Mengenal Telesales, Seorang Ahli Penjualan yang Mampu Tingkatkan Keuntungan Bisnis

oleh | Feb 15, 2023

source envato.

Mengenal Telesales, Seorang Ahli Penjualan yang Mampu Tingkatkan Keuntungan Bisnis

Perlu Anda ketahui bahwa saat ini telesales menjadi sosok ahli penjualan yang banyak dibutuhkan oleh hampir seluruh perusahaan. Kenapa? Karena performa mereka sangat dibutuhkan agar bisnis perusahaan mampu meraih keuntungan yang stabil melalui adanya respect dan juga klien baru.

Nah dalam kesempatan kali ini, mari kita mengenal lebih dalam tentang telesales melalui artikel di bawah ini.

Apa itu Telesales?

accurate.id gambar telesales 1

Dilansir dari laman Indeed, telesales adalah perwakilan perusahaan yang bertanggung jawab dalam menjual produk barang atau layanan jasa melalui media telepon. Kehadiran mereka diharapkan bisa menjangkau prospect dan pelanggan secara langsung agar bisa mendorong mereka untuk membeli penawaran perusahaan.

Karena mereka bekerja sesuai dengan target perusahaan, maka tidak jarang para representatif ini akan membangun strategi penjualan melalui hubungan yang kuat dengan pelanggan.

Mereka nantinya akan lebih fokus pada keinginan dan juga kebutuhan pelanggan daripada menggunakan teknik penjualan konvensional yang dirasa kurang efektif.

Baca juga: Apa itu Sales Training? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

Jenis-Jenis Telesales

accurate.id gambar telesales 2

Sebenarnya, tugas dari seorang telesales akan dipilih berdasarkan kebutuhan setiap perusahaan. Untuk itu, perusahaan umumnya mempunyai dua jenis telesales, yakni inbound dan outbound telesales.

Nah, berikut ini adalah penjelasan singkat terkait keduanya tersebut.

1. Inbound Telesales

Mereka adalah para petugas yang memiliki tanggung jawab dalam menerima panggilan dari para prospect dan customer lain. Biasanya, mereka akan ditugaskan untuk menjawab seluruh pertanyaan dan keluhan para pelanggan serta prospek bisnis.

Tujuan utama mereka adalah agar bisa menciptakan rasa kepercayaan antara para pelanggan dan perusahaan.

2. Outbound Telesales

Mereka akan bertugas dalam menelepon target pelanggan yang sesuai dengan profil dan kebutuhan perusahaan. Mereka nantinya akan diberikan daftar yang didalamnya berisi nama dan akun yang harus ditelepon dan ditawarkan produk ataupun layanan perusahaan.

Tujuan utama dari outbound telesales adalah untuk lead generation dan juga prospection.

Baca juga: Apa itu Sales Canvassing? Ini Tujuan, Karakteristiknya!

Deskripsi Pekerjaan Telesales

accurate.id gambar telesales 3

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa kita ketahui bahwa seorang telesales harus mempunyai sifat yang gigih dan juga persuasif. Selain itu, diperlukan juga kemampuan komunikasi dan jaringan yang luas.

Menurut laman Better Team, fokus utama dari profesi ini adalah mengembangkan bisnis melalui hubungan profesional yang sehat bersama para pelanggan.

Dalam mencapai tujuan tersebut, maka beberapa pekerjaan yang harus dilakukan oleh mereka setiap hari adalah sebagai berikut:

1. Lead Generation

Dilansir dari laman Chron, lead generation adalah tugas yang paling penting dari seorang telesales yang mampu memberikan dampak pada kesuksesan tim sales.

Kenapa? Karena fokus dari lead generation ini sangat efektif dalam meningkatkan jumlah pelanggan baru.

Mereka harus menghubungi calon pelanggan yang sudah menanggapi iklan ataupun kampanye pemasaran perusahaan. Pada intinya, mereka harus mengajukan beberapa pertanyaan pada calon pelanggan tentang minat mereka untuk membeli produk barang atau layanan jasa perusahaan.

Setelahnya, para representatif akan meneruskan prospect yang memiliki minat pada tim sales representatives untuk selanjutnya diproses.

2. Direct Sales

Seorang telesales juga harus menghubungi pelanggan dalam untuk menawarkan produk perusahaan. Biasanya, mereka akan menggunakan database agar bisa mengidentifikasi pelanggan yang pernah membeli produk perusahaan.

Dilansir dari laman Workable, mereka nantinya akan menggunakan metode penjualan langsung yang bisa memberikan jawaban dari apa yang dibutuhkan pelanggan. Tujuannya adalah agar bisa meningkatkan angka penjualan dan mengurangi biaya operasional tim sales.

3. Order Processing

Mereka terkadang akan diminta oleh sales manager untuk mengelola pesanan produk dari pelanggan perusahaan atau yang banyak dikenal dengan order processing. Tujuannya adalah agar bisa mengurangi waktu yang dihabiskan oleh tim sales dalam melakukan pembelian berulang dan fokus dalam mengembangkan hubungan bisnis baru.

Nantinya, mereka pun bisa menawarkan produk tambahan pada pelanggan saat mereka menelepon untuk memesan produk.

4. Customer Service

Menurut laman Talentlyft, melakukan berbagai tugas customer service menjadi tanggung jawab telesales yang sangat penting.

Tapi, kenapa perwakilan sales harus melakukan pekerjaan customer service? Karena, inisiatif ini bisa menjadi cara ampuh dalam meningkatkan hubungan yang erat dengan pelanggan.

Dalam kegiatan sehari-harinya, mereka bertugas menelepon pelanggan agar bisa memeriksa informasi detail dan memperbarui catatan kontak. Posisi ini juga harus memberikan informasi pelanggan tentang produk ataupun layanan baru yang sesuai dengan kebutuhan dan juga preferensi mereka.

Jika pelanggan mempunyai pertanyaan terkait pengiriman ataupun kualitas produk, maka mereka akan menangani semua pertanyaan yang diajukan tersebut.

Baca juga: Apa itu Target Penjualan? Ini Pengertian dan Jenis-jenisnya!

Tapi, Apa Bedanya Telesales dan Telemarketing?

accurate.id gambar telesales 4

Sampai saat ini, masih banyak orang yang menganggap bahwa telesales dan telemarketing adalah sama. Hal tersebut terjadi karena masih banyak orang awam yang menganggap bahwa kedua pekerjaan ini mempunyai tugas dan juga target yang sama.

Padahal ini cukup keliru. Kedua posisi ini mempunyai beberapa perbedaan, tapi masih tetap relevan. Berdasarkan laman Virtual Sales, telemarketing adalah suatu layanan yang memiliki tugas dalam membangkitkan minat, memberikan informasi, menciptakan peluang dan juga membuat janji temu dengan pelanggan melalui telepon.

Sedangkan telesales adalah mereka yang menjual produk perusahaan secara langsung melalui media telepon.

Tugas utama telemarketing adalah menciptakan prospek dan membuka kesempatan untuk pelanggan serta perusahaan untuk mengetahui lebih banyak antara yang satu dengan yang lain.

Di sisi lain, telesales bertanggung jawab dalam mengubah prospek menjadi pelanggan tetap untuk produk yang dijual perusahaan.

Baca juga: Telemarketing Adalah: Pengertian, Strategi, dan Tugasnya dalam Perusahaan

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang telesales. Pada intinya, posisi ini tidak bisa dianggap remeh karena akan selalu diperlukan oleh perusahaan, terutama untuk mereka yang tengah mencari pelanggan baru.

Sebagai pebisnis pun Anda tidak boleh lupa untuk mencatat setiap transaksi yang berhasil dibuka oleh telesales agar Anda bisa mengetahui dengan pasti keuntungan dan kerugian yang Anda dapatkan.

Namun bila Anda kesulitan atau tidak mempunyai waktu untuk melakukan hal tersebut, maka akan #lebihbaik bila Anda mempercayakannya pada Accurate Online.

Software akuntansi dan bisnis ni mampu mencatat semua transaksi Anda secara otomatis dan akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan perusahaan secara instan. Dengan begitu, maka Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis Anda melalui strategi ampuh.

Tunggu apa lagi? Ayo segera coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

8 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Cinthya

Artikel Terkait