Apa itu Brand Evangelist? Ini 3 Hal Penting yang Mereka Lakukan Pada Brand Anda

oleh | Feb 9, 2023

source envato.

Apa itu Brand Evangelist? Ini 3 Hal Penting yang Mereka Lakukan Pada Brand Anda

Perlu Anda ketahui bahwa brand evangelist adalah salah satu dari berbagai faktor penting yang mampu membuat suatu brand terkenal dan mempunyai citra yang positif di mata audiens.

Sebenarnya, istilah terkait brand evangelist ini bukan hal yang baru dalam dunia pemasaran atau marketing. Sudah banyak sekali brand besar yang bersaing untuk memberikan pelayanan terbaiknya pada pelanggan agar mereka nantinya bersedia menjadi brand evangelist perusahaan.

Lalu, apa itu brand evangelist? Tenang, karena kami sudah menyiapkan jawabannya untuk Anda pada artikel di bawah ini.

Apa itu Brand Evangelist?

Berdasarkan laman Boast, brand evangelist adalah antusiasme ataupun dedikasi konsumen pada suatu brand.

Jadi, secara sederhana brand evangelist adalah para pelanggan setia yang telah mempunyai emosional dengan sebuah brand dan rela dalam melakukan apa saja untuk perusahaan.

Hal tersebut akan membuat mereka bersedia dalam mengajak orang lain untuk ikut serta dalam menggunakan brand yang disukainya.

Brand evangelist bisa dikenal sebagai pelanggan yang sangat berharga, karena mereka akan bersedia dengan sangat senang hari dalam mempromosikan produk.

Hal tersebut tentunya akan sangat berguna untuk suatu brand, karena ketika brand mempunyai banyak brand evangelist, maka tingkat kepercayaan mereka akan lebih tinggi.

Setiap brand tentu mempunyai strateginya sendiri dalam meningkatkan customer loyalty. Tapi, seorang pelanggan yang loyal masih akan belum bisa dikatakan sebagai brand evangelist perusahaan.

Karena, umumnya pelanggan yang loyal hanya ingin membeli dan menggunakan produk dari brand secara kontinyu saja.

Tapi, dedikasi untuk brand ini masih belum menjadi sangat besar. Jadi, ketika brand atau perusahaan mengeluarkan produk baru, biasanya mereka masih enggan dalam mencoba produk baru tersebut.

Di sisi lain, seorang brand evangelist bisa dikatakan sebagai fans berat dari suatu produk. Contoh yang sangat nyata ini bisa dilihat dari brand evangelist produk Apple. Ketika ada smartphone iPhone keluaran terbaru yang akan segera dirilis, akan ada banyak sekali para penggemarnya yang rela antre di depan toko selama beberapa jam.

Lalu, mereka akan dengan bangga dan senang hari untuk membeli berbagai produk yang telah dirilis oleh Apple, walaupun itu sangat mahal.

Baca juga: Apa itu Brand Awareness? Ini Pengertian, dan Cara Mudah Meningkatkannya

Apa yang Brand Evangelist Lakukan?

Brand evangelist adalah mereka yang bersedia dalam melakukan berbagai hal apapun demi brand yang mereka sukai. Bila brand Anda mempunyai banyak brand evangelist, maka dampaknya pasti sangat besar.

Menurut laman Forbes, terdapat beberapa hal yang rela dilakukan oleh mereka dalam mendukung brand kesayangannya, yaitu:

1. Membentuk Komunitas

Mereka akan sangat yakin untuk membentuk komunitas bersama orang lain yang memiliki dedikasi yang sama dalam suatu brand. Komunitas ini bisa dijadikan sebagai sarana tanya jawab dan berbagai aktivitas lain dalam mendukung brand kesayangannya.

2. Memasarkan Brand dengan Akun Media Sosial Pribadi

Salin akan membentuk komunitas, brand evangelist pun akan secara rela dan senang hari memanfaatkan akun media sosialnya dalam memasarkan brand kesayangan mereka.

Baik itu di Twitter, Instagram, ataupun Facebook, mereka akan terus memberikan dukungan yang besar pada brand tersebut.

3. Rela Menggunakan Berbagai Metode Pemasaran

Pemasaran suatu pada dasarnya adalah tanggung jawab tim marketing perusahaan. Mereka akan coba mencari tahu strategi marketing secara tepat agar bisa memasarkan produknya.

Nah, hal tersebut berbeda dengan brand evangelist yang bisa melakukan beragam jenis metode pemasaran sesuka hati mereka.

Selain memasarkan produk brand di media sosial, mereka pun akan rela melakukan pendekatan secara langsung melalui strategi word of mouth marketing.

Baca juga: Apa itu Branding? Berikut Pengertiannya dan Perbedaanya dengan Marketing

Penutup

Nah, berdasarkan beberapa kegiatan yang dilakukan oleh brand evangelist di atas, bisa kita simpulkan bahwa usaha mereka dalam memasarkan produk sangatlah serius dan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Mereka akan sangat serius dan senang hati dalam memberikan dukungan pada brand kesayangan mereka. Untuk itu, akan ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda rasakan saat mempunyai banyak brand evangelist.

Setelah membaca artikel tentang brand evangelist ini, Anda pasti sudah mengetahui apa saja dampak besar yang bisa dibawa oleh mereka untuk perusahaan Anda.

Namun, hal yang harus Anda perhatikan dan tidak boleh dilupakan adalah mereka merupakan pelanggan yang mempunyai hubungan emosional yang erat pada suatu brand. Oleh karena itu, Anda harus mencari cara yang tepat agar bisa membuat hubungan yang baik dengan para pelanggan Anda.

Beberapa hal diantaranya adalah dengan meningkatkan customer engagement atau dengan membuat brand identity agar bisa membangun citra yang baik untuk para pelanggan Anda.

Dengan begitu, maka brand Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan penjualan dari proses pemasaran yang telah mereka lakukan. Namun, jangan lupa juga untuk mencatat setiap transaksi yang telah terjadi pada bisnis Anda dan membuat laporan keuangan yang tepat.

Bila Anda tidak kesulitan atau tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukannya, #lebihbaik Anda mempercayakannya pada software akuntansi dan bisnis yang telah dipercaya oleh ratusan pebisnis di Indonesia, yaitu Accurate Online.

Aplikasi berbasis web ini akan mencatat setiap transaksi secara otomatis dan akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara akurat serta real-time.

Selain itu, aplikasi ini juga telah terintegrasi dengan berbagai fitur bisnis lain di dalamnya, sehingga Anda akan lebih mudah dalam mengelola dan mengembangkan bisnis.

Jadi, apa lagi yang Anda tunggu? Ayo gunakan dan coba Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

bisnisukmbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Natalia
Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait