10 Hal yang Bisa Membangkitkan Motivasi Berbisnis Anda

Dalam memulai bisnis, sebuah motivasi diperlukan untuk membuat niat bisnis tersebut tetap terarah dengan benar. Meskipun begitu motivasi berbisnis ini tetap perlu untuk selalu ditingkatkan.

Apalagi seperti yang diketahui bahwa awalan bisnis ini bukanlah sesuatu yang mudah. Oleh karena itu simak beberapa tips di bawah ini yang bisa meningkatkan motivasi dalam berbisnis.

1. Menentukan Satu Goal

Dalam memulai satu hal yang baru apapun itu pasti mempunyai satu tujuan yang menjadi akhirnya. Sama halnya seperti saat seseorang memutuskan untuk membuat suatu usaha. Karena ide untuk membuat bisnis ini tidak akan datang begitu saja tanpa sebelumnya dipikirkan dengan baik. Pasti ada alasan yang tepat dibalik munculnya ide ini.

Oleh sebab itu tetapkan satu tujuan yang menjadi goal dalam membangun bisnis ini. Hal ini bisa menjadi motivasi untuk seseorang yang ingin terjun ke dalam bisnis.

Pada awalnya buatlah tujuan sebagai motivasi berbisnis seperti ingin berguna bagi lingkungan sekitar, membuat produk yang ramah lingkungan atau mengambankan produk yang membantu banyak orang. Jadikanlah tujuan tersebut sebagai cara untuk meningkatkan motivasi saat melakukan bisnis.

Download eBook Panduan dan Template Pembukuan Sederhana dengan Excel untuk Bisnis Kecil

2. Mengambil Contoh Dari Orang yang Sudah Sukses

Saat sudah menentukan tujuan, hal lain yang bisa menjadi pembangkit dalam motivasi berbisnis adalah mengamati orang lain sebagai contoh untuk kesuksesan. Apalagi sekarang sukses sudah tidak lagi ditentukan berdasarkan usia, karena tidak jarang di jaman seperti ini, anak muda sudah bisa sukses dengan usahanya sendiri.

Jadikan orang tersebut sebagai contoh, dan juga sebagai penyemangat bahwa tidak semua kesuksesan bisa diraih dengan mudah. Pikirkan apa saja yang orang tersebut sudah korbankan untuk bisa mencapai kesuksesan yang diraihnya saat ini. Setelahnya renungkan kembali, bahwa orang itu saja bisa sukses mengapa diri sendiri tidak bisa.

Baca juga: Cara Menghitung Hpp Makanan Melalui Food cost

3. Memperkaya Diri Dengan Bacaan Inspiratif dan Kembangkan Kemampuan

Inspirasi itu tidak hanya bisa didapatkan melalui contoh orang-orangnya saja, melainkan bisa juga melalui beberapa bacaan yang memiliki banyak nilai inspiratif. Cari buku yang memiliki banyak inspirasi terkait dengan orang yang sudah sukses melalui bisnisnya, dan lihat apa saja yang dilakukannya untuk bisa sukses.

Dalam buku ini biasanya juga terdapat banyak sekali tips dan juga trik yang diberikan oleh orang sukses tersebut. Jadikan tips dan trik ini sebagai referensi untuk memperkaya kemampuan diri. Dengan begini pasti motivasi berbisnis akan semakin terasah dan terus meningkat tanpa mengenal kata lelah.

Anda juga bisa menghadiri seminar-seminar untuk menambah kemampuan dan skill Anda. Tidak harus hard skill, soft skill pun penting untuk menambah kemampuan Anda dalam membangun bisnis yang sukses

Baca juga: Pengertian Soft Skill, Contoh, dan Fungsinya bagi Pengembangan Bisnis

4. Masuk Ke Dalam Lingkungan yang Positif

Lingkungan juga bisa mempengaruhi apakah seseorang tersebut bisa sukses atau tidak. Apabila ingin meningkatkan motivasi dalam berbisnis, maka carilah lingkungan yang memberi dukungan penuh. Karena biasanya melalui dukungan tersebutlah semangat orang bisa kembali bangkit dan motivasinya kembali meningkat untuk meningkatkan bisnisnya.

Jangan sampai bergabung ke dalam orang yang memiliki kebiasaan negatif, karena dikhawatirkan hal tersebut akan membawa dampak buruk juga kepada diri sendiri. Sehingga pastikan saat hendak dan sedang memulai bisnis, masuklah ke dalam lingkungan yang diisi oleh orang-orang yang positif untuk memberikan dampak baik juga.

Baca juga: Pentingnya Melakukan Konsultasi Bisnis Untuk Perkembangan Bisnis

5. Bergabung Dalam Komunitas Bisnis

Ini merupakan hal kunci yang bisa dilakukan untuk terus meningkatkan motivasi dalam berbisnis. Karena dengan bergabung dalam komunitas bisnis, maka pasti banyak pelajaran yang akan didapatkan dari sana. Selain itu berkumpul dengan orang-orang yang memiliki profesi serupa akan menjadi cambuk untuk berbuat lebih baik lagi kedepannya.

Dengan bergabung dalam komunitas seperti ini juga bisa memancing seseorang untuk selalu melakukan sebuah diskusi. Dari diskusi inilah seseorang tersebut bisa mendapatkan ilmu baru yang bisa diterapkan dalam bisnisnya. Seperti sebuah inovasi-inovasi yang bisa diterapkan untuk produknya, atau hal lainnya.

motivasi berbisnis 2

6. Memastikan Setiap Hari Menjadi Produktif

Meskipun sudah membuka usaha sendiri yang otomatis membuat diri sendiri menjadi bos, bukan berarti bisa bersikap seenaknya dan hanya bersantai-santai saja. Tetap pastikan bahwa setiap hari adalah hari yang produktif. Pastikan untuk tetap memikirkan ide-ide segar yang kiranya bisa menjadi inovasi baru untuk diterapkan dalam perusahaan.

Caranya sangat mudah, bisa dimulai dengan membaca buku-buku yang inspiratif ataupun menonton video inspiratif yang bisa menghasilkan ide segar. Atau bisa juga dengan kegiatan yang sifatnya memancing ide seperti menulis sebuah jurnal ataupun diary yang bisa menjaga hari tetap dilalui dengan produktif.

Baca juga: Beberapa Ide Bisnis Makanan yang Lagi Hits yang Wajib Anda Coba

7. Pastikan Selalu On the Track

Sebelumnya sudah disinggung terkait dengan menentukan satu tujuan ketika hendak membangun sebuah bisnis. Dalam hal ini tujuan tersebut bisa dimasukkan ke dalam sebuah business plan untuk tetap menjaga alur dari tujuan tersebut. Supaya semakin terarah di dalam business plan tersebut juga biasanya berisikan tentang alasan mengapa membuat bisnis, dan berisikan beragam cara.

Ini sebenarnya sama saja seperti laporan yang biasa dibuat di perusahaan dan harus diserahkan kepada bos. Namun karena ini usaha sendiri, terkadang banyak orang yang berpikiran itu tidak perlu. Padahal dengan membuat laporan pribadi bisa menjadi evaluasi apakah usaha yang dijalankan sudah benar atau belum.

Ada baiknya Anda membuat to do list untuk proses kerja harian, bulanan, atau tahunan Anda. Dengan begitu semua rencana bisa Anda kerjakan dengan tepat tanpa harus mengingat dan memikirkan apa yang harus Anda kerjakan hari ini di masa depan. Hal ini juga akan mempermudah Anda untuk penggambaran target dalam usaha Anda secara keseluruhan.

Baca juga: 15 Usaha Kecil Menjanjikan dengan Modal Kecil yang Wajib Anda Coba

8. Jadikan Segala Sesuatu Sebagai Pembelajaran

Terkadang dalam melakukan sebuah bisnis kesalahan pasti akan selalu dilakukan walaupun itu tidak disengaja. Ketika melakukan kesalahan tersebut jangan langsung menyerah begitu saja, melainkan jadikan kesalahan tersebut sebagai suatu pembelajaran. Nantinya dari kesalahan tersebut seseorang bisa belajar lebih baik lagi, dan berusaha untuk menghindari kesalahan yang sama.

Selain kesalahan, banyak hal lain yang bisa dijadikan bahan pembelajaran namun hal tersebut luput dari pengamatan. Namun terkadang banyak orang yang meremehkan hal tersebut, sehingga tidak mengambil makna apapun di dalamnya.

9. Jangan Lupakan Me Time

Saat sedang jenuh, dan motivasi berbisnis perlahan surut maka hal yang bisa dilakukan selanjutnya adalah memanjakan diri sendiri. Dengan memanjakan diri sendiri ini bisa berfungsi untuk meningkatkan motivasi tersebut. Tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu dengan melakukan me time supaya pikiran menjadi lebih jernih, dan tubuh menjadi lebih santai.

Selain itu beri reward kepada diri sendiri dengan memanjakan diri, apalagi ketika sudah berhasil mencapai sesuatu yang besar. Karena dengan begitu, maka diri sendiri akan merasa dihargai dan semangat yang sebelumnya padam perlahan akan kembali timbul.

Baca juga: Bagaimana Membuat Perencanaan Usaha yang Efektif?

10. Tidak Pernah Menyerah

Terakhir adalah kunci yang berasal dari diri sendiri, yakni jangan pernah menyerah dengan keadaan. Memang terkadang keadaan yang teramat sulit pasti akan menghampiri dan membuat diri merasa tercekik, meskipun begitu jangan pernah kalah dengan keadaan tersebut. Terus semangati diri dan jangan pernah berpikiran untuk berhenti dari apa yang selama ini sudah diusahakan.

Semangat pantang menyerah menjadi kunci utama yang bisa meningkatkan motivasi berbisnis dengan cepat sehingga tidak berhenti begitu saja. Oleh karena itu ketika berada dalam situasi yang sangat sulit, jangan menyerah dan berhenti begitu saja. Pikirkan pengorbanan apa saja yang sudah dilakukan untuk bisa meraih posisi tersebut.

Baca juga: Persamaan Dasar Akuntansi : Definisi, Komponen, dan Contohnya

Kesimpulan

Jadi ternyata banyak sekali hal yang bisa membangkitkan motivasi berbisnis, dan hal tersebut bisa berasal dari dalam maupun luar diri sendiri. Sehingga ketika merasa bahwa motivasi untuk berbisnis sudah merosot, maka langsung saja terapkan semua hal diatas, untuk bisa meningkatkan kembali motivasinya.

Namun seperti yang sudah kami jelaskan pada poin ke dua, motivasi harus dibarengi dengan skill yang mumpuni.  Salah satu skill yang dperlukan dalam pengelolaan bisnis yang berhasil adalah dengan perencanaan keuangan usaha yang terstruktur.

Anda tidak harus mendalami ilmu akuntansi, hanya saja akan lebih baik jika Anda melakukan pembukuan dan penganggaran untuk pengelolaan keuangan yang lebih optimal.

Sebisa mungkin hindari pembukuan manual yang memiliki tingkat risiko tinggi terjadinya human error yang akan membuat usaha Anda merugi, gunakanlah software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap dan memiliki harga terjangkau agar tidak memberatkan pengeluaran Anda seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dan juga memilki ftur terlengkap dengan harga yang terjangkau. Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan fitur pencatatan pengeluaran dan pemasukan, anggaran keuangan, penghitungan aset, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 3