Pentingnya Visi Misi Organisasi dalam Sebuah Bisnis

Perencanaan strategis adalah fungsi kunci dari manajemen organisasi yang membantu menetapkan prioritas, mengalokasikan sumber daya, dan memastikan bahwa setiap orang bekerja untuk mencapai tujuan dan sasaran bersama. Namun, agar perencanaan strategis menjadi efektif, ada dua alat penting yang dibutuhkan – pernyataan visi dan misi organisasi.

Ini berfungsi sebagai panduan untuk membuat tujuan dan sasaran dalam organisasi, sehingga memberikan peta jalan yang harus diikuti oleh semua orang.

Sayangnya, terlepas dari pentingnya pernyataan visi dan misi, banyak organisasi yang tidak memilikinya. Dalam kasus lain, kedua pernyataan tersebut digabungkan menjadi satu atau digunakan secara bergantian meskipun ada perbedaan yang mencolok. Ini menciptakan kebingungan dalam organisasi yang membuatnya lebih sulit untuk mencapai tujuan dan sasaran yang ditetapkan.

Pada artikel ini, kita akan melihat kedua pernyataan ini, perbedaan antara masing-masing, dan peran penting yang mereka mainkan dalam sebuah organisasi.

Memahami Pernyataan Misi Organisasi

Pernyataan misi organisasi menguraikan bisnis perusahaan, sasarannya, dan strateginya untuk mencapai sasaran tersebut. Ini lebih berfokus pada posisi perusahaan saat ini dan langkah taktis yang ingin digunakan untuk mencapai tujuannya. Pernyataan misi suatu perusahaan dapat digunakan untuk membentuk budaya organisasi.

Saat membuat pernyataan misi untuk perusahaan Anda, uraikan apa yang akan dan harus bisnis Anda lakukan, siapa yang Anda layani dan bagaimana Anda melayani mereka.

Itulah tiga elemen terpenting dari pernyataan misi bisnis. Misalnya, pernyataan misi Amazon adalah, “Kami berusaha keras untuk menawarkan pelanggan kami harga serendah mungkin, pilihan terbaik yang tersedia, dan kenyamanan maksimal”.

Jika sebuah bisnis kecil menjual pakaian bayi home made misalnya, pernyataan misinya mungkin adalah, “Kami menawarkan pakaian indah untuk bayi kepada orang tua baru yang dibuat dengan tangan dengan cinta.”

Ini termasuk apa yang bisnis lakukan, siapa audiens mereka dan bagaimana mereka melayani mereka. Ini memberi karyawan tujuan yang jelas.

Baca juga: Tips Perencanaan Bisnis untuk Menyelesaikan Tahun 2020 dengan Baik

Memahami Pernyataan Visi Organisasi

Sementara pernyataan misi berfokus pada aspek bisnis yang lebih taktis, pernyataan visi pada organisasi bisnis melihat ke masa depan perusahaan. Pernyataan visi memberikan arah ke mana perusahaan ingin pergi. Bersama dengan pernyataan misi, ini membantu menciptakan strategi organisasi untuk bisnis.

Saat menyusun pernyataan visi untuk bisnis Anda, jawab pertanyaan tentang apa harapan dan impian Anda. Masa depan seperti apa yang ingin Anda lihat, dan bagaimana perusahaan berperan dalam mewujudkannya?

Apakah Anda bercita-cita untuk membuat semacam perubahan, dan bagaimana Anda akan membuatnya? Pernyataan visi Amazon adalah “menjadi perusahaan yang paling berfokus pada pelanggan di Bumi, tempat pelanggan dapat menemukan dan menemukan apa pun yang mungkin ingin mereka beli secara online.”

Ini memberikan arahan yang jelas bagi karyawan.

Untuk bisnis kecil yang membuat pakaian bayi home made, pernyataan visi mungkin “menjadi pilihan pertama bagi orang tua baru yang ingin mendandani bayi mereka dengan pakaian buatan tangan artisanal yang dirancang dan dibuat dengan sangat memperhatikan detail”.

Ini menunjukkan dengan tepat tujuan perusahaan Anda di masa depan dan bagaimana perusahaan bermaksud untuk mencapai status dan tujuan itu. Ini juga mengandung nilai jual utama pada inti bisnis.

Baca juga: Apa itu Endorse? Ini pengertian, dan Kelebihan dari Endorse

visi dan misi organisasi 2

Pentingnya pernyataan visi dan misi dalam sebuah organisasi bisnis

  • Baik pernyataan visi dan misi memainkan peran penting dalam organisasi. Di bawah ini adalah tampilan dari peran-peran ini:
  • Pernyataan visi dan misi menjelaskan tujuan organisasi dan menanamkan rasa memiliki dan identitas kepada karyawan. Hal ini memotivasi mereka untuk bekerja lebih keras demi meraih kesuksesan.
  • Pernyataan misi berperan sebagai “North Star Metric”, yang memberikan arahan yang harus diikuti oleh organisasi sedangkan pernyataan visi memberikan tujuan (atau tujuan) yang ingin dicapai dengan mengikuti arahan tersebut.
  • Pernyataan visi dan misi membantu menyelaraskan sumber daya organisasi dengan tepat untuk mencapai masa depan yang sukses.
  • Pernyataan misi memberi organisasi panduan yang jelas dan efektif untuk membuat keputusan, sedangkan pernyataan visi memastikan bahwa semua keputusan yang dibuat selaras dengan apa yang ingin dicapai organisasi.
  • Pernyataan visi dan misi memberikan titik fokus yang membantu menyelaraskan semua orang dengan organisasi, sehingga memastikan bahwa setiap orang bekerja untuk satu tujuan. Ini membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam organisasi.
  • Pernyataan visi dan misi adalah alat penting dari perencanaan strategis, dan dengan demikian membantu membentuk strategi yang akan digunakan oleh organisasi untuk mencapai masa depan yang diinginkan.

Baca juga: OKR Adalah: Pengertian, Keuntungan, dan Cara Membuat OKR

Manfaat Utama Pernyataan Visi dan Misi Organisasi yang Baik

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, pernyataan Visi menggambarkan keadaan masa depan yang ingin dicapai oleh organisasi. Visi adalah tujuan jangka panjang sebuah organisasi.

Apa arti jangka panjang tergantung pada konteksnya. Untuk organisasi yang khas, Visi mungkin melihat sepuluh tahun ke depan, tetapi untuk perusahaan besar, atau perusahaan yang mengejar tujuan yang lebih ambisius, Visi mereka mungkin dua puluh, tiga puluh tahun atau lebih di masa depan.

Pernyataan Misi menjelaskan tujuan organisasi atau strategi bisnis tingkat tinggi. Pernyataan Misi harus menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dengan fokus laser:

  • Apa yang dilakukan organisasi?
  • Untuk siapa organisasi melakukannya?
  • Bagaimana organisasi melakukan apa yang dilakukannya?

Pernyataan Visi dan Misi tidak memiliki kekuatan kecuali dibagikan. Jika pernyataan Visi dan Misi hanya beresonansi dengan individu dan bukan pada bisnis secara keseluruhan, maka pernyataan tersebut tidak akan efektif dalam membimbing dan menggerakkan organisasi.

Pembuatan pernyataan Visi dan Misi dilakukan dari bawah ke atas atau dari atas ke bawah atau keduanya. Begitu tercipta, Visi dan Misi harus dikomunikasikan, diintegrasikan, dan diadopsi oleh seluruh bagian organisasi.

Pernyataan Visi dan Misi berhasil jika siapa pun dalam organisasi dapat mengingatnya atas permintaan dan melakukannya dengan rasa bangga. Maka Visi dan Misi tersebut dapat menghasilkan manfaat seperti:

1. Memandu Pemikiran dan Tindakan Karyawan

Ketika orang akan menginvestasikan banyak waktu dan energi untuk suatu usaha, mereka ingin tahu bahwa mereka melakukan “hal yang benar”. Mereka ingin tahu tindakan mereka tidak akan menimbulkan kritik dan mudah-mudahan mendapat pujian.

Jika terdapat pernyataan Visi dan Misi yang jelas, seluruh organisasi telah mengadopsinya, dan karyawan telah menafsirkannya dengan benar, maka seorang karyawan dapat bertanya, “Apakah tindakan ini sejalan dengan Misi kita? Akankah tindakan ini mendekatkan kita pada Visi kita? ”

Memiliki cara yang andal bagi seseorang dalam organisasi untuk memvalidasi pemikiran dan tindakan mereka secara internal berarti mereka dapat lebih memfokuskan waktu mereka untuk memajukan organisasi daripada mengkhawatirkan tentang membenarkan tindakan yang mereka lakukan.

Baca juga: Pembahasan Lengkap Manajemen Persediaan Bahan Baku

2. Membantu Menentukan dan Menginformasikan Standar Kinerja

Seperti panduan pemikiran dan tindakan karyawan, pernyataan Visi dan Misi yang kuat akan mempermudah pembuatan standar dan pengukuran kinerja yang transparan dan konsisten.

Seseorang dapat bertanya “Perilaku apa yang ingin kita dorong / hindari yang akan membawa kita selaras dengan Misi kita dan lebih dekat dengan Visi kita?”

Alat kinerja tidak hanya dapat diselaraskan dengan Visi dan Misi, tetapi alat kinerja dapat digunakan untuk membantu menyelaraskan organisasi.

3. Membantu Menarik Bakat yang Sesuai

Pernyataan Visi dan Misi yang jelas dan mudah dipahami membantu perekrutan dalam beberapa cara. Membuat Visi dan Misi tidak hanya untuk publik dan karyawan eksternal tetapi juga mengkomunikasikannya kepada para kandidat budaya yang akan mereka terapkan pada lingkungan kerja.

Karena standar kinerja sejalan dengan Visi dan Misi, maka kita mengetahui perilaku, karakteristik dan keterampilan apa yang dibutuhkan untuk membantu mewujudkan Misi dan mencapai Visi tersebut. Saat melakukan wawancara, pewawancara dapat menggunakan informasi untuk memandu pertanyaan dan penilaian kandidat.

Baca juga: Contingency Plan Adalah: Pengertian, dan Cara Membuat Contingency Plan yang Baik

4. Memberikan Konteks dan Mengurangi Friksi Selama Restrukturisasi Organisasi

Restrukturisasi Organisasi dan realokasi besar sumber daya bisa sangat menegangkan. Namun jika restrukturisasi tersebut sejalan dengan Visi dan Misi, maka dapat membantu memberikan konteks pada restrukturisasi tersebut.

Ketika orang-orang memahami mengapa perubahan harus terjadi, dan mereka dapat melihat bagaimana perubahan itu akan meningkatkan organisasi, maka mereka akan lebih menerima bahkan jika itu mungkin menyebabkan kehilangan pribadi.

5. Menyediakan Kerangka Stabil yang Dapat Bertahan Lebih Lama dari Perubahan Internal

Menciptakan Misi dan Visi yang tajam dan menginspirasi dan kemudian menenunnya ke dalam struktur organisasi itu sulit. Tetapi ketika Visi dan Misi merupakan bagian integral dari organisasi, mereka memberikan kekuatan dan arahan kepada perusahaan setelah mereka yang membantu menciptakannya pergi.

Seorang pemimpin atau pendiri yang karismatik dapat pergi, atau manajemen tingkat C mungkin berubah, tetapi perusahaan terus berlanjut dari kekuatan ke kekuatan.

Visi dan Misi memberikan kepemimpinan yang hampir spiritual yang dapat membantu memastikan pemimpin yang sebenarnya mengambil alih mengikuti jejak mereka yang datang sebelum mereka.

Baca juga: Tips Untuk Menjadi Pengambil Keputusan atau Decision Maker yang Baik dalam Bisnis

6. Menginspirasi Orang untuk Fokus dan Produktif

Visi dan Misi harus menginspirasi. Mereka perlu beresonansi dengan semua orang di organisasi. Mereka perlu membantu memberikan makna dan tujuan.

Oleh karena itu Visi dan Misi tidak bisa hanya sekedar meningkatkan pendapatan karena hal itu tidak memotivasi seseorang untuk melakukan shiftnya di Customer Service.

Begitu Visi dan Misi telah memicu inspirasi dengan individu, tim, dan organisasi, maka mereka akan beroperasi dalam keadaan fokus.

Menjadi fokus memungkinkan individu dan organisasi untuk menyalurkan energi dan kreativitas mereka ke satu arah yang terkonsentrasi, Visi dan Misi. Inilah perbedaan antara mencoba mendorong pensil tumpul versus pensil tajam melalui selembar kertas.

7. Memfasilitasi Kolaborasi dengan Tim, Pelanggan, Pemasok dan Mitra

Saat tim dalam organisasi memiliki Visi dan Misi yang sama, mereka dapat melihat melampaui politik internal dan KPI serta dapat berkolaborasi.

Membantu Anda mungkin merugikan saya, tetapi itu membawa kita lebih dekat ke Visi dan Misi kita.

Ketika Visi dan Misi jelas dan menginspirasi, lebih dari sekedar organisasi, maka pelanggan, pemasok dan mitra dapat merasakan bagian dari sesuatu yang istimewa juga.

Pelanggan tahu mengapa mereka menggunakan layanan Anda. Mitra tahu mengapa mereka berkolaborasi dengan Anda daripada pesaing dan Pemasok merasa bangga bahwa produk atau layanan mereka dapat membantu Anda mencapai Visi dan Misi organisasi bisnis Anda.

8. Membantu Hubungan Masyarakat

Karena Visi dan Misi membantu mendefinisikan identitas organisasi, maka masuk akal jika Visi dan Misi menjadi bagian penting dari strategi Humas perusahaan.

Siapa kami, apa yang kami lakukan, dan mengapa kami melakukannya, diabadikan dalam Visi dan Misi, dan itu juga yang ingin Anda komunikasikan ke dunia luar.

Karena perusahaan mengatur dirinya sendiri di sekitar Visi dan Misi, menyelaraskan merek dan komunikasi perusahaan dengan Visi dan Misi berarti akan ada konsistensi antara apa yang terjadi di dalam dan apa yang dikomunikasikan di luar. Menjaga perusahaan dan citra publiknya selaras akan memberikan perhatian publik yang lebih besar.

Baca juga: 15 Cara Efektif dan Mudah Untuk Promosikan Produk Secara Online

Kesimpulan

Pernyataan misi dan visi sangat penting dan dapat dijelaskan dengan baik sebagai kompas dan tujuan organisasi masing-masing. Oleh karena itu, setiap organisasi harus mengembangkan pernyataan visi dan misi yang jelas, karena tidak melakukannya sama seperti melakukan perjalanan tanpa mengetahui arah yang harus Anda ikuti atau tujuan.

Selain itu, hal penting lainnya dalam bisnis adalah mengelola keuangan dengan baik dan benar. Tanpa arus kas yang baik, hampir bisa dipastikan bisnis Anda akan mengalami “kebutaan” finansial sehingga mempengaruhi operasional usaha Anda.

Salah satu solusi yang bisa Anda terapkan adalah menggunakan sistem yang memudahkan pembukuan, proses akuntansi, dan operasional bisnis secara keseluruhan menggunakan software akuntansi yang memiliki semua fitur tersebut, seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dipercaya oleh lebih dari 3oo ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia dan dikembangkan sejak 20 tahun lalu.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda tidak hanya mendapatkan solusi pembukuan, namun juga kemudahan operasional bisnis menyeluruh seperti proses rekonsiliasi otomatis, manajemen aset dan inventori, multi gudang dan cabang, fitur manufaktur menyeluruh, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan, penghitungan dan pelaporan perpajakan langusng dari aplikasi dan masih banyak lagi.

Jadi apalagi yang masih Anda ragukan? Buatlah bisnis Anda menjadi lebih mudah dengan menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 3