produk lain untuk digunakan sendiri maupun diperjual belikan kembali.
3. Fungsi Perantara
Marketing adalah media perantara yang paling baik untuk menyampaikan produk dari produsen pada konsumen.
Yang mana kegiatan pemasaran akan menghubungkan beragam aktivitas pertukaran dengan distribusi secara fisik.
Kegiatan pemasaran dalam fungsi perantaranya meliputi pencarian informasi, pengelompokan produk, pembiayaan, dan sebagainya.
Selain itu, kegiatan pemasaran juga merupakan salah satu divisi dalam suatu perusahaan. Dimana ada fungsi lainnya yang meliputi:
- Sebagai sales perusahaan.
- Sebagai penggerak promosi.
- Sebagai riset serta pengembangan produk
- Sebagai perwujudan konsep marketing communication
Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pemasaran sejatinya bukan hanya mengenai cara dalam menjual produk.
Namun juga mengenai bagaimana mendapatkan konsumen baru serta mempertahankan konsumen yang lama.
Baca juga : Jenis-jenis Digital Marketing yang Cocok Anda Coba untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis
Empat Konsep Dasar Marketing
Mengetahui apa itu marketing secara arti sudah, mengetahui fungsi apa itu marketing juga sudah. Mari kita berlanjut ke konsep-konsep yang dapat diterapkan dalam dunia marketing.
Dalam dunia usaha, staff marketing harus memahami benar-benar tentang apa itu pemasaran.
Nah, dalam memahami tentang pemasaran, maka ada empat konsep dasar yang mesti dipahami. Apa saja kah?
1. Konsep Produksi
Konsep dasar pemasaran yang pertama adalah produksi. Dalam hal ini, pengusaha perlu tahu apa saja produk yang sedang sangat diminati oleh konsumen.
Sebaiknya, pengamatan langsung dilakukan di lapangan. Hal lain yang perlu diselidiki adalah harga barang di pasar.
Sehingga, bisa menjadi suatu acuan dalam merencanakan produk perusahaan kedepannya.
2. Konsep Produk
Pada dasarnya, konsumen menyukai produk yang memiliki kualitas tinggi. Maka dari itu, harus ada peningkatan kualitas produk secara kontinu.
Dengan begitu, maka produk perusahaan bisa bersaing dengan perusahaan yang lain. Berikan keunikan pada produk Anda, sehingga konsumen dapat membedakannya dengan produk lain.
Baca juga : 10 Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Cuan
3. Konsep Penjualan
Selanjutnya, konsep pemasaran yang harus dipahami adalah penjualan. Dimana salah satu bagiannya adalah promosi.
Pengertian dari apa itu marketing dengan promosi sendiri adalah memperkenalkan produk yang dimiliki pada konsumen.
Lakukan teknik-teknik penjualan yang menarik seperti memberikan bonus pada pembeli dengan syarat membagikan informasi produk pada orang lain.
Sehingga, secara tidak langsung, konsumen akan tertarik membeli dan mempromosikan produk Anda.
4. Konsep Pemasaran
Konsep ini adalah lanjutan konsep penjualan. Tujuan pemasaran adalah kebutuhan pasar yang terpenuhi.
Sehingga, Anda harus memerhatikan dengan baik mengenai kepuasan pelanggan. Dengan begitu, secara tidak langsung, Anda bisa memenuhi keinginan pasar.
Baca juga : Apa itu Paid Marketing? Ini Pengertian, Jenis dan 6 Manfaat Besarnya untuk Bisnis
Strategi Pemasaran
Untuk bisa mencapai tujuan perusahaan, kegiatan pemasaran harus menerapkan strategi yang tepat.
Tentu saja, strategi pemasaran selalu berubah dari waktu ke waktu sesuai dengan keadaan pasar.
Berikut ini adalah berbagai strategi dari apa itu marketing yang paling efektif pada masa sekarang adalah:
1. Marketing Transaksional
Saat ini, strategi transaksional banyak dipilih karena bisa mendongkrak penjualan.
Anda bisa memberikan kupon belanja, diskon, promosi, maupun mengadakan event besar. Cara ini telah terbukti secara efektif untuk menarik minat pembeli.
2. Iklan Berbayar
Strategi marketing iklan berbayar telah lama dikenal. Namun, masih efektif hingga saat ini. Sebab, bisa memperkenalkan produk secara lebih luas.
Strategi ini banyak dilakukan dengan cara membayar platform penyedia ruang iklan agar bisa menampilkan produk miliknya.
Baca juga : Tertarik Memasang Iklan? Kenali Jenis Iklan yang Cocok untuk Bisnis Anda
3. Pemasaran Melalui Media Sosial
Jumlah pengguna media sosial di dunia memang sangat banyak. Sehingga, bisa menjadi pasar yang menjanjikan.
Selain itu, media sosial memiliki banyak keuntungan seperti jangkauan yang tidak terbatas, mudah untuk dilakukan, lebih hemat biaya, serta bisa menjangkau lapisan konsumen yang berbeda.
Dengan pemasaran melalui media sosial, maka produk bisa lebih dikenal sehingga bisa meningkatkan omzet.
4. Marketing Interaktif
Cara melakukan pemasaran interaktif adalah dengan melibatkan konsumen pada proses pemasaran.
Contohnya dengan mencantumkan nama konsumen di dalam produk dengan teknik kustomisasi. Cara ini sangat efektif dalam menjaga loyalitas konsumen.
5. Content Marketing
Di dunia digital, konten memiliki fungsi yang sangat berharga. Bahkan, dapat menjadi salah satu strategi pemasaran.
Pemasaran tidak dilakukan secara langsung, melainkan dengan membagikan konten secara bernilai, informatif, serta dibutuhkan oleh konsumen.
Baca juga : 10 Strategi Pemasaran, Pengertian, Fungsi, Contoh dan Elemen dalam Pemasaran
Peran Pemasaran dalam Menentukan Kesuksesan Produk
Terakhir, mari kita pahami peran apa itu marketing dalam menentukan kesuksesan dari pengembangan suatu produk.
Marketing adalah ujung tombak dari suatu perusahaan. Serta akan menentukan kesuksesan dari suatu produk yang diluncurkan ke pasar. Sehingga, ada beberapa peran yang harus dilakukan dengan baik, diantaranya:
- Membuat perencanaan produk : peran marketing dalam kesuksesan produk adalah dengan merencanakan produk untuk diproduksi, Sehingga, produk mempunyai peluang yang besar untuk dipasarkan secara luas.
- Mengindentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen : kualitas produk harus disesuaikan dengan harapan konsumen. Dengan begitu, penjualan akan semakin bertambah.
- Melakukan riset di pasar : riset harus dilakukan untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan konsumen dan produk lain yang beredar di pasar.
- Melayani konsumen dengan baik : Pelayanan dari perusahaan juga akan menentukan keputusan dari konsumen apakah akan menggunakan produk dan jasa tersebut atau tidak.
- Merancang strategi pemasaran : Produk yang berkualitas sekalipun tidak akan sukses jika tidak ada strategi pemasaran yang tepat sasaran. Strategi pemasaran telah dipaparkan pada poin sebelumnya.
Saat ini, persaingan bisnis sangat ketat. Sehingga, pelaku usaha harus benar-benar memutar otak dan melakukan inovasi marketing dengan lebih kreatif.
Tentu saja strategi marketing yang harus dijalankan harus sesuai dengan perkembangan zaman.
Selain marketing, hal lain yang perlu Anda perhatikan agar keuangan bisnis Anda tetap terpantau secara optimal adalah dengan melakukan pembukuan.
Jika Anda memerlukan proses pembukuan yang lebih cepat dan efisien daripada pembukuan manual,
Anda bisa menggunakan software berbasis cloud yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja Anda mau seperti Software Akuntansi dan Bisnis Accurate Online.
Cobalah Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :