6 Skill Bisnis yang Anda Butuhkan dan Cara Meningkatkannya

Skill bisnis atau keterampilan bisnis adalah komponen penting dari kesuksesan di tempat kerja. Baik Anda pemilik bisnis atau karyawan, memiliki skill bisnis tertentu dapat berdampak positif pada efisiensi, kinerja, dan produktivitas perusahaan.

Dalam artikel ini, kami membahas apa itu keterampilan bisnis, contoh keterampilan bisnis di tempat kerja, dan bagaimana Anda dapat meningkatkan keahlian bisnis Anda.

Apa itu Skill Bisnis?

Skill bisnis adalah keterampilan yang membantu orang memahami konsumen dan perilaku organisasi dan menggunakan informasi ini untuk mempromosikan keberhasilan perusahaan.

Keterampilan bisnis sering dianggap sebagai soft skill dan dapat mencakup keterampilan manajemen tim, kepemimpinan, dan komunikasi. Keterampilan ini terutama penting bagi pengusaha, pemilik dan manajer perusahaan, namun, semakin banyak pengusaha mencari kandidat pekerjaan yang memiliki kombinasi keterampilan bisnis dan teknis.

Contoh khusus keterampilan bisnis meliputi:

Keterampilan bisnis akan bervariasi antara jenis perusahaan dan industri. Misalnya, seseorang yang bekerja di industri keuangan mungkin diharuskan memiliki keterampilan bisnis yang mencakup kemampuan untuk menghasilkan laporan keuangan dan menganalisis pasar. Seseorang yang bekerja dalam manajemen harus dapat mendelegasikan dan berkomunikasi dengan baik dengan anggota tim.

Baca juga: 9 Ide Pelatihan Penjualan untuk Menginspirasi Tim Penjualan Anda

Mengapa Skill Bisnis itu Penting?

Skill bisnis adalah komponen mendasar untuk memulai, menjalankan, dan mengelola bisnis yang sukses. Jika Anda adalah pemilik bisnis, keterampilan ini membekali Anda dengan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan karyawan Anda.

Sebagai karyawan potensial atau saat ini, keterampilan bisnis dapat membedakan Anda dari pekerja lain dan membantu Anda maju dalam karir Anda.

Selain itu, bisnis atau karier Anda dapat memperoleh manfaat dari keterampilan bisnis dengan memungkinkan Anda atau perusahaan Anda untuk:

  • Mempertahankan kualitas produk yang tinggi
  • Membangun hubungan pelanggan yang sangat baik dan standar layanan pelanggan
  • Meningkatkan kinerja, produktivitas, dan keuntungan melalui perencanaan, pengelolaan, dan implementasi tujuan dan sasaran bisnis yang efisien
  • Membentuk basis keuangan yang sehat dan mempertahankan kebijakan keuangan yang hati-hati
  • Menjaga budaya perusahaan yang positif dan produktif
  • Memotivasi karyawan untuk melakukan yang terbaik
  • Membangun saluran penjualan dan pemasaran yang menguntungkan

Baca juga: Siklus Hidup Perusahaan: Pengertian Lengkap dan Tahapannya 

Contoh Skill Bisnis

Ada beberapa skill bisnis yang berbeda yang dapat Anda manfaatkan di tempat kerja. Sementara beberapa jenis bisnis atau posisi mungkin memerlukan bakat khusus, beberapa keterampilan umum terjadi di berbagai industri.

Berikut adalah enam keterampilan bisnis yang dapat Anda manfaatkan dari penguasaan, terlepas dari industri tempat Anda bekerja:

1. Membangun tim dan manajemen tim

Mencapai tujuan bisnis sering kali dimulai dengan kemampuan untuk memilih dan mengelola tim yang efisien. Mengetahui cara memilih tim yang paling tepat, menetapkan tugas, dan memotivasi pekerja Anda dapat menghasilkan kinerja karyawan Anda di tingkat puncak.

Semakin baik Anda dalam manajemen tim dan pembangunan tim, semakin mampu tim Anda untuk tampil sebagai unit yang harmonis dan bekerja sama untuk tujuan bersama.

2. Komunikasi

Baik pemilik bisnis maupun manajer harus dapat berkomunikasi secara efektif dengan karyawan, manajer lain, konsumen, dan individu lain yang terlibat dalam operasi bisnis sehari-hari.

