Apa itu Facebook Ads? Ini Pengertian dan Ke-5 Jenisnya yang Wajib Anda Ketahui

oleh | Mar 20, 2023

source envato.

Apa itu Facebook Ads? Ini Pengertian dan Ke-5 Jenisnya yang Wajib Anda Ketahui

Sebagian besar dari Anda pasti pernah menemukan konten sponsored post di timeline Facebook. Nah, jenis postingan yang mempunyai target inilah yang disebut dengan Facebook Ads, di mana postingan ini adalah salah satu fitur berbayar dari Facebook.

Seringkali fitur ini digunakan oleh brand atau perusahaan, bahkan perorangan, untuk melakukan promosi demi membangun brand awareness atau meningkatkan angka penjualan.

Lantas, apa dampak besar Facebook Ads ini dalam dunia digital marketing? Ayo kita kupas lebih dalam tentang Facebook Ads melalui artikel di bawah ini.

Apa itu Facebook Ads?

accurate.id gambar Facebook Ads-1

Facebook Ads atau Facebook Advertising adalah fitur berbayar yang disediakan oleh Facebook untuk mengiklankan postingan dalam suatu akun.

Facebook Ads ini mampu mengatur sesuai dengan target yang Anda inginkan, dari mulai jenis kelamin, usia, kesukaan, hingga lokasi ataupun domisili target pasar Anda.

Anggaran yang diperlukan pun sangat beragam, dari mulai hanya 20 ribu rupiah saja per hari, Anda bisa membuat iklan di Facebook. Semakin banyak anggaran yang Anda bisa keluarkan, maka akan semakin tinggi juga jangkauan postingan yang bisa Anda pasarkan.

Facebook Ads pun sangat bervariasi dan mempunyai berbagai macam jenis, dari mulai video ads, image ads, carousel ads, video roll ads, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 5 Cara Mudah Meningkatkan Komentar Instagram Agar Produk Anda Viral

Alasan Harus Menggunakan Facebook Ads

accurate.id gambar Facebook Ads-2

Dengan adanya berbagai jenis strategi marketing yang ada saat ini, kenapa Facebook Ads harus dipilih sebagai sasaran promosi? Nah, salah satu keuntungan dari menggunakan periklanan ini adalah adanya penggunaan target.

Facebook Ads tidak hanya sekedar iklan yang numpang lewat di setiap timeline para pengguna Facebook. Facebook Ads ini mempunyai pengaturan target yang bisa Anda atur sesuai dengan target pasar yang Anda inginkan.

Kondisi ini tentunya sangat menguntungkan Anda, karena Anda sudah tidak perlu lagi bertanya-tanya apakah iklan Anda bisa sampai ke target audiens Anda.

Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan jangkauan iklan, karena hal tersebut akan disesuaikan dengan anggaran yang bisa Anda keluarkan. Seluruhnya bisa Anda atur sendiri dan Anda bisa membaca laporannya sebagai bahan pembelajaran atau bahan evaluasi.

Baca juga: Apa itu Reach? Kenapa Sangat Efektif untuk Mengukur Strategi Digital Marketing?

Kelebihan dan Kekurangan Facebook Ads

accurate.id gambar Facebook Ads-3

Walaupun memang efektif, ternyata Facebook Ads masih menyimpan beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus Anda pertimbangkan.

Kelebihan dari Facebook Ads adalah:

  • Bisa melacak kampanye iklan yang Anda buat secara mudah
  • Mampu meningkatkan trafik secara cepat
  • Bisa mengontrol anggaran iklan
  • Target audiens yang sangat detail, dari mulai umur, kota, kesukaan, demografi, bahkan hingga pendapatan audiens
  • Jauh lebih mudah digunakan daripada Google Adwords
  • Mampu menjangkau target audiens lebih awal dalam proses pembelian sebelum mereka sadar akan kebutuhannya
  • Bisa menggunakan gambar dan juga video guna menangkap ketertarikan dari target audiens
  • Harga CPC cenderung lebih rendah dan disesuaikan dengan industri yang dijalankan

Kekurangan menggunakan Facebook Ads:

  • Bila tidak melakukan pengaturan iklan dengan benar, maka iklan tidak akan berjalan dengan baik meskipun telah mengeluarkan biaya yang sangat besar
  • Kemungkinan target audiens untuk bisa menjadi calon konsumen sama besarnya dengan menjadi audiens saja.

