Divisi Marketing Terdiri dari Apa Saja, ya? Ini Jawabanya!

Saat Anda membaca membaca judul di atas, pasti hal pertama yang Anda pikirkan pasti sales. Padahal, divisi marketing jauh lebih luas daripada hanya menjual ataupun menjadi seorang salesman maupun saleswoman saja.

Bisa dibilang, divisi marketing adalah separuh nyawa dari ujung pedang penjualan produk dalam suatu perusahaan, terlepas dari jenis, skala penjualan produk atau besar kecilnya perusahaan, divisi marketing diperlukan secara mutlak.

Lalu, divisi marketing terdiri dari apa saja, sih? Tenang, karena kami sudah merangkum jawabannya secara singkat khusus untuk Anda di bawah ini.

Divisi Marketing Terdiri dari Apa Saja, Sih?

1. Product Manager/ Brand Manager

Product ataupun brand manager atau di dalam beberapa perusahaan sering dikenal dengan product executive, adalah mereka yang bertugas di dalam brand dan juga omset penjualan dalam suatu perusahaan, walaupun memang mereka tidak secara langsung terjun ke dalam proses penjualan.

Biasanya, mereka diberikan tanggung jawab secara langsung untuk memegang anggaran komunikasi perusahaan. Sehingga, mereka harus tahu tentang, apa, kapan, dan bagaimana perusahaan membuat event, iklan, sampai berbagai diskon tertentu.

Biasanya, mereka akan membawahi orang-orang yang bertugas sebagai sales dalam suatu perusahaan. Mereka juga harus bisa membina orang-orang tersebut, karena sales adalah ujung pedang utama perusahaan.

Walaupun tidak secara langsung terjun ke lapangan, bila pemasukan perusahaan sedang turun, umumnya merekalah orang yang pertama kali akan disalahkan.

Karena adanya tanggung jawab yang besar tersebut, maka mereka bisa diberikan gaji pokok rata-rata mulai dari 30 juta rupiah hingga 50 juta rupiah perbulan. Tapi, gaji tersebut khusus untuk senior brand manager saja. Untuk junior, kemungkinan besar bisa mendapatkan gaji pokok dari mulai belasan hingga 20 jutaan rupiah per bulan.

Baca juga: 12 Tips Marketing untuk Kampanye Pemasaran yang Efektif

2. Community Manager atau Engagement Manager

Sama seperti namanya, mereka yang mengisi posisi ini memiliki tugas untuk menjaga hubungan yang baik antar perusahaan dengan pelanggan perusahaan. Namun, hal tersebut tidak dilakukan secara langsung.

Mereka harus melakukan analisis produk yang dijual oleh pihak perusahaan, lalu menerapkan strategi dengan berdasarkan evaluasi tersebut, sehingga keluhan yang ada akan tertangani dan hubungan yang baik pun akan terjaga dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Tujuan mereka adalah untuk mendapatkan kesetiaan pelanggan atau repeat order dalam bisnis. Umumnya, mereka akan diberikan target pemasukan minimal atau customer engagement minimal oleh perusahaan tempatnya bekerja.

Walaupun sama-sama mempunyai tanggung jawab yang besar, tapi seorang senior engagement manager dalam satu bulan bisa mendapatkan gaji rata-rata mulai dari 20 juta rupiah hingga 50 juta rupiah.

3. Area Manager

Jika pada kedua bidang sebelumnya lebih banyak berurusan dengan penjualan yang berorientasi pada pelanggan, maka seorang area manager akan lebih banyak berhadapan dengan penjualan yang berorientasi pada lokasi.

Mereka tidak akan dituntut banyak untuk berpikir mengembangkan brand, iklan, sampai strategi diskon. Karena, hal tersebut sepenuhnya telah diatur oleh brand manager. Namun, mereka akan lebih banyak berkaitan dengan panen produk di pasar dan menghadapi berbagai masalah yang timbul di dalamnya.

Contohnya, mereka membuat suatu strategi tentang bagaimana cara berbagai toko di dalam suatu area yang mereka pegang bisa yakin untuk mendistribusikan barang yang dijual. Bila toko malas untuk mengambil barang dengan 1001 alasan, maka hal tersebut harus bisa diselesaikan oleh area manager.

Selain itu, mereka pun harus memiliki ilmu tentang manajemen stok dan juga rantai pasok. Jika permintaan lebih tinggi dan stok persediaan kosong, maka area manager akan mendapatkan teguran oleh perusahaan.

Penghasilan mereka pun tidak sebesar brand manager dan juga engagement manager, tapi mereka bisa tetap mendapatkan gaji yang lumayan besar, mulai dari 15 juta rupiah sampai dengan 25 juta rupiah per bulan.

4. Marketing Director

Seorang marketing director mempunyai tanggung jawab yang besar dan langsung pada seluruh proses marketing yang terdapat di dalam suatu perusahaan. Semua strategi pemasaran yang diurus berbagai jabatan di atus harus berdasarkan arahan dari seorang marketing director.

Jadi, marketing director adalah bos besar dari divisi marketing perusahaan. Untuk itu, jangan heran bila seorang senior marketing director di dalam perusahaan besar bisa memperoleh upah bulanan sebesar 50 juta rupiah sampai 150 juta rupiah per bulan.

Baca juga: Marketing adalah Kunci untuk Penjualan, Mari Ketahui Lebih Dalam

Penutup

Demikianlah jawaban dari kami tentang pertanyaan Anda tentang “divisi marketing terdiri dari apa saja, ya?”. Jadi, divisi dan pekerjaan dari divisi marketing sangat berbeda dengan divisi sales walaupun keduanya memang memiliki hubungan yang erat.

Jika Anda adalah seorang pebisnis, maka Anda harus bisa mengetahui peran keduanya secara baik. Selain itu, Anda juga harus mencatat setiap anggaran yang diperlukan dalam kegiatan marketing dengan baik di dalam laporan keuangan perusahaan.

Namun, mengelola dan mencatatnya secara manual tentu akan sangat memakan banyak waktu dan rentan terjadi resiko kesalahan input data. Nah, solusinya Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Kenapa? Karena Accurate Online mampu mencatat berbagai kebutuhan akuntansi secara otomatis dan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara akurat. Andapun bisa mengakses setiap laporan tersebut secara mudah di mana saja dan kapan saja Anda perlukan.

Lebih dari itu, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang akan membantu Anda dalam melakukan kegiatan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang di gudang, menyelesaikan administrasi perpajakan, dan masih banyak lagi.

Anda bisa mulai mencoba seluruh kelebihan dan fitur luar biasa dari Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.