Keterampilan komunikasi yang efektif mencakup lisan dan tulisan dan harus memungkinkan Anda untuk mengkomunikasikan informasi dengan jelas dengan cara yang mudah dimengerti.

Contoh keterampilan komunikasi termasuk mampu:

  • Efektif bernegosiasi untuk menengahi perselisihan
  • Tulis email yang jelas dan ringkas
  • Bicaralah dengan percaya diri dalam pengaturan satu lawan satu dan grup besar
  • Jaga komunikasi tetap terbuka antara Anda dan karyawan
  • Secara efektif menyampaikan tujuan proyek dan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikannya

Baca juga: Bagaimana Cara Menulis Email Proposal Bisnis? Berikut Pembahasan dan Contohnya 

3. Delegasi

Sebagai manajer atau pemilik bisnis, Anda harus dapat mendistribusikan pekerjaan secara efektif kepada individu dan tim tergantung pada kemampuan dan kekuatan mereka yang telah terbukti.

Pendelegasian yang efektif berarti mencapai keseimbangan antara kebebasan dan tanggung jawab. Karyawan dan tim Anda harus diberi kebebasan yang memadai untuk menyelesaikan tugas, tetapi juga tanggung jawab dan akuntabilitas untuk mencapai hasil yang diinginkan dalam tenggat waktu.

4. Kepemimpinan

Ini adalah keterampilan kunci dari setiap pebisnis yang cerdik. Seiring pertumbuhan bisnis Anda, Anda mungkin perlu mempekerjakan orang dan dapat memberi mereka visi dan misi serta tujuan konkret untuk dicapai.

Kepemimpinan seringkali bersifat strategis dan mengharuskan Anda memahami cara menawarkan kepada karyawan dan tim Anda rencana yang dapat ditindaklanjuti dan motivasi untuk menyelesaikannya. Selain pemilik bisnis, keterampilan kepemimpinan juga dibutuhkan oleh mereka yang berada di posisi manajemen untuk mempertahankan operasi sehari-hari yang efektif.

Baca juga: Ingin Membangun Startup? Pastikan Anda Memiliki 5 Sifat Ini

5. Manajemen keuangan

Pemilik bisnis dan mereka yang berada di posisi manajemen seringkali diharuskan memiliki keterampilan manajemen keuangan untuk memahami dan mengelola kebutuhan keuangan perusahaan secara efektif.

Keterampilan manajemen keuangan mencakup kemampuan untuk menganalisis pasar saat ini, memahami manfaat dan risiko investasi, menganggarkan secara tepat waktu dan efektif, serta mengidentifikasi segala sesuatu yang berdampak negatif terhadap laba perusahaan.

Selain pemilik bisnis, posisi yang mungkin memerlukan keterampilan manajemen keuangan termasuk analis bisnis, akuntan, dan karyawan bank.

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis tertutam baru membangun sebuah bisnis, pastikan juga Anda bisa mengerti laporan keuangan yang ada dalam bisnis Anda, atau lebih baik lagi Anda bisa melakukan pencatatan pembukuan.

Kesulitan? Jangan khawatir, saat ini sudah banyak software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki fitur terlengkap dengan harga terjangkau, salah satunya adalah Accurate Online.

Jika Anda tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan ini.

6. Manajemen proyek

Proyek di tempat kerja sering kali memiliki jadwal, pencapaian, anggaran, dan tujuan akhir yang spesifik. Keterampilan manajemen proyek memungkinkan Anda untuk secara efektif menangani upaya sehari-hari serta kemajuan proyek secara keseluruhan. Pengendalian biaya dan penyelesaian tepat waktu adalah dua aspek penting dari keterampilan manajemen proyek.

Baca juga: Otomasi Industri: Pengertian, Jenis, dan Tips Menerapkannya

skill bisnis 2

Bagaimana Cara Meningkatkan Skill Bisnis Anda?

Dengan penelitian dan latihan, Anda dapat belajar dan secara teratur menerapkan keterampilan bisnis ke dalam kehidupan kerja Anda sehari-hari. Berikut ini adalah tips tentang bagaimana Anda dapat mulai meningkatkan skill bisnis Anda hari ini:

1. Penelitian

Luangkan waktu untuk membaca tentang keterampilan bisnis paling berharga yang dibutuhkan dalam industri Anda. Tentukan keterampilan mana yang sudah Anda miliki dan keterampilan mana yang dapat Anda tingkatkan.

Meneliti dan mempelajari keterampilan bisnis secara teratur juga dapat membantu menjaga keterampilan Anda tetap mutakhir dan memungkinkan Anda untuk tetap mengikuti tren bisnis saat ini dan yang sedang berkembang.

2. Cari mentor

Memiliki mentor yang memiliki pengalaman bisnis yang luas dapat memberi Anda panduan yang dibutuhkan untuk berkembang secara profesional.

Mentor dapat memberi Anda nasihat dan dukungan serta membantu Anda menentukan keterampilan bisnis mana yang paling menguntungkan Anda dalam karier Anda saat ini atau yang diinginkan.

Saat memutuskan seorang mentor, pertama-tama tetapkan tujuan yang jelas tentang apa yang ingin Anda peroleh dari hubungan tersebut. Ini akan memungkinkan Anda untuk memilih orang yang memiliki pengalaman dan keterampilan yang paling Anda manfaatkan.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Saat Anda Masih Seorang Karyawan

3. Baca buku bisnis

Ada beberapa buku bermanfaat tentang keterampilan bisnis yang dapat Anda baca untuk memperluas pengetahuan dan pemahaman Anda tentang topik ini.

Cara terbaik untuk menemukan buku bisnis berharga yang sepadan dengan waktu Anda adalah dengan mencari buku yang sedang dibaca oleh siswa sekolah bisnis, atau jika Anda ingin melihat 10 buku bisnis sepanjang masa, Anda bisa melihat daftarnya di tautan ini.

4. Ikuti kursus atau kelas keterampilan bisnis

Cara yang bagus untuk meningkatkan keterampilan bisnis Anda dengan mengikuti kursus atau kelas. Banyak kursus tersedia secara online, dan beberapa bahkan gratis, membuatnya nyaman dan terjangkau untuk disesuaikan dengan jadwal Anda.

Baca juga: Outsourcing: Definisi, Jenis, Kelebihan, Kekurangan, & Contohnya

Cara Menonjolkan Skill Bisnis

Mungkin saat ini Anda bukanlah pemilik bisnis dan sedang ingin mencari pekerjaan, menonjolkan keterampilan bisnis Anda pada surat lamaran dan resume Anda dapat membantu membedakan Anda dari kandidat lain.

Dengan jelas mencantumkan keterampilan bisnis Anda adalah kunci untuk membuat kesan pertama yang baik di benak calon pemberi kerja. Berikut adalah beberapa cara terbaik untuk menonjolkan keterampilan bisnis Anda:

Keterampilan bisnis untuk resume

Resume Anda harus menyertakan bagian yang menyoroti keterampilan terpenting Anda yang berhubungan dengan posisi yang Anda lamar. Daftar keterampilan bisnis Anda harus ditulis dengan sederhana dan jelas sehingga manajer perekrutan dapat mengikutinya dengan mudah.

Atur keterampilan Anda dalam struktur logis yang memudahkan untuk mengikuti kemajuan Anda dalam menguasai keterampilan tersebut. Berfokuslah untuk menyertakan keterampilan bisnis yang secara khusus tercantum dalam deskripsi pekerjaan atau yang Anda tahu sedang dicari oleh pemberi kerja.

Baca juga: Berbagai Jenis Pasar Dalam Dunia Bisnis yang Harus Anda Ketahui

Keterampilan bisnis untuk surat lamaran

Surat lamaran Anda adalah cara yang efektif untuk menyampaikan keterampilan bisnis Anda yang paling berharga dengan cepat dan ringkas kepada calon pemberi kerja.

Pilih keterampilan bisnis yang paling penting untuk posisi tersebut, dan sertakan dalam paragraf singkat dan mudah dibaca. Pastikan juga untuk memasukkan apa yang Anda ketahui tentang perusahaan serta bagaimana Anda akan cocok untuk posisi yang Anda lamar.

Keterampilan bisnis untuk wawancara

Untuk menyoroti skill atau ketajaman bisnis Anda selama wawancara, datanglah dengan siap untuk membahas beberapa contoh bagaimana Anda telah berhasil menggunakan atau memperoleh keterampilan ini di masa lalu.

Gunakan teknik respons wawancara STAR untuk menjawab pertanyaan pewawancara Anda dengan cara yang menunjukkan keterampilan apa yang dibutuhkan, bagaimana Anda menggunakannya, dan apa hasil dari tindakan Anda.

accurate fokus pengembangan