Baca juga: Facebook Fanpage adalah Halaman Bisnis yang Disediakan oleh Facebook, Apa Saja Fiturnya?

Tipe-Tipe Facebook Ads

accurate.id gambar Facebook Ads-4

Dirangkum dari laman Buffer, terdapat beberapa jenis Facebook Ads yang bisa disesuaikan dengan bisnis Anda, yaitu:

1. Boost Post

Boost post adalah jenis iklan yang akan mempromosikan postingan dalam suatu akun yang nantinya akan hadir dalam desktop news feed, mobile news feed, serta desktop right column. Umumnya, jenis iklan ini digunakan agar bisa mempromosikan suatu produk atau toko yang.

2. Promote Page

Promote page adalah jenis iklan yang akan mempromosikan satu akun secara penuh dengan deskripsinya secara singkat. Umumnya, jenis iklan ini digunakan untuk mempromosikan suatu fanpage yang berisi penjualan ataupun hanya sekedar informasi yang dibuat oleh perusahaan.

Setiap audiens yang menekan tombol like pada halaman yang diiklankan, maka mereka akan mendapatkan pembaruan dari halaman tersebut. Jenis Facebook Ads ini bertujuan untuk meningkatkan angka followers ataupun like.

3. Website Ads

Anda bisa menggunakan jenis Facebook Ads yang satu ini bila tujuan Anda adalah mempromosikan website. Salah satu syarat yang harus Anda penuhi adalah mempunyai Facebook Fanpage.

Iklan Anda nantinya akan muncul dan terhubung dengan situs yang sedang Anda promosikan. Cara ini terbukti efektif bila Anda ingin meningkatkan traffic rate pada situs Anda.

4. Install App Ads

Jika Anda adalah pengembang aplikasi, maka jenis Facebook Ads ini mampu meningkatkan jumlah pengguna dan membangun brand awareness audiens.

Install App Ads adalah iklan yang akan menargetkan audiens untuk langsung masuk pada link di mana aplikasi Anda siap untuk di unduh, seperti di Play Store atau di AppStore.

5. Event Ads

Selain bisa digunakan untuk bisnis, ternyata Facebook Ads juga bisa digunakan untuk mempromosikan acara yang akan diselenggarakan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan jumlah peserta atau membangun kesadaran akan adanya acara tersebut.

Jenis iklan ini akan mempromosikan acara, lengkap dengan waktu dan juga lokasi acara. Audiens yang mendapatkan iklan ini secara otomatis tidak lagi harus mencari informasi lebih lanjut bila memang tertarik. Kenapa? Karena mereka bisa mendapatkan rincian yang jelas dalam satu tampilan.

Baca juga: Sistem Informasi Pemasaran: Pengertian, Jenis, dan Komponen di Dalamnya

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang Facebook Ads, lengkap dengan pengertian, alasan harus menggunakan Facebook Ads, dan berbagai jenis-jenisnya.

Namun jika Anda ingin menjalankan iklan ini, maka Anda harus memiliki anggaran yang tepat dan Anda harus bisa mengelolanya dengan benar agar kegiatan operasional lainnya tidak terganggu.

Nah, bila Anda kesulitan untuk mengelola anggaran, #lebihbaik Anda mempercayakannya pada Accurate Online. Kenapa? Karena software akuntansi dan bisnis ini mampu mengelola finansial perusahaan Anda dengan baik dan Anda bisa mengaturnya sesuai dengan kebutuhan setiap pos.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan real-time. Sehingga, Anda bisa menghemat lebih banyak waktu dan fokus dalam mengembangkan bisnis.

Masih ada banyak lagi manfaat dari Accurate Online, dan akan lebih baik jika Anda merasakan langsung manfaat tersebut dengan mencobanya selama 30 hari melalui tautan gambar di bawah ini.

digitalmarketingbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Cinthya
Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.

Artikel Terkait