Pengertian Digital Marketing, Jenis, dan Manfaatnya bagi Bisnis

Pengertian Digital Marketing

Pengertian digital marketing adalah upaya pemasaran produk dan jasa/layanan melalui media online atau Internet. Dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional atau konvensional, metode digital ini lebih diminati karena return of investment (ROI) yang cukup tinggi. Dengan biaya murah, marketing jenis ini memberikan hasil memuaskan.

Serupa dengan metode pemasaran tradisional—seperti melalui TV, radio, papan reklame, telepon, iklan di majalah atau koran, dan materi cetak seperti poster dan brosur—digital marketing juga bertujuan meningkatkan visibilitas, tingkat paparan, dan kemudahan akses pelanggan dan prospek pelanggan ke bisnis Anda.

Namun demikian, berbeda dengan pendahulunya tersebut, digital marketing menawarkan kemudahan dan fleksibilitas interaksi antara pelanggan atau calon pelanggan dan usaha Anda.

Baca juga : 10 Tips Manajemen Waktu yang Efektif dan Manfaatnya untuk Bisnis

Jenis Digital Marketing

Setelah mengetahui lebih jauh pengertian digital marketing, berikutnya adalah mengetahui jenis digital marketing yang umum diterapkan. Contohnya adalah seperti dibawah ini :

Situs Online

Keberadaan situs online dapat membuktikan eksistensi bisnis Anda. Bukan hanya itu, calon pelanggan cenderung menilai keabsahan dan kelayakan suatu bisnis dari kualitas situs yang dimiliki. Kesan pertama pelanggan diperoleh dari penjelajahan situs Anda.

Selain itu, situs online juga dapat digunakan sebagai alat bantu tim sales untuk meyakinkan calon pelanggan terkait produk dan layanan yang disediakan oleh bisnis Anda.

Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) merupakan upaya meningkatkan kemungkinan agar tautan ke situs bisnis Anda muncul pada halaman pertama hasil pencarian Google, misalnya. Bukan hanya di halaman pertama, spesialis SEO bahkan menargetkan agar situsnya menjadi urutan pertama atau teratas. Dengan itu, kemungkinan situs tersebut dibuka dan dibaca oleh calon pelanggan menjadi lebih tinggi.

SEO dilakukan secara organik, yaitu dengan menyisipkan kata kunci yang relevan pada artikel tertentu di situs Anda.

Baca juga : Biaya Peluang : Pengertian, Fungsi, dan Contohnya dalam Sebuah Bisnis

Pay-per-Click (PPC)

Metode Pay-per-Click (PPC), atau bayar per klik, memastikan situs Anda unggul di antara situs-situs lain dengan kata kunci pencarian yang sama. Google Ads merupakan salah satu contoh penyedia layanan ini.

Namun demikian, media sosial seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn pun saat ini sudah menyediakan PPC sebagai sarana pemasaran bisnis yang dapat dipertimbangkan.

Media Sosial

Gratisnya pembuatan akun menyebabkan media sosial seperti Facebook dan Instagram menjadi media yang paling populer. Kemudahan pembuatan dan publikasi materi, didukung dengan basis pengikut dalam jumlah besar, mendongkrak efektivitas pemasaran melalui media tersebut.

Yang harus secara berkala dipersiapkan adalah materi menarik untuk meningkatkan interaksi pengikut terhadap bisnis, produk, maupun layanan yang Anda tawarkan.

Video Online

Video yang informatif, menarik, dan berkualitas dapat menjadi media yang efektif untuk menyampaikan atau meyakinkan calon pelanggan terhadap kualitas bisnis, produk, dan layanan Anda. Video dapat ditayangkan melalui situs, media sosial, maupun platform video online seperti YouTube.

Metadata dengan kata kunci yang relevan pun dapat dilekatkan pada video online sebagai salah satu strategi SEO.

Afiliasi/Iklan Online

Pemasaran secara afiliasi memanfaatkan popularitas rekanan untuk meningkatkan pemasaran bisnis, produk, dan layanan Anda. Pemasangan iklan, artikel, atau video pada situs, blog, maupun media sosial yang tepercaya dan memiliki banyak pengikut merupakan metode efektif untuk meningkatkan paparan terhadap bisnis Anda.

Rekanan afiliasi biasanya memperoleh bayaran atas setiap referensi pelanggan yang diberikan.

Pemasaran E-mail/SMS/WhatsApp 

Meskipun sering diterapkan, broadcasting e-mail, SMS, atau WhatsApp  sering dinilai intrusif oleh penerima materi. Apabila sangat mengganggu, penerima bahkan dapat memblokir pengirim atau melakukan otomasi pemindahan kiriman ke Spam atau Trash. Oleh karena itu, tugas utama pengguna metode ini adalah untuk memastikan bahwa materi yang dikirimkan dinilai bermanfaat oleh penerima.

Salah satu cara untuk mengurangi intrusi adalah dengan memberikan opsi berlangganan, secara gratis maupun berbayar, kepada target penerima materi.

Baca juga : Manajemen Penjualan: Pengertian, Tahap, Teknik, dan Faktor yang Memengaruhinya

Manfaat Digital Marketing

Apa pun opsi digital marketing yang diterapkan, pebisnis perlu mempertimbangkan berbagai aspek seperti tenaga pemasaran yang dibutuhkan, kualitas isi materi, serta potensi ROI yang akan diperoleh berdasarkan anggaran yang tersedia. Berikut adalah manfaat menggunakan digital marketing pada usaha Anda

Jangkauan global – situs web memungkinkan Anda menemukan pasar baru dan berdagang secara global hanya dengan investasi kecil.

Biaya lebih rendah – kampanye digital maketing yang terencana dengan baik dan terarah dengan baik dapat menjangkau pelanggan yang tepat dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada metode pemasaran tradisional.

Hasil yang dapat dilacak dan diukur – mengukur digital marketing Anda dengan analisis web dan alat metrik online lainnya memudahkan untuk menentukan seberapa efektif kampanye Anda. Anda dapat memperoleh informasi terperinci tentang bagaimana pelanggan menggunakan situs web Anda atau merespons iklan Anda.

Personalisasi – jika basis data pelanggan Anda ditautkan ke situs web Anda, maka kapan pun seseorang mengunjungi situs tersebut, Anda dapat menyapa mereka dengan penawaran yang ditargetkan. Semakin banyak mereka membeli dari Anda, semakin Anda dapat memperbaiki profil pelanggan dan memasarkan secara efektif kepada mereka.

Baca juga : Mengenal Pentingnya Endorsement Dalam Pengembangan Bisnis

Keterbukaan – dengan terlibat dengan media sosial dan mengelolanya dengan cermat, Anda dapat membangun loyalitas pelanggan dan menciptakan reputasi agar mudah terlibat.

Bisnis Anda terkenal – digital marketing memungkinkan Anda membuat kampanye yang menarik menggunakan taktik pemasaran konten. Konten ini (gambar, video, artikel) dapat memperoleh mata uang sosial – diteruskan dari pengguna ke pengguna dan menjadi viral.

Tingkat konversi yang ditingkatkan – jika Anda memiliki situs web, maka pelanggan Anda hanya berjarak beberapa klik saja dari pembelian. Tidak seperti media lain yang mengharuskan orang untuk bangun dan melakukan panggilan telepon, atau pergi ke toko, pemasaran digital bisa mulus dan langsung.

Kesimpulan

Setelah mengetahui pengertian, jenis, dan manfaat digital marketing, kini saatnya Anda mengubah cara pemasaran bisnis yang dapat menjangkau dan melibatkan target pasar Anda. Digital marketing adalah cara terbaik untuk menjangkau pelanggan Anda di mana mereka berada pada saat-saat ketika mereka paling mungkin mencari merek seperti milik Anda.

Jika Anda memerlukan kemudahan pembukuan pada operasional bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online sebagai solusi proses akuntansi yang lebih cepat dan efisien.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang bisa Anda gunakan kapan saja, dimana saja, dan telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna di Indonesia.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.