Mengenal Konten Evergreen dan 4 Cara Mudah dalam Membuatnya

oleh | Feb 28, 2023

source envato.

Mengenal Konten Evergreen dan 4 Cara Mudah dalam Membuatnya

Salah satu kunci kesuksesan suatu blog atau website adalah konten evergreen, karena konten ini sangat membantu untuk meningkatkan traffic website secara organik.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa meningkatkan traffic website tidak mudah untuk dilakukan. Dibutuhkan strategi yang tepat agar suatu situs bisa masuk ke halaman pertama pada mesin pencarian.

Nah, salah satu strategi content marketing yang bisa diaplikasikan demi meningkatkan traffic adalah dengan menyajikan konten evergreen.

Lantas, apa itu konten evergreen? Kenapa jenis konten seperti ini mampu meningkatkan traffic website? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Konten Evergreen?

accurate.id Gambar Konten Evergreen-1

Menurut laman Search Engine Journal, konten evergreen adalah jenis konten yang tidak akan termakan oleh zaman. Sederhananya, konten evergreen adalah lawan dari konten yang sedang viral, sedang tren, atau konten berita.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tidak semua konten yang kita publikasikan selalu dicari oleh para pembaca. Terdapat beberapa jenis konten yang akan mudah untuk dilupakan.

Ketiak kita menulis suatu konten artikel terkait suatu hal yang sedang tren, seperti berita artis yang sedang viral, maka sudah pasti kita akan memperoleh banyak traffic website. Tapi, traffic ini umumnya hanya berlangsung beberapa hari saja, lalu akan terlupakan karena sudah tidak lagi relevan.

Nah, hal tersebut berbanding terbalik dengan konten evergreen. Karena, konten evergreen adalah konten yang selalu relevan dan akan selalu dicari oleh para pembaca dalam kurun waktu yang lama.

Baca juga: Apa itu Content Syndication? Ini 4 Strategi yang Tepat dalam Melakukannya

Apa Bedanya Evergreen Topics dengan Evergreen Content?

accurate.id Gambar Konten Evergreen-2

1. Evergreen Topics

Berdasarkan laman Ahrefs, evergreen topics adalah berbagai jenis topik dengan minat dan juga jumlah pencarian yang terus konsisten dari waktu ke waktunya. Beberapa contoh dari evergreen topics adalah sebagai berikut:

  • Cara Menurunkan Berat Badan

Topik yang satu ini akan selalu dicari oleh banyak orang. Setiap orang pasti akan mencari topik yang satu ini ketika mereka mulai merasa berat tubuhnya sudah meningkat dan ingin diet.

Pembaca akan selalu mencari cara menurunkan berat badan di sepanjang tahun, sehingga topik ini mempunyai volume pencarian yang konsisten.

  • Cara Membuat Rendang

Rendang termasuk ke dalam makanan yang paling terkenal di Indonesia, bahkan di dunia. Hal tersebut membuat resep rendang selalu dicari di sepanjang tahun. Ketika menjelang Hari Raya Idul Fitri, konten ini bisa menjadi sangat meningkat.

  • Makanan yang Sehat

Tentunya setiap orang ingin selalu memiliki tubuh yang sehat. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat, dan informasi ini akan selalu dicari oleh pembaca.

2. Konten Evergreen

Sedangkan konten evergreen adalah konten yang lebih fokus pada topik evergreen yang selalu dicari oleh para pembaca. Berdasarkan contoh topik di atas, Anda bisa membuat konten evergreen seperti di bawah ini:

  • 10+ Cara Mudah dalam Menurunkan Berat Badan

Konten yang satu ini menjadi jenis konten yang akan menarik para pembaca dan selalu dicari setiap saat. Menurunkan berat badan pun caranya sebenarnya tidak banyak berubah.

Jadi walaupun Anda menulis konten tersebut pada tahun 2018, pasti konten ini tidak akan banyak mengalami perubahan sampai 5 atau 10 tahun ke depan.

  • 5 Cara Asyik dalam Membuat Rendang yang Lezat

Rencang yang nikmat sudah pasti adalah rendang yang memiliki daging empuk dan cita rasa yang lezat. Untuk mereka yang baru pertama kali memasak rendang, konten seperti ini akan selalu mereka cari.

