Tableau Adalah Tools yang Mampu Merubah Data Menjadi Gambar yang Menarik

Pada dasarnya, jumlah data yang sangat banyak akan sangat sulit dimengerti oleh orang awam. Nah, Tableau adalah salah satu tools yang mampu menyederhanakan berbagai data tersebut agar bisa diolah dan dirangkum, sehingga akan mudah dimengerti oleh orang awam.

Lantas, apa itu Tableau? Apa saja fungsi yang ada di dalamnya? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang Tableau di bawah ini hingga selesai.

Apa Itu Tableau?

Terdapat banyak sekali tools yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan data visualization¸ nah Tableau adalah salah satunya.

Dilansir dari laman Interworks, Tableau adalah suatu software yang mampu mempermudah pembuatan analisis visual interaktif yang disajikan dalam bentuk dashboard.

Sedangkan berdasarkan laman Techtarget, Tableau adalah suatu tools yang mampu mendukung visualisasi data secara kolaboratif untuk para pekerja yang bertanggung jawab dalam menganalisis informasi bisnis.

Berdasarkan dua pengertian di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa Tableau adalah suatu aplikasi yang mampu mengolah data menjadi suatu visual yang lebih menarik. Sehingga, berbagai data tersebut akan lebih mudah untuk dipahami.

Seseorang yang menggunakan aplikasi ini biasanya digunakan untuk memvisualisasikan dan menyederhanakan pola analisis BI atau business intelligence. Untuk itu, jangan heran bila aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi favorit para BI. Karena, terdapat banyak sekali fitur menarik di dalam aplikasi yang dibuat pada tahun 2003 lalu ini.

Aplikasi ini mampu menyediakan scorecards dan dashboards, pemrosesan analitik online, ad hoc analysis and queries, pencarian BI, penemuan data, integrasi dengan spreadsheet¸ dan masih banyak lagi.

Lebih menariknya lagi, seluruh hal tersebut bisa Anda gunakan dalam bentuk worksheet atau dashboard. Sehingga, Anda bisa melakukan kolaborasi dengan tim dan semuanya bisa terlihat dengan mudah dari dashboard tersebut.

Bila data bisa lebih mudah untuk dipahami, maka mereka yang berada di divisi lainpun akan bisa melihat keterkaitan yang terjadi antar berbagai data yang beda. Lalu, mereka bisa menyimpulkan data tersebut untuk membuat suatu keputusan bisnis.

Baca juga: 5 Aplikasi Email Terbaik untuk Pengiriman Files dengan Mudah dan Cepat di Android dan iOS!

Fungsi Tableau

Terdapat banyak sekali fungsi dan fitur yang bisa Anda manfaatkan dengan baik di dalam aplikasi ini. Berdasarkan laman Intellipaat, terdapat setidaknya empat fungsi utama dalam aplikasi ini, yaitu menerjemahkan data menjadi bentuk visualisasi yang menarik, mengelola metadata, mengimpor berbagai range date dan ukurannya, serta membuat visualisasi data tanpa repot.

Aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh para business intelligence. Namun, karena tampilannya yang sederhana dan mudah dipahami, aplikasi ini pun tidak hanya bisa digunakan oleh para BI saja.

Baca juga: Rekomendasi 12 Aplikasi Mind mapping Keren Untuk Proses Brainstorming

Kelebihan Tableau

Sebenarnya Anda bisa memvisualisasikan data yang ada dengan berbagai tools, seperti Mic. Excel. Tapi, Tableau mempunyai banyak sekali kelebihan yang patut Anda pertimbangkan. Beberapa kelebihan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Pilihan Visual yang Interaktif

Kelebihan pertama dari aplikasi Tableau adalah banyaknya tampilan visual yang interaktif dan juga menarik. Tools visualisasi pada umumnya hanya mampu membuat suatu grafik atau visualisasi yang statis saja. Sedangkan aplikasi  ini mempunyai pilihan grafik yang bisa bergerak.

2. User Friendly

Jangan khawatir bila Anda tidak bisa menggunakan bahasa pemrograman atau coding. Karena, Tableau adalah aplikasi yang sangat user friendly. Anda yang tidak bisa melakukan coding dan dunia business intelligence pun akan cepat memahami cara penggunaan aplikasi ini.

3. Mengolah Banyak Sumber Data

Terkadang, Anda harus mengolah data yang banyak dan berasal dari beragam sumber secara bersamaan. Nah, aplikasi Tableau adalah aplikasi yang bisa membantu Anda untuk melakukan hal tersebut. Dilansir dari laman KnowledgeHut, Anda bisa menggabungkan beragam sumber data, spreadsheet, cloud, big data, dan berbagai jenis data lainnya secara mudah.

4. Dashboard Mobile Friendly

Adalah hal yang biasa untuk melakukan visualisasi data dengan menggunakan PC atau laptop. Tapi bila Anda menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengolah berbagai data hanya dengan menggunakan smartphone atau tablet Anda.

5. Terintegrasi Dengan Bahasa Skrip

Walaupun Tableau mampu membantu Anda untuk menghitung berbagai data. Tapi terkadang Anda tetap harus melakukan perhitungan yang rumit. Nah dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan integrasi data menggunakan dua bahasa data science, yaitu Phyton dan R.

Baca juga: Adobe Creative Cloud, Software Sempurna untuk Si Kreatif

Produk Tableau

Terdapat banyak sekali produk yang ditawarkan di dalam Tableau untuk kebutuhan menganalisa dan memvisualisasikan data, yakni sebagai berikut:

1. Tableau Desktop

Fungsi utama dari aplikasi ini adalah menghubungkan, mengeksplor, serta melakukan analisis data. Selain itu, Anda juga bisa membuat dashboard, laporan, dan juga storyboard.

2. Tableau Online

Tableau Online adalah salah satu SaaS atau software as a service yang sudah digunakan oleh banyak perusahaan karena kelebihannya dalam memudahkan kegiatan kolaborasi.

3. Tableau Server

Perusahaan bisa membagikan dashboard, sumber data, dan laporan pada setiap karyawan yang berada dalam perusahaan dengan menggunakan produk aplikasi yang satu ini.

Server bisa di­-hosting oleh pihak perusahaan melalui Amazon Web Services (AWS). Produk Tableau yang satu ini mampu membantu perusahaan besar dalam menyediakan data keamanan, governance, tata kelola, serta skalabilitas kerja.

4. Tableau Mobile

Sama seperti namanya, Tableau Mobile adalah produk Tableau yang bisa Anda gunakan secara gratis melalui iPhone, iPad, tablet Android, mobile browser, dan lain sebagainya. Anda juga bisa membuka dan juga mengedit data di dashboard ini.

5. Tableau Public

Produk Tableau ini bisa digunakan oleh siapa saja secara cuma-cuma. Umumnya, beberapa orang yang menggunakan aplikasi Public ini adalah jurnalis, blogger, dan siapapun yang bekerja untuk menganalisis data publik serta pribadi.

6. Vizable

Vizable adalah aplikasi yang bisa digunakan secara gratis di iPad untuk kebutuhan analisis data pribadi dan juga bisnis. Lalu, Anda bisa membagikan hasil analisis data tersebut pada rekan kerja Anda melalui jejaring sosial, media sosial, ataupun email.

Baca juga: Notepad Adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi, serta Kelebihan dan Kekurangannya

Apakah Tableau Berbayar?

Umumnya, lisensi Tableau dibanderol dengan harga sekitar $70 per bulannya untuk setiap key licence pribadi. Sedangkan untuk perusahaan, harga satu key license-nya sekitar $70 hingga $120 per bulannya.

Sedangkan untuk beberapa jenis produk, seperti Tableau Public, biasanya bisa diakses secara gratis, tapi memiliki keterbatasan pada 100 baris data di dalam sekali koneksi dokumen yang dilakukan.

Lalu, Apa Bedanya Tableau Dengan Mic. Excel?

Walaupun secara umum mempunyai pola dan juga tugas yang sama, tapi aplikasi ini mempunyai perbedaan yang mendasar daripada Mic. Excel. Beberapa perbedaan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Tableau             

Tableau pada dasarnya adalah suatu alat visualisasi data yang digunakan dengan representasi data bergambar ataupun grafis. Setiap pengguna bisa memainkan visualisasi interaktif dan juga bisa menjelajahi berbagai fiturnya secara mudah.

Jadi secara umum, bisa dilakukan dengan metode yang interaktif dan juga mudah.

2. Microsoft Excel

Mic. Excel pada dasarnya adalah spreadsheet yang digunakan untuk mengelola data di dalam baris dan juga kolom. Visualisasi di dalamnya bisa diterapkan setelah data direpresentasikan dalam bentuk tabel.

Diperlukan penguasaan rumus dan tabulasi untuk bisa menjelajahi data yang terdapat di dalam Mic. Excel ini. Selain itu, diperlukan juga beberapa pemrograman fungsi agar bisa menghasilkan visualisasi data yang real time.

Baca juga: CorelDraw Adalah Software Pengolah Gambar, Ini Keunggulannya!

Fitur Terbaik Dalam Tableau

Aplikasi ini sudah menjadi aplikasi terbaik selama 8 tahun berturut-turut berdasarkan Gartner Magic Quadrant untuk kategori aplikasi Analytics dan Business Intelligence Platforms.

Beberapa fitur terbaik yang ada di dalamnya adalah data blending, real time analysis, dan juga kolaborasi data.

Selain itu, Anda tidak memerlukan kemampuan teknis ataupun keahlian pemrograman lainnya untuk bisa mengoperasikan aplikasi ini. Untuk itu, jangan heran bila aplikasi ini sangat digemari oleh orang-orang yang berasal dari berbagai bidang, mulai dari peneliti, bisnis, dll.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang dari PlayStore Termudah dan Legit

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang aplikasi atau tools Tableau. Bagaimana, tertarik menggunakan aplikasi ini? Sejatinya, teknologi yang dihadirkan oleh aplikasi ini bisa sangat memudahkan tim Anda untuk bisa mengolah data menjadi bentuk visual yang lebih mudah dimengerti.

Namun terlepas dari itu, penggunaan teknologi di dalam bisnis saat ini mulai harus Anda perhatikan dan Anda gunakan dengan bijak bila ingin terus relevan dan bersaing dengan kompetitor.

Selain aplikasi Tableau, aplikasi lainnya yang harus Anda pertimbangkan adalah aplikasi akuntansi. Dengannya, kegiatan pembukuan atau mengelola keuangan bisa dilakukan secara cepat dan mudah.

Nah, salah satu aplikasi akuntansi yang harus Anda pertimbangkan adalah Accurate Online. Dengan Accurate Online, maka Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Berbagai fitur dan modul luar biasa di dalamnya pun akan membuat operasional bisnis Anda bergerak lebih efisien.

Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dulu selama 30 hari gratis dengan hanya klik tautan gambar di bawah ini.Accurate-

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

rifqi

Penulis blog Accurate Online lulusan ilmu teknologi informasi yang menyukai dunia gadget, network, jaringan, big data, dan seluruh hal yang berkaitan tentang teknologi.