Pengertian CIRCLES Method dan 8 Cara Mudah Menerapkannya

oleh | Jul 3, 2023

source envato.

Pengertian CIRCLES Method dan 8 Cara Mudah Menerapkannya

Perlu Anda ketahui bahwa saat ini, manajemen produk menjadi suatu hal yang penting di dalam perusahaan teknologi. Untuk itu, pemahaman terkait CIRCLES method menjadi suatu kewajiban.

Penasaran tentang CIRCLES method? Baca terus artikel di bawah ini hingga selesai.

Apa itu CIRCLES Method?

accurate.id-Apa itu CIRCLES Method

Berdasarkan laman Product Plan, CIRCLES method adalah sebuah pendekatan dalam manajemen produk yang digunakan untuk memahami kebutuhan pengguna, menentukan prioritas fitur, dan mengembangkan strategi produk.

Metode ini membantu tim produk dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah yang ada, serta memastikan pengembangan produk yang sukses.

Baca juga: Pengertian Hierarki Produk dan 5 Manfaatnya untuk Bisnis

Unsur-unsur CIRCLES Method

accurate.id Unsur-unsur CIRCLES Method

Berikut ini adalah beberapa unsur CIRCLES method dalam di product management:

  • Context

Context dalam hal ini adalah memahami konteks bisnis dan pasar, yang meliputi pemahaman tentang industri, pesaing, tren, dan peluang yang ada. Di dalamnya akan melibatkan pemahaman terhadap masalah yang ingin dipecahkan dan visi produk yang diinginkan.

  • Ideas

Unsur ini berkaitan dengan menghasilkan ide-ide produk dengan berkolaborasi bersama tim atau melibatkan berbagai sumber ide, seperti pengguna, riset pasar, atau data analitik. Ide-ide ini akan menjadi pondasi untuk pengembangan produk yang lebih lanjut.

  • Ranking

Memberikan peringkat pada ide-ide berdasarkan kriteria tertentu, seperti dampak bisnis, kepentingan pelanggan, dan keahlian teknis. Hal ini akan membantu Anda dalam menentukan prioritas dan mengarahkan upaya tim produk.

  • Roadmap

Membuat roadmap produk dalam hal ini adalah membuat rencana taktis dan strategis untuk pengembangan produk dalam jangka waktu tertentu. Di dalamnya akan mencakup fitur-fitur yang akan dikembangkan, prioritas pengembangan, dan jadwal waktu pelaksanaan.

  • Learning

Unsur learning akan mengharuskan Anda untuk mengumpulkan feedback pengguna dan data dari pelaksanaan produk yang ada untuk mendapatkan informasi yang penting. Hal ini akan membantu Anda dalam memvalidasi asumsi dan melihat apakah produk yang dikembangkan berhasil mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

  • Experiments

Unsur selanjutnya adalah melakukan eksperimen dengan menguji asumsi dan ide-ide melalui prototipe, A/B testing, atau pengujian lainnya. Eksperimen ini akan membantu Anda dalam menguji fitur-fitur, konsep, dan strategi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang berhasil dan apa yang tidak.

  • Strategy

Mengembangkan strategi produk jangka panjang dengan mempertimbangkan visi bisnis, kebutuhan pelanggan, dan kondisi pasar. Strategi ini mengarahkan pengambilan keputusan dalam pengembangan dan pengelolaan produk.

Baca juga: Pendekatan Produksi: Pengertian dan 7 Cara Menghitungnya dengan Mudah

Penerapan CIRCLES Method

accurate.id-Penerapan CIRCLES Methode

Penerapan CIRCLES method dalam product management melibatkan serangkaian langkah-langkah untuk mengembangkan dan mengelola produk yang fokus pada pemahaman pelanggan, penentuan prioritas, dan eksperimen.

Berikut adalah beberapa langkah dalam penerapan metode ini:

1. Memahami Konteks Bisnis

Mulailah dengan memahami konteks bisnis, pasar, kompetitor, dan peluang yang ada. Di dalamnya akan melibatkan penelitian dan analisis tentang industri Anda, tren pasar, dan kebutuhan pelanggan. Dengan pemahaman yang kuat tentang konteks, Anda dapat mengarahkan pengembangan produk dengan lebih efektif.

2. Menghasilkan Ide-ide

Ajaklah tim produk dan sumber daya lainnya untuk menghasilkan ide-ide produk. Gunakanlah berbagai metode seperti brainstorming, sesi diskusi, atau interaksi dengan pengguna untuk mengumpulkan berbagai ide yang dapat mengatasi masalah pelanggan dan mencapai tujuan bisnis.

3. Memberikan Peringkat pada Ide yang sudah didapat

Setelah menghasilkan ide, berikanlah peringkat pada setiap ide berdasarkan kriteria yang relevan, seperti dampak bisnis, kepentingan pelanggan, atau kelayakan teknis. Hal ini akan membantu Anda dalam menentukan prioritas dan menentukan ide-ide mana yang harus diprioritaskan untuk pengembangan lebih lanjut.

4. Membuat Roadmap Produk

Berdasarkan ide-ide yang sudah diprioritaskan, buatlah roadmap produk. Roadmap ini mencakup rencana taktis dan strategis untuk pengembangan produk dalam jangka waktu tertentu. Roadmap akan membantu Anda dalam menggambarkan urutan dan jadwal pengembangan fitur serta memberikan visi tentang arah produk di masa depan.

5. Mengumpulkan Pembelajaran

Selama dan setelah proses pelaksanaan produk, kumpulkanlah feedback dari pengguna dan data penggunaan produk. Analisis data dan feedvack ini membantu Anda memahami bagaimana produk diadopsi, apakah mencapai tujuan yang telah diharapkan, dan apakah ada kesempatan untuk perbaikan lebih lanjut.

6. Melakukan Eksperimen

Gunakanlah pendekatan eksperimen untuk menguji asumsi dan ide-ide produk. Hal Ini dapat melibatkan pengujian prototipe, tes A/B, atau pengujian pengguna untuk memvalidasi solusi dan mengumpulkan informasi penting yang dapat digunakan untuk pengembangan produk selanjutnya.

7. Mengembangkan Strategi Produk

Selaras dengan tujuan bisnis dan pemahaman pasar, kembangkanlah strategi produk yang jelas. Di dalamnya akan melibatkan pengambilan keputusan tentang arah produk, segmen pelanggan yang ditargetkan, dan inisiatif strategis yang akan dilakukan untuk mencapai visi produk.

8. Iterasi dan Penyesuaian

Teruslah untuk melakukan iterasi dan penyesuaian berdasarkan pembelajaran dan eksperimen yang telah dilakukan. Gunakanlah data dan feedback untuk melakukan perbaikan dan pengembangan produk yang berkelanjutan.

Baca juga: Pengertian Produk: Jenis, Tingkatan, dan Konsep Produksi Menurut Ahlinya

Penutup

Jadi, CIRCLES method adalah pendekatan yang sistematis dan terarah untuk mengembangkan dan mengelola produk.

Metode ini melibatkan pemahaman tentang konteks bisnis, menghasilkan ide-ide produk, memberikan peringkat pada ide-ide tersebut, membuat roadmap produk, mengumpulkan pembelajaran dari pengguna, melakukan eksperimen, mengembangkan strategi produk, dan melakukan iterasi dan penyesuaian secara berkelanjutan.

Dengan menggunakan CIRCLES Method, tim produk dapat fokus dalam memahami, menentukan prioritas, dan menguji konsep untuk menghasilkan produk yang lebih baik.

Metode ini memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik berdasarkan data dan feedback pengguna, serta membantu mencapai tujuan bisnis yang telah ditetapkan.

Penerapan CIRCLES method juga akan memungkinkan pengembangan produk yang lebih inovatif, adaptif, dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan pasar.

Dengan menggunakan CIRCLES Method, Anda dapat mengoptimalkan pengembangan produk Anda, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan mencapai kesuksesan dalam manajemen produk.

Namun, hal tersebut tentunya harus didukung dengan manajemen perusahaan yang baik dan juga efektif. Manajemen atau pengelolaan perusahaan yang efektif bisa dilakukan dengan mudah menggunakan Accurate Online.

Software akuntansi dan bisnis yang sudah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan, membantu mengelola persediaan barang, melakukan penjualan dan pembelian, menyelesaikan pajak perusahaan, dan masih banyak lagi.

Masih ragu dengan Accurate Online? Buktikan sendiri dengan mencobanya lebih dulu selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

9 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Anggi

Artikel Terkait