Pengertian Saham Preferen dan 5 Jenisnya yang Bisa Anda Beli

oleh | Mar 15, 2023

source envato.

Pengertian Saham Preferen dan 5 Jenisnya yang Bisa Anda Beli

Pada dasarnya, saham preferen adalah salah satu jenis saham yang bisa diperjualbelikan di lantai bursa efek. Para pemilik saham preferen mempunyai hal yang lebih besar dibandingkan dengan pemilik saham pada umumnya.

Perlu Anda ketahui, terdapat dua jenis saham di lantai bursa efek, yaitu saham biasa dan saham preferen. Lantas, apa bedanya saham biasa dengan saham preferen? Kenapa investor saham preferen memiliki hak yang lebih istimewa? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang saham preferen di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Saham Preferen dan Bedanya dengan Saham Biasa

accurate.id gambar preferen saham-1

Dilansir dari laman Investopediaprefered stock atau saham preferen adalah jenis saham yang mampu memberikan prioritas yang lebih banyak pada para pemiliknya atas aset dan juga laba perusahaan.

Prefered stock adalah gabungan antara obligasi dan saham biasa yang mampu memberikan pendapatan tetap untuk para pemegangnya.

Di sisi lain, saham biasa adalah jenis saham yang semuanya bisa diperjualbelikan secara umum. Saham ini adalah saham yang mampu menempatkan pemiliknya pada bagian paling terakhir dalam pembagian dividen serta hak atas harta kekayaan perusahaan bila perusahaan gulung tikar.

Untuk itu, para pemegang saham biasa tidak mempunyai berbagai hak istimewa seperti halnya pemegang prefered stock.

Baca juga: Apa itu Uptrend Saham? Ini Pengertian dan 3 Cara Tepat Menanggapinya!

Kelebihan Saham Preferen

accurate.id gambar preferen saham-2

Saham preferen atau yang juga disebut dengan saham istimewa memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

  • Akan lebih didahulukan dalam pembagian dividen daripada pemilik saham biasa
  • Mempunyai hak pembayaran dividen tetap yang nominalnya sama seperti deposito
  • Bila perusahaan bangkrut ataupun dilikuidasi, maka pemilik prefered stock akan lebih didahulukan untuk memperoleh aset perusahaan atau pembayaran kembali modalnya.
  • Saham preferen bisa Anda tukar dengan saham biasa
  • Beberapa prefered stock ada yang diperjualbelikan di dalam lantai bursa, ada juga yang tidak, tergantung kembali pada perusahaan itu sendiri.

Demikianlah hak istimewa pemilik prefered stock dan keuntunganya yang harus Anda jadikan bahan pertimbangan dalam melakukan investasi saham.

Baca juga: Apa itu Dividend per Share? Ini Pengertian dan Cara Menghitungnya!

Kekurangan Saham Preferen

accurate.id gambar preferen saham-3

Walaupun memang tergolong istimewa, namun pemilik prefered stock memiliki kelemahan atau kekurangan, seperti:

  • Prefered stock lebih sulit diperdagangkan karena jumlahnya yang lebih sedikit
  • Pemilik prefered stock tidak mempunyai hak suara di dalam RUPS untuk menentukan kebijakan manajemen perusahaan atau untuk memilih direksi maupun dewan komisaris perusahaan
  • Pemilik prefered stock tidak bisa membeli kembali saham perusahaannya.

Sebaliknya, pemilik saham biasa bisa memperjualbelikan semua sahamnya di bursa efek. Mereka juga bisa mempunyai hak suara dalam RUPS dan bisa membeli lagi saham perusahaan walaupun pemilik saham biasa bukan menjadi prioritas utama dalam pembagian dividen.

Baca juga: Elastisitas Permintaan: Ini Pengertian dan Cara Mudah Menghitungnya

Jenis-jenis Saham Preferen

accurate.id gambar preferen saham-4

Terdapat setidaknya lima jenis saham preferen, yaitu:

1. Participatioin Prefered Stock

Jenis saham ini mampu memberikan tambahan dividen pada pemiliknya berdasarkan kondisi yang sebelumnya telah ditentukan, seperti saat jumlah dividen yang diterima oleh pemilik saham biasa telah melebihi jumlah per saham yang sudah ditetapkan.

