Pengertian Hierarki Produk dan 5 Manfaatnya untuk Bisnis

oleh | Jul 3, 2023

source envato.

Pengertian Hierarki Produk dan 5 Manfaatnya untuk Bisnis

Jika usaha yang sedang Anda jalankan memiliki banyak produk dan layanan untuk ditawarkan ke konsumen, maka nantinya akan membentuk hierarki produk atau product hierarchy, dan hal ini harus Anda lakukan.

Kenapa? Karena hierarki produk akan membantu Anda dalam mengkategorikan produk yang ingin dijual ke konsumen. Sehingga, akan membuat produk tersebut lebih mudah untuk diakses, dilacak, dan juga dijual.

Ingin mengetahui lebih dalam tentang hierarki produk? Baca terus artikel di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Hierarki Produk

accurate.id-Pengertian Hierarki Produk

Dilansir dari laman Cleverism, hierarki produk adalah struktur atau susunan produk yang diorganisasikan berdasarkan tingkat atau tingkatan yang berbeda dalam sebuah perusahaan atau industri. Hierarki ini sering digunakan untuk mengelompokkan produk berdasarkan atribut, fitur, fungsi, atau segmen pasar tertentu.

Hierarki produk memungkinkan perusahaan untuk mengatur dan mengelola portofolio produk mereka dengan lebih efektif.

Dengan memiliki struktur hierarki, nantinya perusahaan dapat memahami hubungan antara produk, memperjelas posisi masing-masing produk dalam pasar, dan membuat keputusan yang lebih baik terkait pengembangan produk, pemasaran, dan strategi penjualan.

Baca juga: Pengertian Prototype Produk, Jenis dan 6 Fungsinya untuk Pengembangan Produk

Peran Penting Hierarki Produk

accurate.id-Peran Penting Hierarki Produk

Hierarki produk memainkan peran penting dalam pengelolaan dan pemasaran produk di dalam perusahaan. Berikut adalah beberapa peran penting dari hierarki produk:

1. Pengorganisasian dan segmentasi produk

Hierarki produk memungkinkan perusahaan untuk mengorganisasi produk mereka ke dalam kelompok yang terstruktur berdasarkan atribut, fitur, fungsi, atau segmen pasar tertentu. Dengan melakukan segmentasi ini, perusahaan dapat lebih mudah mengelola, memantau, dan mengembangkan portofolio produk mereka.

2. Mengelola Product Lifecycle

Setiap produk memiliki siklus hidupnya sendiri, termasuk tahap perkenalan, pertumbuhan, kematangan, dan penurunan. Dengan menggunakan hierarki produk, perusahaan dapat memantau dan mengelola product lifecycle masing-masing produk dengan lebih efektif.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengambil tindakan yang tepat, seperti memperbarui, menggantikan, atau menghentikan produk yang tidak lagi menguntungkan.

3. Menentukan strategi pemasaran

Hierarki produk akan membantu perusahaan dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk setiap produk atau kelompok produk.

Dengan memahami posisi relatif produk dalam hierarki, perusahaan dapat mengembangkan strategi yang sesuai untuk mencapai tujuan pemasaran, seperti menargetkan segmen pasar yang tepat, menentukan harga yang tepat, dan mengkomunikasikan manfaat produk secara efektif.

4. Pengembangan produk

Hierarki produk memfasilitasi pengembangan produk baru atau perbaikan produk yang telah ada. Dengan memahami struktur hierarkis, perusahaan dapat mengidentifikasi celah atau peluang dalam portofolio produk mereka.

Informasi ini dapat digunakan untuk melakukan riset pasar yang lebih terarah, mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, dan mengembangkan produk yang sesuai dengan permintaan pasar.

5. Pengambilan keputusan

Hierarki produk memberikan kerangka kerja yang jelas untuk pengambilan keputusan terkait manajemen produk. Dengan memiliki pemahaman yang jelas tentang posisi setiap produk di dalam hierarki, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih baik terkait alokasi sumber daya, investasi, meningkatkan, atau menghapus produk.

Dengan memanfaatkan hierarki produk secara efektif, perusahaan dapat mengoptimalkan manajemen produk mereka, memaksimalkan keuntungan, dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik.

Baca juga: Pendekatan Produksi: Pengertian dan 7 Cara Menghitungnya dengan Mudah

Manfaat Hierarki Produk

accurate.id-Manfaat Hierarki Produk

Hierarki produk memberikan sejumlah manfaat penting bagi perusahaan. Berikut ini adalah beberapa manfaat utama dari penggunaan hierarki produk:

1. Pengorganisasian yang lebih terstruktur

Hierarki produk membantu perusahaan dalam mengorganisasikan produk mereka secara terstruktur berdasarkan atribut, fitur, atau segmen pasar tertentu. Sehingga, akan memudahkan perusahaan dalam memahami dan mengelola portofolio produk mereka dengan lebih efisien.

Dengan mengelompokkan produk dalam di hierarki, perusahaan dapat dengan cepat mengidentifikasi produk yang berkaitan dan melakukan analisis secara lebih mendalam.

2. Membuat strategi pemasaran

Hierarki produk membantu perusahaan dalam merencanakan dan melaksanakan strategi pemasaran yang efektif. Dengan memahami posisi setiap produk di dalam hierarki, perusahaan dapat menentukan segmen pasar yang tepat, menentukan penargetan dan diferensiasi produk, serta mengembangkan rencana pemasaran yang sesuai.

Hierarki produk memungkinkan perusahaan untuk fokus pada setiap tingkatan hierarki secara terpisah dan mengelola strategi pemasaran yang relevan.

3. Pengelolaan siklus hidup produk

Setiap produk memiliki siklus hidupnya sendiri, dan hierarki produk membantu perusahaan dalam mengelola siklus hidup tersebut.

Dengan memahami tahapan siklus hidup setiap produk, perusahaan dapat mengambil langkah-langkah yang tepat, seperti menginvestasikan sumber daya pada produk yang sedang berkembang atau memutuskan untuk menghentikan produk yang sudah memasuki tahap penurunan.

Hierarki produk memungkinkan perusahaan untuk melakukan pemantauan dan pengelolaan yang efektif terhadap setiap produk dalam portofolio mereka.

4. Identifikasi peluang dan celah pasar

Hierarki produk membantu perusahaan dalam mengidentifikasi peluang pasar baru atau celah dalam portofolio produk mereka. Dengan memahami posisi setiap produk dalam hierarki dan kebutuhan pelanggan yang terkait, perusahaan dapat mengembangkan produk baru yang sesuai atau melakukan perbaikan pada produk yang sudah ada.

Hierarki produk  akan memudahkan perusahaan untuk melakukan analisis pasar yang lebih mendalam dan merencanakan langkah-langkah pengembangan produk yang strategis.

5. Pengambilan keputusan yang lebih baik

Hierarki produk memberikan kerangka kerja yang jelas untuk pengambilan keputusan terkait manajemen produk. Dengan memahami struktur hierarkis, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih baik terkait alokasi sumber daya, investasi, peningkatan, atau penghapusan produk.

Hierarki produk memungkinkan perusahaan untuk melihat gambaran secara menyeluruh dari portofolio produk mereka dan membuat keputusan yang berdasarkan pemahaman komprehensif.

Dengan menggunakan hierarki produk secara efektif, perusahaan dapat meningkatkan pengelolaan produk, mengoptimalkan strategi pemasaran, dan mengambil keputusan yang lebih baik terkait dengan portofolio produk mereka.

Baca juga: Siklus Hidup Produk: Pengertian, Tahapan, Serta Contohnya dalam Bisnis

Kesimpulan

Hierarki produk adalah struktur atau susunan produk dalam sebuah perusahaan atau industri yang mengorganisasikan produk berdasarkan tingkat atau tingkatan yang berbeda. Dalam bisnis, hierarki produk memiliki peran penting dan memberikan sejumlah manfaat bagi perusahaan, antara lain:

  1. Pengorganisasian yang terstruktur untuk memahami dan mengelola portofolio produk dengan lebih efisien.
  2. Menyusunan strategi pemasaran yang efektif berdasarkan pemahaman posisi produk di dalam hierarki.
  3. Pengelolaan siklus hidup produk yang membantu perusahaan mengambil langkah secara tepat pada setiap tahapan siklus hidup.
  4. MengiIdentifikasi peluang dan celah pasar untuk mengembangkan produk baru atau memperbaiki produk yang sudah ada.
  5. Mengambil keputusan yang lebih baik berdasarkan pemahaman yang komprehensif tentang portofolio produk.

Dengan menggunakan hierarki produk, perusahaan dapat mengoptimalkan manajemen produk, merencanakan strategi pemasaran yang tepat, dan mengambil keputusan yang lebih baik terkait dengan pengembangan dan pengelolaan produk mereka.

Namun, hal tersebut harus juga didukung dengan manajemen dan pengelolaan perusahaan yang efektif. Nah, untuk membantu Anda melakukan hal tersebut, Anda bisa menggunakan Accurate Online.

Software akuntansi dan bisnis ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan, mengelola persediaan barang, membantu melakukan penjualan dan pembelian, dan masih banyak lagi.

Buktikan sendiri keunggulan Accurate Online dengan mencobanya secara gratis melalui tautan gambar di bawah ini

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

12 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Anggi

Artikel Terkait