Mengenal Paid Traffic, Metode Termudah Untuk Muncul di Mesin Pencarian

oleh | Mar 2, 2023

source envato.

Mengenal Paid Traffic, Metode Termudah Untuk Muncul di Mesin Pencarian

Saat kita membahas tentang visitor website, maka terdapat dua metode untuk bisa memperolehnya, yakni dari organic traffic dan paid traffic. Kedua Metode tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri, tapi masih mempunyai tujuan yang sama, yakni mendatangkan pengunjung, trafik, atau visitor.

Perlu Anda garis bawahi bahwa trafik adalah nyawa suatu website. Sebuah website akan dikatakan hidup bila mempunyai pengunjung atau visitor yang mengakses website tersebut.

Namun, sebagian besar pemilik website terkendala dalam memperoleh pengunjung yang ingin mereka dapatkan. Terlebih lagi bila website tersebut masih tergolong muda, tentunya akan ada kendala dan kesulitan dalam hal mencari pengunjung.

Trafik ini menjadi suatu hal yang sangat penting, karena sebagus apapun produk yang akan ditampilkan pada website, tidak akan ada yang membeli produk tersebut karena tidak ada yang melihatnya.

Lantas, apa itu paid traffic? Apa saja manfaatnya untuk website bisnis? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang paid traffic di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Paid Traffic?

accurate.id gambar paid traffic-1

Berdasarkan laman Mailchimp, paid traffic adalah traffic berbayar, karena jenis trafik ini akan bisa Anda peroleh bila Anda membayar suatu iklan yang telah disediakan oleh pihak kedua, yang nantinya akan mengarahkan trafik ke situs Anda secara instan.

Strategi yang paling banyak digunakan adalah dengan memperoleh trafik dari SEM atau Search Engine Marketing. Dewasa ini, terdapat dua layanan yang sangat terkenal dengan pengguna terbanyak, yakni Facebook dan Google.

Dengan mengeluarkan sejumlah uang, maka Anda bisa memperoleh jumlah trafik yang tinggi. Selain itu, paid traffic juga bisa dalam bentuk klik banner di media sosial, yang mewajibkan Anda untuk bisa membayar sejumlah uang.

Baca juga: Mengenal SEO On Page dan 2 Perbedaan Mendasarnya dengan SEO Off Page

Peran Penting Paid Traffic untuk Website

accurate.id gambar paid traffic-2

Paid traffic paling banyak digunakan untuk mengejar kebutuhan lead secara cepat. Misalnya seperti pebisnis yang bergerak dalam bidang data mining yang mewajibkan mereka untuk mengumpulkan database, sehingga akan membutuhkan paid traffic guna memperoleh jumlah trafik yang tinggi.

Lalu, bila Anda mempunyai produk atau layanan jasa dan ingin segera memperoleh konsumen dengan cara yang cepat, maka paid traffic dinilai lebih efektif untuk digunakan. Tapi, dibutuhkan perhitungan yang matang terkait pemasukan yang diperoleh untuk bisa menutup biaya iklan tersebut.

Umumnya, perhitungan konversi akan dilakukan dengan jumlah klik yang akan mengarah ke situs Anda.

Baca juga: Tingkatkan SEO Off Page Anda dengan 5 Cara Luar Biasa Ini!

5 Manfaat Menggunakan Paid Traffic

accurate.id gambar paid traffic-3

1. Meningkatkan Traffic Website

Sebagai pemilik website, adalah hal yang wajar jika Anda menginkan jumlah trafik yang tinggi. Dengan adanya lalu lintas yang tinggi, maka peluang untuk bisa memperoleh closing akan terbuka lebar.

Dari banyaknya strategi untuk bisa memperoleh pengunjung, cara yang paling banyak digunakan adalah dengan strategi SEM, karena diklaim paling mudah untuk memperoleh trafik.

Tapi, Anda harus bisa membuat perencanaan yang matang dan jangan sampai membebani keuangan Anda.

2. Cara Termudah untuk Muncul di Pencarian Teratas

Cara terbaik untuk bisa memperoleh banyak pengunjung adalah mendapatkan ranking teratas di halaman mesin pencarian. Teknik yang paling sering digunakan adalah SEO dan SEM.

SEO mempunyai proses yang sangat panjang, tapi gratis dan lebih memiliki jangka panjang. Sedangkan SEM tergolong lebih cepat untuk memperoleh trafik, tapi harus membayar. Nah, pilihan yang paling tepat adalah memerhatikan prospek dan keuntungan yang bisa Anda peroleh dari website Anda.

Oleh karenanya, Anda harus melihat seberapa besar ROI atau return of investment yang akan Anda peroleh, karena cara ini tergolong sangat cepat untuk mendatangkan traffic.

3. Untuk Meningkatkan Brand Awareness

Traffic berbayar akan dianggap lebih efektif dalam membangun brand awareness pada suatu brand. Jadi, jika situs Anda berhasil menempati peringkat pertama pada mesin pencarian, maka pengunjung nantinya akan lebih mudah dalam mendapatkan produk Anda.

Sehingga, konsumen akan lebih mudah untuk mengenal dan memilih produk ataupun jasa yang Anda tawarkan.

4. Bisa Mengumpulkan Data Demografi Konsumen Secara Mudah

Dengan menggunakan SEM, maka Anda bisa memperoleh data dan juga informasi dari konsumen yang sudah menjadi target Anda.

Informasi yang akan ditampilkan tersebut mencakup jenis kelamin, minat, wilayah, dan lain sebagainya. Data tersebut nantinya akan lebih mempermudah Anda dalam menargetkan konsumen.

5. Membantu Memasarkan Bisnis atau Produk Secara Online

Bila Anda telah menggunakan metode paid traffic, maka kegiatan pemasaran produk Anda akan lebih mudah untuk dilakukan. Anda nantinya hanya perlu menyediakan biaya iklan dan mencari kata kunci yang lebih tertarget, lalu iklan tersebut akan berjalan secara efektif, mudah, dan terukur.

Baca juga: 10 Strategi Pemasaran, Pengertian, Fungsi, Contoh dan Elemen dalam Pemasaran

Penutup

Metode organic dan paid traffic mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Namun, pilihannya akan kembali lagi pada website Anda. Bila konten yang Anda sajikan lebih berkualitas dan bermanfaat, maka pengunjung nantinya akan mengikuti dan memilih produk ataupun jasa yang Anda tawarkan.

Jika Anda memang tertarik untuk menggunakan metode paid traffic, maka Anda harus menyiapkan anggaran khusus agar iklan paid traffic Anda bisa berjalan dengan lancar.

Bila Anda kesulitan untuk membuat atau menyiapkan anggaran, #lebihbaik Anda menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena aplikasi yang telah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis ini mampu membantu Anda dalam mengelola dan menyiapkan anggaran. Seluruh anggaran yang telah Anda buat pun nantinya akan tercatat secara otomatis dan aplikasi ini akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara akurat.

Tidak percaya? Silahkan coba dulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

7 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini šŸ™ Jadilah yang pertama!

Cinthya

Artikel Terkait