2. Convertible Prefered Stock

Convertible prefered stock adalah jenis saham yang bisa menyertakan pilihan pada pemiliknya agar bisa mengubah prefered stock menjadi beberapa saham biasa setelah menentukan tanggalnya.

Jenis prefered stock ini bisa ditukar atas dasar permintaan langsung pemilik saham, atau atas ketentuan perusahaan. Nilai saham preferen bisa dikonversi berdasarkan performa saham biasa.

3. Saham Preferen Disesuaikan

Jenis saham ini akan membayar dividen secara bervariasi. Nilai dividen dari saham ini akan ditentukan dengan berdasarkan pergerakan kurs dan juga suku bunga acuan. Jadi, jumlah pembayaran dividen prefered stock tidak tetap atau disesuaikan.

Nilai dividen bisa menurun jika suku bunga acuannya turun, begitu juga sebaliknya.

4. Saham Preferen yang dapat Ditebus

Saham preferen yang bisa ditebus adalah jenis saham yang bisa ditebus oleh perusahaan dengan nilai yang telah ditetapkan sebelum tiba tanggal jatuh tempo. Umumnya, hal ini dilakukan agar bisa memperoleh pembiayaan karena menggabungkan utang dan ekuitas.

5. Cumulative Prefered Stock

Cumulative prefered stock adalah jenis saham yang mewajibkan perusahaan untuk membayar seluruh dividen, termasuk tunggakan dividen sebelumnya pada pemilik saham ini. Mereka wajib didahulukan sebelum para pemilik saham biasa.

Baca juga: Catat! Ini Daftar Investasi yang Menguntungkan dan Wajib Anda Coba

Contoh Saham Preferen yang terdapat di Bursa Efek Indonesia

accurate.id gambar preferen saham-5

Di lantai Bursa Efek Indonesia, prefered stock umumnya memiliki empat kode atau ditambahkan dengan huruf P yang memiliki arti preferen.

Nah, beberapa contoh saham preferen tersebut adalah PT Mas Murni Indonesia Tbk (MAMIP), PT Bayer Indonesia Tbk (BYSP), PT Hanson International Tbk (MYRXP), PT Century Textile Industry Tbk (CNTX). PT Squibb Indonesia Tbk (SQBI), dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Investasi Saham secara Cepat dan Mudah, Cocok untuk Pemula

Cara Membeli Saham Preferen

accurate.id gambar preferen saham-6

Perlu Anda ketahui bahwa tidak mudah untuk membeli prefered stock di bursa saham. Karena, prefered stock yang beredar sangatlah sedikit. Selain itu, modal untuk membeli saham preferen pun sangat besar.

Sebagian besar pembeli prefered stock adalah institusi perusahaan, dan jarang sekali individu atau investor perorangan yang membelinya. Institusi pun membeli prefered stock dalam jumlah yang sangat banyak.

Inilah yang menjadi alasan utama kenapa perusahaan menerbitkan prefered stock, karena ingin mendapatkan modal yang besar dan bisa digunakan dalam kepentingan bisnis perusahaan.

Untuk membeli prefered stock pun sebenarnya bisa melalui perusahan sekuritas online untuk Anda investor individu. Jadi, anda bisa menanyakan lebih lanjut terkait hal ini pada pihak sekuritas pilihan Anda.

Baca juga: Mengenal Investasi Deposito dan Cara Memulainya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang saham preferen, mulai dari pengertian, perbedaannya dengan saham biasa, kelebihan, kekurangan, hingga cara membeli saham preferen.

Namun yang pasti, Anda harus bisa menganalisis dan membuat perhitungan yang matang sebelumnya agar bisa meningkatkan ROI atau memberikan keuntungan yang lebih.

Tapi bila Anda belum siap untuk berinvestasi pada jenis saham ini, #lebihbaik Anda berinvestasi pada Accurate Online terlebih dahulu.

Kenapa? Karena software akuntansi dan bisnis terlengkap di Indonesia ini mampu membantu Anda dalam mengelola keuangan bisnis secara lebih mudah, dan Anda juga bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara real-time.

Selain itu, di dalamnya juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur, yang akan memudahkan Anda dalam mengelola seluruh lini bisnis secara otomatis, cepat, dan tepat. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis.

Ayo segera buktikan sendiri keunggulan dari Accurate Online dengan mencobanya selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

ekonomikeuanganbanner
sidebarPromo
Ibnu
Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia

Artikel Terkait