10 Inspirasi Usaha yang Bisa Anda Lakukan dengan Modal Kecil

Keinginan memulai  usaha terkadang memiliki berbagai tantangan. Hal utama yang sering jadi alasan  adalah minimnya modal. Namun hal itu mungkin terjadi karena banyak orang menganggap sebuah usaha memerlukan modal yang besar. Padahal, dengan modal kecil pun berbagai usaha bisa dirintis. Berikur adalah 10 inspirasi usaha yang bisa dilakukan dengan modal kecil:

1. Menjual Pulsa

Inspirasi usaha dengan modal kecil yang pertama ini sangat dekat dengan kebutuhan masyarakat di zaman sekarang dan sudah menjadi kebutuhan yaitu pulsa.

Pulsa adalah bahan bakar dalam media komunikasi yang dibutuhkan semua kalangan, atas maupun bawah, tua muda, pria dan perempuan. Luasnya pasar pulsa ini juga diikuti dengan kemudahan untuk menjalankannya. Karena itu, menjual pulsa merupakan inspirasi usaha yang menjanjikan. 

Modalnya pun tergolong minim. Cukup dengan memiliki ponsel dan uang saldo awal. Ponsel yang digunakan pun tidak perlu canggih, karena pengisian pulsa bisa lewat SMS. Sementara untuk setoran saldo awal, angka 500 ribu rupiah saja sudah tergolong cukup besar.

Baca juga: 10 Tips Efektif untuk Membangun Bisnis Pulsa yang Menguntungkan

2. Menjual Sayuran

Usaha menjual sayuran merupakan usaha yang bagus dan tidak musiman. Ibu-ibu mana yang tidak butuh sayuran segar untuk membuat masakan bergizi bagi keluarga? Hanya dengan modal 1-2 juta rupiah, berbagai sayuran sudah bisa dipasok dari agen atau dari petani langsung.  

Tentukan juga apakah akan berjualan berkeliling atau dengan membuka lapak di tempat tertentu. Keputusan ini akan membantu alokasi modal untuk sarana usaha. Selain itu, menjual sayuran merupakan usaha yang cukup mudah dimulai, maka kemungkinan adanya persaingan juga tinggi. Karenanya, patoklah harga yang wajar dan bersaing.

Baca juga: 10 Tips Memulai Bisnis Hidroponik Yang Menguntungkan

3. Menjual Jajanan Anak-anak

Telur gulung, cilok, pentol, dan kue cubit hanya sedikit dari contoh jajanan favorit anak-anak. Berbagai jajanan tersebut  bisa menjadi inspirasi usaha dengan modal kecil yang bisa dicoba. Biaya yang dibutuhkan untuk membeli bahan baku tidak sampai 1 juta rupiah.

Agar usaha berjalan lancar, penjual harus terlebih dulu memiliki keahlian untuk memasak jajanan yang ingin dijual. Ini bertujuan agar pelanggan pertama bisa langsung suka dan tertarik untuk membeli lagi. Usaha ini cocok dijalankan di sekitar sekolah. Tetapi, jangan lupa survey lokasi untuk mencegah bentrok dengan pelaku usaha lainnya.

Baca juga: Mengetahui Tips Membangun Bisnis Mainan Anak untuk Pemula

4. Membuka Warung Makan

Tidak perlu menyewa tempat khusus untuk membuka warung makan. Inspirasi usaha yang satu ini bisa dimulai dengan membuat kedai kecil di pekarangan rumah. Waktu berjualan pun bisa ditentukan sendiri. Misalnya untuk melayani sarapan, makan siang, atau makan malam saja.

Untuk warung makan sederhana di pekarangan, modal awal yang diperlukan tidak terlalu besar. Harga satu set meja dengan 2 kursi panjang yang bagus berkisar antara 700 ribu hingga satu juta rupiah. Tentu saja ini akan lebih murah jika bisa membuatnya sendiri. Untuk atapnya, bisa seng atau bahkan terpal saja. Anggarannya tergantung luas warungnya.

Modal  lainnya adalah persediaan  alat-alat masak yang lengkap. Contohnya kompor, tabung gas, panci, piring, gelas, hingga berbagai wadah lainnya. Beruntung jika sebelumnya memang memiliki berbagai alat berlebih di dapur. Tidak boleh ketinggalan, modal bahan masakan yang disesuaikan dengan menu yang ingin disajikan. 

Baca juga: 10 Tips Terbaik Membangun Bisnis Restoran yang Menguntungkan

5. Membuka Usaha Kue Kering

Usaha kue kering bagi banyak orang merupakan usaha yang musiman. Mungkin itu benar. Tetapi, dengan pemasaran dan kualitas produk yang baik, bukan tidak mungkin usaha ini bisa bertahan di hari-hari biasa. Dan karena kondisi itu pula, maka strategi awal membuka usaha kue kering bisa ditentukan.

Mulailah membuka usaha ini sebelum musim ramai dimulai, sebulan sebelum bulan Ramadhan misalnya. Manfaatkan media online dan orang terdekat dalam pemasaran. Ini akan menjadi kesempatan untuk mendapat feedback dari pelanggan sebelum masuk ke musim ramai. Dengan begitu, ada waktu untuk memperbaiki hal-hal yang kurang.

Agar usaha ini terus berlanjut, inovasi adalah kunci yang tidak boleh dilupakan. Kue-kue standar seperti nastar dan putri salju bisa saja terus diproduksi. Tetapi perlu juga membuat produk yang  mencerminkan ciri khas. Jangan abaikan pemberian merek yang bisa bertahan dalam jangka panjang. Strategi pemasaran juga termasuk hal yang penting.

Baca juga: Berencana Mendirikan Bisnis? Bisnis Kue Kering bisa Menjadi Pilihan

6. Membuka Jasa Les Privat

Memiliki pengetahuan di bidang tertentu, terutama yang berhubungan dengan mata pelajaran sekolah bisa menjadi sebuah peluang usaha. Apalagi jika didukung dengan keterampilan komunikasi yang baik serta sikap sabar dan senang bersosialisasi. Membuka jasa les privat dapat menjadi usaha yang cukup menjanjikan.

Tidak perlu modal banyak, cukup dengan menyebar brosur di tempat-tempat strategis. Jika tidak pun, promosi dari mulut ke mulut juga merupakan pemasaran yang efektif. Selain itu, pada saat awal-awal membuka jasa ini, tidak perlu tempat khusus untuk les. Tawarkan untuk datang langsung ke rumah siswa.

Modal yang mungkin saja diperlukan adalah untuk membeli alat tulis lengkap serta media pembelajaran. Kemudian perlu juga memiliki banyak buku untuk memperluas referensi. Modal ini hanya akan terasa besar di awal karena selanjutnya semua itu bisa menjadi aset yang dapat dipakai terus menerus.

Baca juga: 7 Cara untuk Memulai Bisnis Online yang Menguntungkan

7. Membuka Jasa Desain Grafis

Modal usaha tidak hanya berupa uang. Keterampilan juga merupakan modal yang bisa sangat menjanjikan. Di samping memiliki pengetahuan tentang desain, menjadi seorang desainer grafis juga menuntut pelakunya untuk memiliki kepekaan estetika. Modal lainnya tentu saja laptop dengan spesifikasi memadai yang sudah memuat berbagai aplikasi desain.

Jasa desain grafis tidak hanya berkutat pada produk cetak. Banyak desain yang dipesan dengan basis digital termasuk logo, ilustrasi, animasi, dan website. Karena itu, pemasarannya pun akan lebih menguntungkan jika dilakukan pada media online. Bisa dengan media sosial ataupun marketplace desain grafis.

Jangan lupa siapkan portofolio agar calon pelanggan dapat mengukur kecocokan desain dengan gaya mereka. Ini juga bertujuan untuk membangun kepercayaan sebelum terjadi kesepakatan. Hal yang tidak kalah penting adalah bergabung dengan komunitas. Berbagi ide dan event-event desain bisa menjadi penyegaran bagi seorang desainer.

Baca juga: Pengertian Industri Kreatif dan Contoh Industri Kreatif di Indonesia

8. Membuka Jasa Pencucian Sepeda Motor

Penentuan lokasi merupakan hal yang sangat penting dalam mendirikan usaha pencucian sepeda motor. Pastikan lokasi yang dipilih merupakan daerah dengan arus lalu lintas tinggi, sehingga dapat dilihat tidak hanya oleh warga sekitar. Selain itu, usahakan tempatnya tidak terlalu sempit agar pelayanan dapat lebih leluasa dan maksimal.

Modalnya sendiri, untuk kebutuhan pokok pencucian tidak sampai 2 juta rupiah. Itu sudah termasuk mesin steam, nozzle, perlengkapan mencuci seperti ember, lap, dan sampo, serta perlengkapan diri seperti sepatu boot. Memiliki tempat sendiri tentu lebih menguntungkan karena tidak ada biaya sewa yang dikeluarkan.

Jika ingin lebih profesional, perlu juga menyiapkan biaya pemasaran, nota dan stempel, serta kursi tunggu. Tetapi ini opsional saja, yang terpenting tetap kualitas cucian dan pelayanan yang ramah.

Baca juga: Bisnis Afiliasi : Pengertian, Keuntungan, dan Tips Mengembangkannya

9. Menjadi Penulis Lepas

Tidak jauh berbeda dengan desainer grafis, modal menjadi penulis lepas juga berkisar pada keterampilan, portofolio, dan laptop. Pemahaman tata bahasa dan penulisan efektif merupakan keterampilan utama yang harus dimiliki seorang penulis lepas. Untuk laptop tidak perlu spesifikasi tinggi, yang penting ada perangkat lunak pengolah kata.

Usaha ini juga memiliki beberapa jenis. Ada copywriter, reviewer, penulis artikel blog, penulis naskah, hingga yang merembet ke arah kepengarangan seperti cerpen dan novel. Media promosinya juga bisa melalui marketplace jasa. Mengikuti kelas menulis juga merupakan langkah pengembangan diri sekaligus memperluas jaringan.

Tetapi ada juga cara lain, yaitu dengan masuk dalam jasa penulisan. Ini bagus bagi pemula yang belum tahu seluk beluk kepenulisan. Tuntutan atas pemahaman berbagai tema serta deadline yang singkat akan menempa seorang penulis dalam meningkatkan kualitas dan produktivitasnya.

Baca juga: Tertarik Membuka Toko Kosmetik? Berikut 10 Tips Yang Bisa Dilakukan

10. Menjadi Agen Properti

Ini adalah inspirasi usaha dengan modal kecil yang agak berbeda dengan yang lain. Agen properti atau beberapa nama lainnya seperti broker, makelar, atau perantara adalah peluang usaha yang nyaris tidak membutuhkan modal uang. Keahlian negosiasi dan persuasi adalah hal utama yang perlu dimiliki jika ingin sukses di bidang ini.

Pekerjaannya mudah, yaitu mencarikan pembeli untuk sebuah rumah yang akan dijual oleh pemiliknya. Jika terjadi kesepakatan, maka si agen berhak atas komisi dari hasil penjualan tersebut. Tetapi, seorang agen properti hendaknya juga membantu pengurusan surat-menyurat agar kesepakatan jual beli terjaga legalitasnya di mata hukum.

Rumah merupakan sesuatu yang bernilai besar dan terkait dengan hukum. Karena itu, seorang agen sebaiknya juga memikirkan legalitas dirinya. Saat ini, profesi agen properti sudah ada sertifikasinya. Mungkin di sinilah seorang agen properti harus mengeluarkan modal. Tetapi dengan sertifikat itu, kepercayaan klien dapat meningkat.

Baca juga: Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Mendirikan Bisnis Properti

Memulai usaha bukan sekadar perkara modal, tetapi lebih kepada kemauan. Kesepuluh inspirasi usaha di atas adalah contoh bahwa modal kecil bukanlah penghalang dalam memulai usaha. Peka melihat peluang dan mampu memanfaatkan modal yang kecil merupakan langkah awal yang mantap dalam perintisan sebuah usaha.

Hal lain yang harus diperhatikan saat Anda membangun sebuah usaha adalah melakukan poyeksi dan pencatata keuangan dengan benar dan terperinci. Berapapun modal Anda, kalkulasi dalam pengeluaran dan pemasukan adalah penting dalam sebuah bisnis.

Catatlah semua transasksi yang terjadi pada sistem pembukuan yang nantinya akan membantu Anda untuk mendapatkan laporan keuangan sebagai bahan evaluasi dan perencanaan dalam pengembangan usaha yang lebih baik.

Jika Anda kesulitan dengan proses pembukuan manual dan tidak memiliki pengetahuan mendalam dengan ilmu akuntansi, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, mudah digunakan dan memiliki harga terjangkau seperti Accurate Online.

Hanya dengan 200 ribu rupiah perbulan, Anda bisa mendapatkan fitur yang Anda butuhkan seperti pencatatan pengeluaran dan pemasukan, penghitungan aset, penghitungan dan pemantauan stok secara real time, smartlik ecommerce, smartlink ebanking, rekonsilisasi otomatis, payroll, penghitungan dan pelaporan pajak langsung dari akun Anda, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Tertarik menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu