Apa itu Asian Development Bank? Ini Penjelasannya!

Asian Development Bank atau ADB adalah suatu institusi finansial pembangunan multirateral yang didedikasikan untuk mengurangi jumlah kemiskinan di kawasan Asia dan Asia Pasifik.

Bank ini pertama kali dibangun pada tahun 1966, dengan anggota awalnya sebanyak 31 negara. Saat ini, ADB telah berkembang menjadi 68 negara, yang 49 diantaranya adalah negara dari kawasan Asia Pasifik.

Sejarah Asian Development Bank

Asian Development Bank dibangun dengan latar belakang resolusi yang disahkan di tingkat Konferensi Tingkat Menteri pertama yang membahas terkait Kerjasama Ekonomi Asia pada tahun 1963 lalu.

Konferensi tersebut diselanggarakan oleh Komisi Ekonomi PBB untuk Asia Timur Jauh. Saat itu, Filipina ditetapkan sebagai tuan rumah lembaga baru yang resmi dibuka pada tanggal 19 Desember 1966. Saat itu, negara pertama Asian Development Bank berjumlah 31 negara, dengan Presiden pertamanya yang bernama Takeshi Watanabe.

Selama dekade 60-an tersebut, ADB fokus pada sebagian besar bantuan untuk produksi pangan dan juga untuk pembangunan desa.

Baca juga: Bank Umum: Definisi, Ragam Jenis, Fungsi, dan Kegiatan Usahanya

Organisasi dalam Asian Development Bank

Keputusan tertinggi dari Asian Development Bank ini diambil oleh Dewan Gubernur yang mana keanggotaannya terdiri dari wakip setiap negara anggota.

Nantinya, dewan gubernur akan memilih diantara dua belas anggota dewan direktur dan deputi. Sebanyak delapan dari dua belas anggota tersebut berasal dari negara asia pasifik, sedangkan sisanya berasal dari luar regional.

Lebih dari itu, dewan gubernur juga memilih presiden ataupun pimpinan dari dewan direktur serta manajemen Asian Development Bank. Kepresidenan tersebut mempunyai masa jabatan selama lima tahun dan memiliki hal untuk bisa dipilih kembali.

Markas dari ADB ini berada di Kota Mandaluyong, Metro Manila, Filipina dengan jumlah karyawan sekitar 2400 orang.

dengan karyawan sebanyak kurang lebih 2.400 orang yang berasal dari 55 negara dari total 68 negara anggotanya.

Baca juga: Likuiditas Bank Adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Mengelolanya

Pertemuan Tahunan

Pertemuan tahunan yang dilakukan oleh dewan gubernur Asian Development Bank adalah kesepakatan untuk bisa memberikan panduan terkait arah keuangan, administrasi dan juga operasional dari ADB.

Dalam pertemuan tersebut, setiap anggota mempunyai peluang yang sama untuk bisa berinteraksi dengan staf ADB, media, lembaga swadaya masyarakat, organisis internasional, perwakilan negara pengamat, akademisi, dan juga sektor swasta.

Pertemuan tahunan tersebut pun dijadikan sebagai forum utama yang di dalamnya membahas berbagai masalah pembangnan ekonomi sosial Asia dan juga Pasifik.

Baca juga: Credit Union Adalah: Pengertian dan Bedanya dengan Bank

Waktu dan tempat

Pertemuan tahunan dari ADB ini dilakukan pada awal April sampai dengan awal Mei dengan tuan rumahnya adalah salah satu negara anggota.

Peserta pertemuan tahunan

Peserta yang turut serta untuk berpartisipasi dalam pertemuan tahunan Asian Development Bank ini adalah sebagai berikut:

  • Menteri Perencanaan Keuangan dan Ekonomi
  • Pejabat Pemerintah Senior
  • Perwakilan Komunitas Bank Pembangunan Multirateral
  • Bank inventaris
  • Perwakilan dari organisasi non pemerintah
  • Anggota media

Baca juga: Mengenal Bank Investasi dan Tipe Layanan yang Ditawarkannya

Negara Indonesia dalam Asian Development Bank

Kerja sama ataupun kemitraan antara negara Indonesia dan juga Asian Development Bank sudah terbentuk selama lebih dari 50 tahun. Dalam kurun waktu yang sudah lama tersebut, kerjasama yang sudah dijalin lebih fokus pada investasi infrastruktur, pengelolaan ekonomi, dan juga pengembangan sumber daya manusia.

Dari tahun 1966 lalu, pihak ADB sudah memberikan komitmen sebanyak $ 34,49 milar dengan bentuk pinjaman yang dijamin dan tidak dijamin oleh pemrintah, investasi ekuitas, serta jaminan.

Sementara itu, sebanyak $ 251,88 juta sudah disalurkan oleh pihak ADB dengan bentuk bantuan teknik untuk Indonesia.

Lebih lanjut, ADB di Indonesia pun mengambil pendekatan jangka panjang, strategis, dan juga terprogram agar bisa mengembangkan sektor inti perekonomian di Indonesia dalam bentuk pasikan air, energi, transportasi, irigasi, infrastruktur perkotaan, pendidikan, keuangan, serta manajemen sektor publik.

Pihak Asian Development Bank berkomitmen untuk bekerjasama dalam memaksimlkan dampak pembangunan dengan memberkenalkan berbagai prakti terbaik, teknologi dan juga inovasi, serta meningkatkan efisiensi dalam persiapan serta pelaksanaan proyek.

ADB pun terus berupaya dalam memaksimlakan sinergitas antara operasi publik serta swasta, termasuk di dalamnya menjalin kerjasama pemerintah dan badan usaha di Indonesia.

Baca juga: Apa Itu MUFG Bank? Ini Sejarah dan Sepak Terjangnya di Indonesia

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang Asian Development Bank. Jadi, Asian Development Bank atau ADB adalah suatu institusi finansial pembangunan multirateral yang didedikasikan untuk mengurangi jumlah kemiskinan di kawasan Asia dan Asia Pasifik.

Sama halnya seperti negara, sebagai pebisnis pun Anda harus memiliki wawasan yang luas terkait bank, baik itu bank yang ada di dalam negeri, ataupun bank dengan yang sudah dibentuk oleh beberapa negara seperti ADB.

Kenapa? Karena dalam menjalankan bisnis pun pasti Anda akan memerlukan kerjasama dengan pihak bank, terutama dalam masalah finansial.

Terkait masalah finansial ini, tentu sebagai pebisnis Anda juga harus bisa mengelolanya dengan baik. Nah, salah satu alat yang bisa membantu Anda dalam mengelola keuangan adalah aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang sangat membantu sekali dalam mengelola keuangan dan membuat keputusan bisnis yang tepat.

Terlebih lagi, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan fitur bisnis yang luar biasa yang akan membantu Anda dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang di gudang, menyelesaikan administrasi perpajakan, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini sudah berhasil meraih penghargaan TOP Brand Award dan sudah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia, sehingga Anda sudah tidak perlu lagi meragukan keandalan dari Accurate Online.

Ingin membuktikannya sendiri? Tenang, Anda bisa mencobanya selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia