Ingin Menulis Motivation Letter? Ini Tipsnya!

Pada dasarnya, motivation letter adalah sebuah dokumen yang umumnya diminta oleh perusahaan ataupun organisasi saat Anda ingin mengajukan lamaran kerja. Umumnya, surat motivasi ini harus Anda lampirkan dalam melamar suatu posisi, beasiswa atau untuk mendaftar sebagai seorang relawan.

Motivation letter adalah salah satu dokumen paling penting yang harus dipertimbangkan ketika melamar. Untuk sebagian perekrut, kehadiran surat ini bisa meningkatkan nilai guna meyajinkan HRD dalam melakukan wawancara ataupun menerima CV Anda.

Lalu, apa sebenarnya motivation letter itu? Bagaimana cara membuatnya? Nah, artikel ini kami tujukan untuk Anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang motivation letter dan tips dalam membuatnya.

Apa itu Motivation Letter?

Berdasarkan laman Indeed, Motivation letter atau surat motivasi adalah suatu esai yang umumnya terdiri dari sekitar 500 kata. Di dalamnya mencakup tentang Anda, tujuan hidup yang ingin Anda raih, pendidikan Anda, potensi Anda, dan juga harapan Anda saat ingin melanjutkan pendidikan atau mendaftar pekerjaan di suatu perusahaan.

Surat ini pada dasarnya suatu tulisan esai yang mampu menunjukkan bagaimana pola pikir dan memandang diri Anda sendiri dari dunia luar.

Baca juga: Apa itu Deadline? Bagaimana Tips dalam Mengatasinya?

Tips Ampuh Membuat Motivation Letter

Bila Anda saat ini sedang membuat motivation letter dan merasa kesulitan, berikut ini kami sudah merangkum beberapa tips ampuh dalam membuat motivation letter agar terlihat menarik bagi para rekruter.

1. Ikuti Ketentuan Penulisan

Tips pertama adalah mengikuti format motivation letter, panjang, dan konten yang telah disediakan oleh calon perusahaan Anda. Kalaupun memang pihak perusahaan tidak memberikan format atau ketentuan penulisan, Anda bisa membuat motivation letter dengan menggunakan format standar, seperti misalnya dengan panjang setengah sampai dengan satu halaman teks dengan font dasar 12 dan jenis fontnya adalah Times New Roman atau Arial.

2. Gunakan Tata Bahasa yang Baik dan Benar

Tips selanjutnya dalam membuat motivation letter adalah menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar atau sesuai dengan EYD (Ejaan Dasar yang Disempurnakan).

Ingatlah bahwa tujuan Anda dalam membuat motivation letter adalah untuk tujuan yang formal, sehingga format penulisannya harus sesuai dengan kaidah kebahasaan yang baik. Gunakanlah kata baku, hindari menggunakan bahasa yang pakem, perhatikan selalu tanda baca, dan jangan menggunakan singkatan seperti dll, yg, dan lain sebagainya. Tulislah dengan kata yang jelas, seperti dan lain-lain, dan yang.

3. Fokus dan Relevan

Tips yang ketiga dalam membuat motivation letter adalah selalu fokus dalam membuatnya. Di dalamnya Anda harus menulis seluruh pengalaman dan juga kegiatan luar biasa yang pernah Anda ikuti. Tapi, umumnya motivation letter mempunyai batasan jumlah penulisan kata. Untuk itu, Anda harus fokus dengan isi surat motivasi tersebut agar bahasanya tidak terlalu menjauh.

Anda juga tidak perlu menulis pengalaman atau suatu hal yang tidak sesuai dengan pekerjaan yang akan Anda lamar. Anda bisa membahas satu isu atau hal lain yang tengah berembang di dalam bidang yang akan Anda lamar lalu mengaitkannya dengan berbagai pengalaman Anda yang lebih sesuai.

Sebagai contoh, Anda tidak perlu mencantumkan tulisan bahwa Anda pernah menjuarai kompetisi futsal atau basket jika ingin melamar menjadi staf akuntan perusahaan

Baca juga: Ingin Meningkatkan Motivasi Bekerja? Ini Tipsnya!

4. Kenali dan Pelajari Tempat Anda Melamar

Perlu Anda ketahui bahwa motivation letter tidak hanya berorientasi pada penulis saja, tapi juga pada jabatan dan perusahaan yang hendak Anda lamar. Sebagai seorang pelamar, Anda harus mempelajari dan mengenal perusahaan yang akan dilamar. Dari mulai karakteristik, visi misi, bidang industri, hingga berbagai rencana masa depan yang mungkin akan dilakukan oleh perusahaan.

Bila Anda sudah mengetahui berbagai hal tersebut, silahkan hubungkan dengan kemampuan diri Anda dan dengan kemampuan tersebut tentang bagaimana Anda bisa membantu perusahaan agar bisa berkembang dengan baik.

5. Jangan Hanya Memberi Tahu Tapi Tunjukkan

Pihak manajemen perusahaan tidak membutuhkan berbagai kata-kata manis agar bisa menjelaskan pencapaian Anda. Mereka hanya membutuhkan bukti nyata dari apa yang Anda kerjakan.