  • 20 Jenis Makanan Sehat yang Wajib Anda Konsumsi setiap Hari

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sebagian besar orang pasti ingin mempunyai tubuh yang sehat. Untuk itu, jenis konten ini akan selalu dicari.

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa kita simpulkan bahwa konten evergreen mempunyai beberapa format, seperti artikel dalam bentuk tips, listicle, sampai membuat artikel how to?

Baca juga: Apa itu Content Seeding? Ini 4 Cara Efektif Melakukannya!

Cara Membuat Konten Evergreen

accurate.id Gambar Konten Evergreen-3

Konten evergreen adalah konten yang tidak akan tergerus oleh zaman dana akan selalu relevan. Untuk itu, membuatnya tidak bisa dilakukan secara asal dan membutuhkan beberapa trik tertentu.

Dirangkum dari laman Digital Marketing Institute, cara membuat konten evergreen adalah sebagai berikut:

1. Pilihlah Kata Kunci yang Tepat

Memilih kata kunci atau keyword yang tepat akan sangat Anda butuhkan dalam membuat konten evergreen. Jika Anda ingin membuat konten evergreen, maka Anda harus menggunakan kata kunci berjenis long tail keyword.

Ketika sedang mencari kata kunci, ada baiknya Anda mencari volume pencarian yang tinggi, karena pasti akan lebih banyak dicari oleh para pembaca.

2. Optimasi SEO

Langkah kedua yang harus Anda perhatikan dalam membuat konten evergreen adalah melakukan optimasi SEO. Beberapa hal yang harus Anda lakukan dalam melakukan optimasi SEO adalah menempatkan kata kunci di bagian judul, URL, dan mendistribusikan kata kunci tersebut ke dalam bagian artikel.

Lalu, Anda juga harus memberikan alt text dalam bagian gambar dan memasukan tautan ke artikel lain.

3. Buatlah Artikel yang Dibutuhkan Pembaca

Anda juga harus memikirkan pemilihan topik artikel secara matang. Cari tahulah berbagai hal yang ingin diketahui dan juga dibutuhkan oleh pembaca. Jadi, walaupun Anda mempunyai pengetahuan yang luas tentang Biologi, namun pembaca tidak membutuhkannya, maka tundalah untuk menulis topik tentang Biologi.

4. Hindari Penggunaan Bahasa yang Bersifat Teknis

Konten yang Anda publikasikan di blog atau website sudah pasti akan berbeda dengan konten dengan gaya bahasa yang ilmiah. Untuk itu, ada baiknya untuk menghindari bahasa yang bersifat teknis.

Anda harus bisa selalu mengenali target audiens Anda. Bila website Anda lebih menargetkan mereka yang sudah profesional pada bidangnya, Anda bisa menggunakan bahasa yang bersifat teknis. Tapi bila target Anda adalah orang awam yang hanya mengetahui informasi saja, maka cobalah menghindari penggunaan bahasa yang bersifat teknis.

Baca juga: Digital Marketing: Pengertian, Jenis dan Tips Efektif Untuk Melakukannya

Penutup

Jadi, konten evergreen adalah konten yang mampu mendatangkan traffic pada website Anda sepanjang waktu karena isinya yang akan selalu segar. Untuk itu, konten evergreen memiliki peran yang penting untuk dijadikan sebagai bagian dari strategi content marketing.

Jika traffic website Anda meningkat, terlebih lagi website bisnis atau website online shop, maka peluang untuk memperoleh banyak konversi penjualan pasti akan meningkat.

Tapi, jangan lupa untuk mencatat setiap transaksi penjualan tersebut. Bila Anda kesulitan atau tidak memiliki waktu untuk mencatatnya, #lebihbaik Anda mempercayakannya pada software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena aplikasi ini mampu mencatat setiap kegiatan transaksi dan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, serta akurat.

Penasaran dengan kelebihan lain dari Accurate Online? Ayo coba dan rasakan sendiri manfaatnya pada bisnis Anda dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

6 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini šŸ™ Jadilah yang pertama!

Cinthya

Artikel Terkait