30 Cara Melakukan Marketing Online Untuk Bisnis Kecil Secara Gratis

Perjalan bisnis masa kini tentu membutuhkan sebuah strategi yang mudah melalui marketing online. Marketing secara online ini dilakukan dengan cara mengoptimalkan internet serta produk digital hingga media yang ada saat ini. 

Dengan memanfaatkan teknologi dan bantuan internet sebagai media digital. Maka bisa menjalankan bisnis secara online dengan beberapa strategi marketing di dunia serba online sekarang. 

Apalagi jika bisnis yang dijalankan masih dalam taraf kecil. Maka harus menemukan cara melakukan marketing secara gratis atau setidaknya berbiaya rendah.

Inilah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis yang sedang dirintis tersebut dengan marketing online dengan biaya rendah atau gratis.

1. Kelola data email

Pastikan Anda memiliki metode untuk merekam dan mengelola data email dari pengunjung situs web atau email pelanggan Anda. Integrasikan opsi pendaftaran email ke situs Anda dan mulailah membangun database data pelanggan.

Anda kemudian dapat menggunakan data ini untuk berbagai insentif pemasaran, seperti pemasaran email atau membuat audiens khusus di Facebook untuk iklan bertarget.

2. Email Marketing

Anda sudah mendapatkan datanya, sekarang Anda perlu melakukan sesuatu yang berguna dengan seluruh data yang Anda punya. Mulailah dengan membuat akun gratis dengan Mailchimp misalnya, dan mulai mendistribusikan email tersebut.

Hindari promosi yang berlebihan dan selalu tawarkan sesuatu yang benar-benar berguna bagi penerimanya. Jaga agar email tetap teratur tetapi tidak pernah membombardir dan menjadi spam.

Jika tidak, orang akan berhenti berlangganan lebih cepat karena terganggu dengan cara Anda melakukan penawaran produk.

Download eBook Panduan dan Template Pembukuan Sederhana dengan Excel untuk Bisnis Kecil

3. Pemasaran video

Jangan pernah mengabaikan perkembangan hebatnya konten video selama beberapa tahun terakhir. Ikutilah tren ini dan mulailah terlibat dalam beberapa pemasaran video. Mulailah dengan menyiapkan saluran YouTube.

Anda tidak perlu membuat konten video ala film Hollywood – cukup dengan blog video sederhana. Jika Anda ingin mengatakan sesuatu yang bermanfaat, katakan di video.

Pastikan juga Anda membuat konten yang sangat mudah dibagikan dan dapat dimengerti setiap orang – sebarkan tautan di situs web Anda, bagikan ke sosial media, dan sertakan dalam email Anda.

4. Posting ke Facebook

Tak perlu dikatakan bahwa media sosial adalah salah satu alat pemasaran paling berharga di luar sana. Dan itu gratis. Ingat, GRATIS!!!

Sebaiknya jangan mendaftar untuk setiap platform media sosial, cukup fokus pada yang paling sesuai dengan bisnis Anda.

Facebook adalah opsi yang layak untuk hampir semua bisnis. Sayangnya, pembaruan algoritme terbaru mempersulit bisnis untuk mendapatkan visibilitas di umpan berita tanpa membayar. Tapi, Anda tidak akan rugi. Poskan pembaruan rutin – Buatlah konten yang menarik dan mengasyikkan, jangan terlalu berpromosi, dan utamakanlah kenyamanan pengguna.

5. Berinteraksi dengan pakar industri di Twitter

Twitter bukan untuk semua orang, tetapi Twitter memiliki beragam manfaat. Ini adalah platform yang bagus untuk terlibat dengan pakar industri dan pelanggan, karena ini adalah tempat di mana siapa pun dapat berbicara dengan siapa pun.

Tanggapi umpan balik pelanggan, retweet konten terbaik buatan pengguna, dan tawarkan masukan asli untuk diskusi industri Anda.

6. Buat Akun Instagram

Bisa dibilang ini adalah saluran yang cukup efisien untuk pemasaran online yang gratis, Instagram. Instagram memiliki basis pengguna yang terus meningkat.

Jika bisnis Anda akan mendapat manfaat dari kehadiran visual, pastikan Anda mendedikasikan waktu untuk membangun akun Instagram yang kuat. Ingatlah bahwa ini adalah platform visual, kuncinya adalah konten yang dikurasi dengan cermat dan tampak luar biasa.

Baca juga: Keunggulan Kompetitif: Pengertian, Fungsi, Strategi, Analisa dan Alat Ukurnya

7. Hasilkan lalu lintas situs web dengan Pinterest

Pinterest tidak cocok untuk banyak bisnis, tetapi dapat bekerja dengan sangat baik untuk beberapa bisnis. Platform ini memiliki salah satu tingkat konversi tertinggi dalam hal mengubah mereka yang tadinya hanya melihat menjadi pembeli.

Anda juga dapat menghasilkan lalu lintas situs web yang signifikan dan mencari tahu lebih lanjut tentang apa yang disukai target audiens Anda.

8. Bangun jaringan di LinkedIn

Jika bisnis Anda adalah perusahaan B2B, pastikan untuk memiliki kehadiran dan reputasi yang baik di LinkedIn. Ini juga tempat yang bagus untuk membangun jaringan Anda. Aturan yang sama berlaku untuk LinkedIn seperti platform sosial lainnya – terlibat dengan orang yang relevan dan tawarkan wawasan yang berguna bagi audiens.

9. Mulailah menggunakan Google Posts

Bertujuan untuk mempublikasikan pembaruan rutin melalui Google Post untuk visibilitas yang lebih besar di halaman hasil mesin pencari.

Memposting ke Google memungkinkan bisnis berbagi konten dengan orang-orang yang relevan dengan permintaan pencarian yang dimasukkan. Ini cara yang bagus untuk mendapatkan sedikit keterpaparan ekstra.

marketing online 3

10. Menggunakan User Generatd Content (UGC)

Konten buatan pengguna atau User Generatd Content (UGC) adalah konten yang dibuat dan diterbitkan oleh penggemar atau konsumen bisnis Anda yang tidak dibayar.

Saat seseorang sangat menyukai produk atau layanan Anda sehingga mereka mengambil tanggung jawab untuk berbagi pengalaman dengan teman dan keluarga, biasanya melalui media sosial.

UGC biasanya terjadi secara alami, tetapi tidak ada salahnya mendorong agar hal tersebut terjadi – jika Anda tidak bertanya, Anda tidak mengerti!

Anda dapat memilih  posting terbaik setiap minggu di saluran media sosial Anda, dan bahkan menawarkan hadiah kepada pelanggan yang diunggulkan.

Dan berbicara tentang hadiah akan berhubungan dengan poin selanjutnya…

Baca juga: Promosi Produk: Pengertian dan 10 Tips Promosi yang Terbukti Efektif

11. Jalankan giveaway media sosial

Menjalankan hadiah media sosial adalah cara yang pasti untuk meningkatkan keterlibatan dan menghasilkan pengikut baru. Ini tidak hanya bisa menjadi cara yang bagus untuk mengucapkan terima kasih kepada pelanggan dan penggemar yang ada, ini juga cara yang berguna untuk menjangkau calon pelanggan baru.

Memang ini tidak sepenuhnya gratis, karena Anda perlu memberikan produk, tetapi tidak perlu mengeluarkan uang untuk itu. Pastikan untuk mengikuti semua praktik terbaik menjalankan giveaway, misalnya memberikan produk atau layanan yang Anda jual.

12. Berinteraksi dengan para Influencer

Marketing Influencer adalah industri yang sangat besar. Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan cara kerjanya, sebuah bisnis membayar atau menawarkan produk gratis kepada blogger atau influencer yang memiliki pengikut tinggi di media sosial. Sebagai gantinya, influencer membagikan produk Anda di saluran media sosial mereka. Ini cara marketing online yang sangat efektif.

Influencer yang lebih populer dapat mengenakan tarif, tetapi mereka yang memiliki pengikut yang lebih kecil (terkadang disebut “mikro-influencer”) memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi dan sering kali bersedia memposting sesuatu sebagai imbalan untuk produk atau uji coba gratis.

13. Siapkan Google Search Console dan Bing Webmaster Tools

Jika Anda belum melakukannya, pastikan Anda menyiapkan Google Search Console (dan juga Alat Webmaster Bing). Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat melihat informasi berharga tentang istilah penelusuran yang digunakan orang untuk menemukan situs web Anda.

Anda juga dapat mengindeks halaman baru, artinya halaman tersebut akan muncul di halaman hasil mesin pencari lebih cepat. Selain itu, pastikan untuk mengirimkan peta situs XML – ini membantu mesin pencari merayapi situs Anda. Ini mungkin teknik yang sedikit sulit untuk melakukan marketing online, tapi percayalah ini gratis dan berdampak besar.

Baca juga: Produksi Massal: Pengertian, Tahapan, Manfaat, Keuntungan dan Kekurangannya

14. Selalu Perbarui listingan Google Bisnis milik Anda

Pastikan Anda selalu memperbarui listingan Google Bisnis milik Anda dan periksa apakah semua informasi akurat. Atur ulang gambar untuk memastikan hanya sisi terbaik Anda yang ditampilkan.

Lakukan hal yang sama dengan daftar lokal Anda untuk Bing dan Yahoo. Ada baiknya juga bekerja membangun ulasan Google Anda, karena itu akan membantu meningkatkan visibilitas Anda.

15. Minta testimoni pelanggan Anda

Mengenai topik review, pastikan untuk menghasilkan testimonial dan review (positif) sebanyak mungkin. Ini adalah strategi marketing online yang cukup menghasilkan pengguna produk atau layanan baru pada bisnis.

Baik itu melalui Google, Tripadvisor, atau untuk bagian testimonial khusus di situs web Anda. Ingatlah, orang-orang mempercayai orang lain yang sudah menggunakan produk atau layanan Anda sebelumnya.

Anda harus meminta pelanggan Anda untuk melakukan pemberian testimoni, karena orang tidak terlalu sering memberi mereka secara alami. Hanya dorongan lembut yang akan berhasil (atau berikan hadiah).

16. Google Analytics

Strategi markting online gratis yang satu ini sedikit teknikal. Pastikan Google Analytics Anda ditautkan ke situs Anda. Ini adalah harta karun berupa data yang berguna dan pastikan Anda meluangkan waktu untuk memahaminya.

Lihat bagaimana orang-orang berinteraksi dengan situs Anda, identifikasi titik lemah, dan temukan halaman paling populer. Dengan informasi ini, Anda dapat membuat perubahan dan perbaikan yang didasarkan informasi yang dihasilkan dari situs Anda.

Baca juga: 10 Cara Memasarkan Produk Terbaik Di Era Digital

17. Tinjau Google Ads

Google Ads tidak gratis. Faktanya, ini sangat mahal. Tetapi jika Anda sudah menjalankan kampanye PPC, ada baiknya meluangkan waktu untuk meninjau strategi Anda. Coba tulis ulang beberapa iklan dan tingkatkan skor kualitas Anda untuk menghasilkan hasil yang lebih baik.

Meluangkan sedikit waktu untuk meninjau kampanye Anda dapat menghemat banyak uang. Bagi sebagian besar dari kita, Google Ads memerlukan biaya, tetapi jika Anda adalah organisasi amal, Anda dapat mengajukan permohonan Google Grant hingga £ 10.000 untuk dibelanjakan di Google Ads!

18. Gunakan PR

PR masih menjadi senjata ampuh dalam gudang senjata pemasar. Tanpa menyewa agen PR khusus, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menerapkan sedikit PR. Mengikuti berita atau pembaruan substansial apa pun, ada baiknya menyebarkan siaran pers karena Anda tidak pernah tahu siapa yang mungkin mengambilnya.

19. Berkontribusi ke forum, blog dan diskusi

Bagian dari marketing online Anda adalah menjadikan diri Anda sebagai pakar industri yang andal dan memiliki kemampuan untuk dapat dipercaya. Untuk membangun otoritas ini, luangkan waktu untuk berkontribusi di forum, blog, dan diskusi media sosial yang relevan.

Tawarkan wawasan yang benar-benar membantu dan jawab pertanyaan yang diajukan. Orang akan menghargai masukan Anda dan, jika beruntung, akan berubah menjadi pelanggan.

Baca juga: Pengertian Mark Up dan Mark Down dalam Penentuan Harga Produk

marketing online 2

20. Berbicara di konferensi industri

Cara terbaik lainnya untuk membangun otoritas dan reputasi Anda sebagai pakar dalam industri Anda adalah dengan menjadi sukarelawan untuk berbicara di konferensi industri yang relevan.

Ini cara yang bagus untuk memperkenalkan nama pribadi dan bisnis Anda. Jika Anda dipercaya untuk menjadi pembicara di konferensi, Anda akan dipercaya untuk menawarkan produk atau layanan yang baik.

21. Pembuatan konten

Tak perlu dikatakan bahwa pembuatan konten harus menjadi inti dari strategi marekting online apa pun. Jika Anda belum memiliki blog di situs web Anda, jangan tunggu waktu lama Lakukan. Sekarang juga!

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa ada beberapa contoh blog yang ada di internet. Jadi, jangan lakukan apa yang orang lain lakukan; menjadi berbeda, membantu dan relevan.

22. Guest Post

Selain membuat konten untuk situs Anda sendiri, pastikan untuk mengintegrasikan blog tamu atau guest post ke dalam strategi marketing online bisnis Anda. Hanya bertujuan untuk situs yang relevan dan berkualitas tinggi, sebaiknya dengan otoritas domain tinggi dan skor spam yang tidak ada.

Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan visibilitas merek, tetapi juga mengamankan backlink ke situs web Anda dan berarti Anda sudah menjalankan strategi SEO untuk proses marketing online Anda.

Baca juga: Tips Menyusun To Do List Untuk Pengembangan Bisnis Yang Menyeluruh

23. Gunakan platform blogging

Betapapun indahnya blog situs web Anda, akan membuat frustasi jika konten yang Anda buat dengan indah tidak mendapatkan eksposur yang Anda anggap pantas.

Terutama jika Anda baru memulai, menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengerjakan sebuah artikel dengan pembahasan menearik dan mendalam namun hanya ada dua orang yang membacanya (mungkin ini ibu dan teman baik Anda).

Di sinilah platform blogging, seperti Medium, dapat membantu meningkatkan eksposur Anda. Pastikan Anda mengikuti praktik terbaik untuk memublikasikan ulang konten di platform ini.

24. Lakukan penelitian kata kunci

Pada poin ini sampai poin terakhir mungkin pembahasan cara marketing onlinenya sedikit teknikal bagi Anda yang belum mengerti, namun tidak ada salahnya jika Anda mempelajarinya.

Jika Anda menjalankan kampanye SEO besar-besaran, kemungkinan besar Anda membayar seseorang untuk melakukannya, atau Anda sudah ahli SEO, dalam hal ini Anda (semoga) akan tahu apa yang Anda lakukan.

Untuk pemula, penelitian kata kunci adalah tahap awal dari setiap kampanye SEO dan dapat membantu Anda mengidentifikasi maksud pengguna dan mencari tahu apa yang dicari oleh audiens target Anda.

Diperlukan beberapa posting blog untuk membahas ini dengan cukup detail, tetapi tempat yang baik untuk memulai adalah dengan panduan lengkap untuk penelitian kata kunci untuk SEO ini.

Baca juga: 9 Strategi untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif pada Bisnis

25. Optimalkan metadata Anda

Biasakan menulis judul SEO dan deskripsi meta untuk setiap halaman dan posting yang Anda publikasikan. Ini adalah informasi yang akan ditampilkan di halaman hasil mesin pencari, jadi Anda harus membuatnya semenarik dan serelevan mungkin.

26. Markup situs Anda dengan data terstruktur Schema.org

Singkatnya, markup skema memungkinkan Anda memberi label pada konten di situs Anda untuk kepentingan mesin pencari. Ini membantu mesin pencari menyediakan halaman hasil mesin pencari yang lebih rinci.

Meskipun tidak ada bukti bahwa markup skema secara langsung meningkatkan peringkat Anda, ini akan membuat daftar Anda lebih menarik, sehingga mendorong lebih banyak klik-tayang. Dan itu hanya bisa menjadi hal yang baik!

Baca juga: 7 Strategi Diversifikasi Pendapatan untuk Pengembangan Bisnis Anda

27. Daftarkan bisnis Anda di direktori online

Pastikan bisnis Anda terdaftar di direktori online yang relevan. Ada yang paling populer, seperti Google Map, tetapi ada banyak direktori industri atau lokasi khusus lainnya.

Pastikan Anda menambahkan cantuman bisnis Anda hanya ke direktori yang relevan dengan bisnis Anda, dan pastikan cantuman itu tidak berisi spam.

28. Pastikan NAP Anda konsisten

Kedengarannya rumit tetapi sebenarnya sangat sederhana. NAP adalah singkatan dari name, address dan phone number. Konsistensi NAP mengacu pada proses memastikan bahwa semua penyebutan bisnis Anda menampilkan informasi yang benar.

Lakukan pencarian cepat dan pastikan bahwa nama, alamat, nomor telepon, dan informasi lainnya tentang bisnis Anda yang terdaftar secara online semuanya benar-benar akurat dan diformat secara konsisten.

29. Uji situs web Anda dengan PageSpeed ​​Insights dan Pengujian Ramah Seluler Google

Terakhir, jika Anda ingin situs web Anda memiliki peringkat yang baik dan menawarkan pengalaman pengguna yang fantastis, maka itu harus cepat dan ramah seluler. Manfaatkan alat gratis Google untuk memeriksa kecepatan situs web Anda dan apakah itu ramah seluler atau tidak. Bendera merah apa pun harus diselesaikan secepat mungkin.

30. Fokus dan Batasi Platform Yang Digunakan

Saat memaksimalkan media sosial yang digunakan untuk marketing secara online, maka harus fokus pada satu hal. Jangan sampai banyaknya media sosial yang dipakai untuk marketing membuat tidak fokus. Maka caranya dengan membatasi apa yang digunakan. Pilihlah media sosial yang paling nyaman digunakan dalam bermarketing.

Misalnya saja seorang pebisnis nyaman menggunakan instagram untuk mengenalkan bisnisnya. Maka media instagram tersebut harus dioptimalkan. Kemudian pilihan berikutnya bisa pula dengan blog, maka lakukan optimalisasi blog untuk marketing.

Diluar media online tersebut gunakan seperlunya saja, sehingga fokus media untuk marketing akan lebih baik dan lebih mudah. Serta mudah pula mengontrol pelanggan dan mendapatkan konsumen baru.

Dengan adanya marketing online tentunya menjadikan pebisnis memiliki kesempatan meraih sukses. Meskipun bisnis kecil pada awalnya yang dijalankan, maka selanjutnya bisnis tersebut bisa lebih meningkat dan berhasil meraih omset serta keuntungan. Dan marketing bisa optimal dilakukan oleh para pebisnis online dengan modal kecil bahkan gratis.


Baca juga: Rencana Pemasaran: Penjelasan dan Pembahasan yang Mendalam

Hal yang tak kalah penting selanjutnya adalah dengan melakukan pembukuan pada setiap pengeluaran bisnis dan mencatat setiap penjualan yang terjadi pada bisnis untuk mendapatkan informasi mendalam tentang berapa keuntungan yang Anda dapatkan juga untuk mempermudah perencanaan pengembangan usaha kedepannya.

Kesulitan dalam melakukan pencatatan pembukuan secara manual? Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur terbaik dan sudah terbukti dari sisi penggunaan, keamanan, dan kemudahan pengoperasian seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah accounting software berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu yang memilki fitur terlengkap dan harga terjangkau yang cocok untuk setiap bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Accurate Online Anda bisa memantau keuangan, masalah perpajakan, mencocokan rekonsiliasi, pemantauan stok, pemantauan cabang dan gudang kapanpun dan dimanapun Anda mau.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 3