Contohnya, cobalah menghindari penggunaan kalimat “Saya mempunyai kemampuan memimpin yang kuat”. Akan lebih baik jika Anda membungkus kemampuan tersebut dengan suatu kalimat aksi dan juga bukti. Contohnya, “pada masa kuliah dulu, saya pernah menjadi ketua senat mahasiswa dan beberapa kali telah terpilih menjadi pelaksana acara yang diselenggarakan oleh pihak kampus”.

Baca juga: Konselor adalah Profesional yang Bertugas Melakukan Konseling, Apa Bedanya dengan Konsultan?

6. Uraikan Kelebihan dan Kekurangan Anda

Tentunya setiap orang pasti ingin menunjukkan keunggulan dan berusaha keras menutupi kekurangan dirinya ketika melamar pekerjaan. Padahal, menunjukkan sisi lemah pada para recruiter juga adalah hal yang penting. Tapi, bukan hanya sekedar menampilkan sisi lemah saja, tapi kemampuan Anda untuk bisa mengatasi kelemahan Anda tersebut.

Contohnya, Anda mempunyai sisi lemah terbebani ketika bekerja dengan waktu deadline yang mepet. Nah, Anda bisa mencantumkan kelemahan tersebut di dalam motivation letter dengan catatan bahwa Anda harus bisa mengatur waktu deadline yang mepet tersebut.

Selanjutnya, Anda bisa menulis “untuk bisa mengatasi kelemahan tersebut, maka saya membagi beban kerja saya secara merata selama hari kerja berlangsung, sehingga pekerjaan tersebut bisa diselesaikan secara bertahap dan menjadi tidak terlalu mepet dengan tenggat waktu.

7. Tinjau Kembali

Bila Anda sudah membuat surat motivasi, lakukanlah peninjauan hasil tulisan Anda beberapa kali. Pastikanlah tidak ada kesalahan ketika ataupun salah tanda baca, keharmonisan kalimat, dan juga kesesuaian alur dalam motivation letter Anda.

8. Hindari Menggunakan Satu Motivation Letter untuk Banyak Tempat

Perlu Anda ketahui bahwa setiap perusahaan mempunyai keunikannya sendiri-sendiri, termasuk bagaimana  cara mereka dalam melakukan rekrutmen.

Perusahaan mempunyai kriterianya masing-masing dalam memilih calon karyawan yang sesuai dengan visi, misi, nilai dan tujuan yang telah ditentukan perusahaan.

Untuk itu, sebagai pihak pelamar, Anda tidak boleh hanya menggunakan satu surat motivasi yang sama untuk mendaftar di berbagai perusahaan. Terlebih lagi pada perusahaan dengan jenis industri yang berbeda.

Surat motivasi harus dibuat khusus pada satu perusahaan saja. Sehingga, jika Anda ingin melamar ke beberapa atau banyak perusahaan, Anda harus mempersiapkan beberapa motivation letter yang sesuai dengan perusahaan tersebut.

Baca juga: CFP adalah Gelar Profesi Seorang Perencana Keuangan, Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Contoh Motivation Letter

Gambar Contoh motivation letter1

Gambar Contoh motivation letter2

Baca juga: Manfaat dan Cara Menerapkan Afirmasi Positif di Dunia Kerja

Penutup

Dalam melamar pekerjaan, pengalaman hanya satu dari sekian banyaknya hal yang harus diutamakan. Terdapat hal lain yang harus dilengkapi dalam melamar pekerjaan, salah satunya adalah motivation letter. Dengan menyediakan surat motivasi yang menarik, maka perusahaan bisa melihat kesungguhan, ketulusan dan kelayakan Anda dalam memperoleh posisi yang ingin Anda lamar.

Sebagai pihak yang menyediakan lapangan kerja, maka Anda harus bisa mengatur berkas para pelamar dengan baik dan mengelola anggaran yang tepat untuk proses tersebut, dari mulai proses membuka lowongan kerja, rekrutmen, hingga proses penerimaan karyawan baru.

Nah, agar lebih mempermudah Anda dalam mengelola anggaran keuangan, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada kegiatan manual yang memakan banyak waktu dan rentan terjadi risiko kesalahan. Kenapa? karena aplikasi bisnis luar biasa ini mampu mencatat berbagai transaksi bisnis Anda secara otomatis dan menyajikan laporan laba rugi, laporan neraca, laporan arus kas, serta lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainya secara akurat.

Accurate Online juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis luar biasa lain yang akan memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang, menyelesaikan urusan perpajakan yang rumit, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih dan tampilan dashboard yang sangat sederhana, sehingga bisa digunakan secara aman, nyaman dan mudah.

Lebih menariknya lagi, seluruh kelebihan dan fitur luar biasa dari Accurate Online bisa Anda nikmati dengan mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau, yaitu sebesar 200 ribuan saja perbulan.

Penasaran dengan Accurate Online? Tenang, Anda bisa mencobanya lebih dulu selama 30 hari gratis dengan hanya mendaftarkan bisnis Anda pada tautan gambar di bawah ini.

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia