Pengertian Product Management dan Elemen yang Ada di Dalamnya

Product management adalah hal penting dalam sebuah bisnis. Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana ide sederhana diubah menjadi produk yang laris dan dijual di pasar? Apakah ide saja cukup untuk mebuat bisnis tersebut berkembang?

Pernahkah Anda terkejut melihat bagaimana perusahaan paling sukses di dunia sepertinya selalu mengetahui apa yang diinginkan pelanggan mereka? Apakah antarmuka yang sederhana, ramah pengguna, dan intuitif membuat Anda takjub?

Jika jawaban untuk salah satu pertanyaan ini adalah ‘Ya’, Anda harus tahu apa itu product management. Mungkin saja yang Anda cari.

Apa itu Product Management?

Product management atau manajemen produk bisa jadi rumit untuk didefinisikan. Itu karena ini berbeda dari satu perusahaan ke perusahaan lain dan cakupan sebenarnya bisa sangat luas.

Hal ini juga dikarenakan manajemen produk sesuai dengan peran atau bidang tradisional apa pun yang kebanyakan orang kenal. Tetapi secara umum, Manajemen Produk, seperti namanya, adalah tentang mengelola produk atau lini produk.

Melakkukan pengelolaan seluruh siklus hidup produk, dari ide hingga pengembangan hingga pemasaran dan penjualannya, adalah Manajemen Produk. Ini adalah disiplin yang sangat penting yang telah menjadi sangat penting selama beberapa tahun terakhir di perusahaan rintisan dan perusahaan.

Product management adalah peran interdisipliner yang melintasi berbagai tim di perusahaan untuk mendapatkan produk terbaik ke pasar. Ini berevolusi dari kebutuhan memiliki orang-orang yang dapat mengendalikan berbagai produk dan siklus hidup mereka, seiring dengan pertumbuhan perusahaan.

Tim teknisi semakin merasa tidak cukup untuk benar-benar memahami kebutuhan dan masalah pelanggan. Tim lain juga gagal untuk melihat gambaran yang lebih besar. Yang dibutuhkan adalah seorang CEO untuk setiap produk dan begitulah cara Manajemen Produk berevolusi.

Segera menjadi jelas bahwa membuat dan mengirimkan produk yang hebat membutuhkan kepemimpinan produk yang hebat dan itu dilengkapi dengan ketajaman bisnis yang tepat dan pemahaman yang mendalam tentang teknologi dan pengalaman pengguna.

Baca juga: Lead Adalah: Pengertian dan Cara Mendapatkan Lead

Elemen Product Management

Mari kita membedah dan memahami apa itu product managemet pada esensi intinya. Harap diingat fakta bahwa elemen-elemen ini tidak selalu berada dalam urutan tertentu.

Manajemen ide

Ini adalah fase ketika ide-ide untuk produk baru atau fitur produk ditelaah, diteliti dan dievaluasi. Ide-ide ini bisa datang baik dari dalam maupun luar perusahaan. Ide-ide tersebut dimasukkan ke dalam product backlog untuk pengembangan lebih lanjut.

Pemetaan jalan atau roadmap

Roadmap adalah alat yang memberi tahu apa yang disiapkan untuk produk di masa mendatang. Ini adalah jalan yang harus diambil produk untuk memenuhi tujuan yang telah ditetapkan untuknya.

Strategi dan visi jangka panjang untuk produk diperhitungkan. Peta jalan memberikan gambaran tentang di mana produk itu, ke mana harus pergi dan apa yang perlu dilakukan untuk mencapai titik itu.

product management 2

Prioritas

Mengelola produk datang dengan keterbatasannya. Ada garis waktu tetap dan fitur yang akan dimasukkan tampaknya tidak pernah berakhir. Itulah mengapa prioritas adalah bagian penting dari Manajemen Produk. Apa yang perlu dibangun dan kapan perlu dibangun untuk mendapatkan nilai bisnis yang maksimal harus jelas.

Baca juga: Management By Objective (MBO) Adalah Sistem Manajemen yang Berorientasi Pada Hasil

Detail spesifikasi

Ketika ide produk diubah menjadi dokumen yang menyempurnakan semua kebutuhan pelanggan secara mendetail, produk tersebut siap untuk benar-benar dibuat. Dampak dan upaya yang diperlukan untuk setiap fitur ditentukan hanya melalui dokumen spesifikasi. KPI sukses dari setiap fitur juga harus disebutkan.

Desain produk

Masalah pelanggan ditangani dengan solusi tertentu. Solusi tersebut perlu melihat dan berperilaku dengan cara tertentu. Desain Produk menangani ini dengan maket dan sketsa terperinci.

Berbagai persona pengguna yang akan menggunakan solusi ini dan bagaimana pengaruhnya juga akan dipertimbangkan. Masalah teknis yang dapat terjadi selama pengembangan dan penjelasan produk dipikirkan dengan cermat dan tindakan yang sesuai direncanakan.

Penjelasan

Kepemimpinan produk yang sukses berarti penjelasan yang mulus kepada pelanggan dengan bantuan tim teknik, desain, pemasaran, penjualan, dan lainnya. Kualitasnya harus terbaik sesuai dengan spesifikasi yang dikembangkan sebelumnya. Bahkan dukungan purna jual dan keefektifannya dapat berada di bawah lingkup product management.

Baca juga: Gugus Kendali Mutu: Pengertian, Tahapan, dan Alat yang Digunakan

Pengujian produk

Eksperimen seperti A / B testing dilakukan untuk menguji apakah apa yang telah diberikan kepada pengguna bermanfaat bagi mereka.

Ini adalah proses yang berkelanjutan dan membantu produk menjadi lebih baik. Analisis dan metrik membantu dalam memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan produk dan jika ada area yang dapat ditingkatkan.

Pemasaran produk

Ada tim terpisah untuk pemasaran produk di sebagian besar perusahaan tetapi sering kali gambaran umum tentang bagaimana pemasaran harus didekati, terutama perencanaan masuk ke pasar dan pengemasan produk, berada di bawah lingkup product management.

Pemasaran Produk lebih kepada pelanggan dan menghadap pasar daripada Manajemen Produk yang lebih mengarah pada produk tetapi karena Manajemen Produk sangat luas, beberapa Manajer Produk harus melakukan keduanya.

Feedback pelanggan

Product management sangat bergantung pada umpan balik pelanggan di hampir setiap tahap. Minimum Viable Product atau MVP memungkinkan seseorang mendapatkan umpan balik atau feedback pelanggan yang substansial untuk produk tersebut.

Umpan balik pelanggan membantu dalam meningkatkan dan memvalidasi fitur produk yang diusulkan. Ini membantu dalam memahami apakah pendekatan yang diambil memang tepat untuk pelanggan dan jika nilai bisnis maksimum akan diturunkan dari sumber daya terbatas yang dimiliki.

Umpan balik juga membantu dalam menemukan titik nyeri baru yang mungkin tidak ditemukan sebelumnya.

Baca juga: Business Model Canvas: Pengertian, Elemen dan Fungsinya Bagi Bisnis

Product Management adalah Bagian Penting bagi Perusahaan

Sebuah perusahaan bisa benar-benar hebat hanya jika ia membuat produk hebat yang memenuhi kebutuhan pasar. Produk yang hebat membutuhkan kepemimpinan produk yang hebat.

Manajemen Produk bisa sangat ambigu. Jika Anda ingin merubah ketidakpastian dan dapat menentukan peran Anda sendiri untuk mewujudkan produk terbaik, product management mungkin bisa menjadi pilihan Anda.

Berjalan beriringan, produk yang baik, proses pemasaran yang berorientasi pada pelanggan dan pengelolaan keuangan yang sempurna akan menghasilkan bisnis yang hebat.

Untuk pengelolaan keuangan bisnis yang  sempurna, Anda bisa coba gunakan software akuntansi yang memiliki fitur lengkap dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, salah satunya adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah terpercaya lebih dari 2o tahun dan digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Hanya dengan 200 ribu perbulan, Anda bisa mendapatkan solusi kemudahan pengelolaan pembukuan, perpajakan, manajemen aset dan persediaan, otomasi laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Tertarik? Anda juga bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar dibawah ini:

accurate berhenti membuang waktu