Tiktok Shop: Pengertian, Keunggulan, dan Cara Berjualannya

Sudah coba jualan online di Tiktok Shop? Aplikasi Tiktok yang banyak digemari anak-anak muda Indonesia saat ini, telah meluncurkan fitur terbarunya yang disebut Tiktok Shop.

Para pengguna aplikasi ini nantinya berpeluang untuk mendapatkan penghasilan dari Tiktok Shop. Selain itu, kalian juga bisa berbelanja online dengan mudah lewat fitur ini.

Bagi kalian yang ingin berjualan online lewat Tiktok Shop, artikel kali ini akan membahas serba-serbinya secara lengkap.

Apa itu Tiktok Shop?

Tiktok merupakan salah satu aplikasi social media berbasis video singkat yang populer di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia.

Banyaknya pengguna tik tok, membuat aplikasi ini berpikir untuk meluncurkan fitur baru yang pastinya akan disukai para penggunannya. Fitur tersebut adalah Tiktok Shop.

Perusahaan Tiktok menjadikan Tiktok Shop sebagai solusi, fitur, dan juga alat yang bisa memberikan peluang usaha bagi siapa saja, yang ingin fokus berjualan online.

Fitur ini dapat Anda temukan di bagian profil akun Tiktok Anda, dengan ikon sebuah tas belanja.

Melalui tik tok shop, orang dapat berbelanja online seperti lewat e-commerce pada umumnya. Mereka juga bisa melakukan pembayaran dengan metode transfer atau lewat COD (cash on delivery).

Baca juga: Calculator TikTok: Pengertian, Manfaat dan Cara Menggunakannya

Keunggulan Berjualan di Tiktok Shop

Bagi para pelaku bisnis online dan juga pemula dalam bisnis, munculnya Tiktok Shop tentunya merupakan kabar baik. Fitur ini memiliki keunggulan dibandingkan aplikasi sejenis atau marketplace sekalipun. Keunggulan berjualan di Tiktok Shop sebagai berikut:

  • Aplikasi Sosial Media yang Bisa Sambil Belanja

Biasanya, ketika membuka social media dan menemukan produk yang kita suka, kita akan keluar dari sosmed tersebut dan diarahkan ke sebuah website e-commerce.

Setelah muncul platform ini, Anda tidak perlu lagi repot-repot scrolling di marketplace karena Tiktok menjadikannya satu platform.

Selain bermain di social media, Anda juga bisa sambil jualan online dan belanja online kapan saja, dimana saja lewat fitur ini.

  • Basis Pengguna Aktif yang Banyak

Tahukah Anda, kalau aplikasi social media berbasis video singkat ini, sudah memiliki sekitar 800 juta pengguna aktif. Rata-rata dari mereka adalah anak-anak muda yang setidaknya membuka aplikasi ini sebanyak 8 kali sehari.

Tidak heran jika aplikasi social media yang satu ini berpeluang untuk menemukan pelanggan yang menjadi target pasar dari produk atau jasa yang Anda jual di media ini.

  • Memperluas Pasar Bisnis

Bagi Anda yang sudah berpengalaman dalam hal jualan online, fitur ini juga bisa menjadi cara baru untuk memperluas bisnis Anda.

Dengan banyaknya pengguna tik tok, langkah untuk semakin memperluas pasar lebih terbuka lebar. Hal ini tentunya bisa meningkatkan omset penjualan bisnis Anda.

Baca juga: Tips Melakukan Tiktok Marketing Secara Efektif

Cara Daftar Menjadi Seller di Tiktok Shop

Berminat untuk berjualan di Tiktok Shop bersama beberapa keunggulannya tadi? Berikut ini cara daftar untuk menjadi seller di Tiktok Shop:

  • Buka aplikasi Tiktok lewat situs alamat berikut https://seller-id.Tiktok.com/account/welcome/
  • Setelah itu, lakukan Sign up terlebih dulu, jika memang belum memiliki akun resmi. Anda cukup masukan alamat email atau nomor handphone saja.
  • Kemudian, laman otorisasi akan muncul , bacalah dengan seksama lalu jika setuju dengan Syarat dan ketentuan dari Tiktok, ketika “otorisasikan”
  • Lanjutkan verifikasi lewat email. Setelah itu, Anda akan mendapatkan kode, lalu salin kode tersebut agar bisa melakukan verifikasi email
  • Setelah akun berhasil dibuat, saatnya untuk mempelajari akun Tiktok milik Anda
  • Lakukan beberapa hal dasar seperti mengedit profil, menambahkan produk yang akan dijual dan lain sebagainya
  • Jika sudah selesai, Anda sudah bisa mulai berjualan online lewat fitur ini.

 Baca juga: Tiktok Ads: Jenis, Pengertian dan Tips Efektif Memaksimalkannya

Cara Mendapatkan Pembeli di Tiktok Shop

Ketika mulai berjualan di Tiktok Shop, maka ada dua cara yang bisa Anda coba. Yang pertama adalah dengan mengunggah foto produknya, yang kedua adalah melalui siaran langsung dan mulai promosikan produk-produk andalan dari bisnis Anda.

Baca juga: Cara Masuk FYP Tiktok Untuk Tingkatkan Brand Awareness Perusahaan

Cara Melihat Orderan yang Masuk di Tiktok Shop

Pemilik bisnis tentunya ingin mengetahui orderan apa saja yang sudah dipesan konsumennya. Begitu juga dengan Tiktok Shop, dan berikut ini cara melihat tracking orderan para konsumen Anda:

  • Masuk ke menu dan pilih “akun saya”
  • Klik tanda titik tiga di bagian kanan atas
  • Selanjutnya klik “orders” dan akan muncul pesanan yang sedang berjalan dan proses trackingnya dengan detail

Baca juga: 6 Cara Mendapatkan Uang Dari Tiktok Untuk Pemula

Cara Promosi Bisnis di Tiktok Shop

Selain beberapa keunggulan yang dimiliki Tiktok Shopi, dari segi digital marketingnya, aplikasi Tiktok memang memiliki engagement rate yang cukup tinggi dibandingkan aplikasi social media lainnya.

Melansir dari hostinger, ER dari Tiktok ini mencapai 17.96% per unggahan. Sedangkan di Instagram sebesar 3.86%, youtube 1.63%.

Engagement rate yang tinggi, tentunya memudahkan perusahaan untuk meningkatkan kepercayaan dan komunikasi terhadap konsumennya.

Adapun cara promosi di Tiktok Shop yang tepat, sebagai berikut:

  • Pastikan membuat akun bisnis, atau akun Tiktok Shop sendiri
  • Kenali aplikasi Tiktok dengan lebih detail, kenali calon konsumennya secara mayoritas
  • Fokus untuk membuat konten yang berkualitas, tidak hanya produk yang dijual, konsumen juga ingin tau bagaimana proses pembuatannya hingga menjadi suatu produk. Atau berikan “how to” dan tutorial.
  • Manfaatkan fitur-fitur dalam aplikasi Tiktok, filter, sound, effect, bisa Anda manfaatkan untuk menjadikan promosi semakin unik dan diminati dan manfaatkan juga fitur stitch di Tiktok
  • Daftar Tiktok Ads
  • Join influencer di Tiktok
  • Gunakan hashtag challenge di setiap unggahan

Baca juga: Ide Konten TikTok Menarik Untuk Promosi Produk Bisnis Anda Anda

Kesimpulan

Platform Tiktok kini bisa digunakan sebagai alternatif baru berjualan online yang menguntungkan. Selain itu, keunggulan yang dimiliki media ini tentunya menjadikan para pebisnis online lebih mudah dalam memasarkan produk dan jasa mereka.

Jika sudah banjir orderan, Anda tidak usah repot-repot dan pusing mengurus setiap orderan yang masuk. Serahkan saja semuanya ke Accurate Online.

Software akuntansi dan bisnis Accurate Online ini akan memudahkan Anda dalam mengurus pembukuan keuangan, mensinkronkan stok barang yang dimiliki, hingga menyusun laporan penjualan bisnis ini secara otomatis.

Segera beralih ke Accurate online, dan Anda bisa mencobanya secara gratis sekarang juga untuk 30 hari, melalui tautan ini.Accurate-